Berikut Ini Penyebab dan Cara Mudah Memperbaiki Karburator Banjir

Hai sob, selamat datang kembali di blog saya, kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sering terjadi pada karburator. Karburator banjir atau bensin yang keluar dari karburator sering sekali dialami para rider dan ini sudah menjadi langganan sepeda motor.  akan dibahas penyebab dan cara mengatasi karburator banjir dalam artikel kali ini, jadi simak terus ya.


meski sekarang ini hampir semua motor keluaran baru sudah menggunakan mesin dengan sistem injeksi, akan tetapi para pengguna motor produk lama yg masih menggunakan mesin dengan sistem karburator tentunya masih lebih banyak. Karburator pada motor ialah untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara sehingga menjadi kabut dan di bakar di ruang silinder.

Mungkin karena faktor usia karburator sudah lama, sering muncul beberapa masalah yang kerap terjadi, salah satunya yaitu karburator mengalami banjir atau bensin yang ada di dalamnya meluap sehingga keluar lewat karburator. jadi apa penyebab karburator banjir dan bagaimana untuk mengatasi dan memperbaikinya ? yuk mari kita mulai inti pembahasan kali ini.

Penyebab Karburator Banjir :
Penyebab karburator banjir ialah pada needle valve mengalami kendala yaitu tidak bisa menutup secara sempurna. Pada bagian bawah karburator ada sebuah ruang yang di sebut dengan ruang pelampung yang di gunakan untuk menampung bahan bakar sementara. Nah, di dalam ruang pelampung ini terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan Needle Valve. Fungsi dari Needle valve sendiri yaitu sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tengki ke karburator.


Pada saat bensin di ruang pelampung berkurang maka Needle valve akan membuka sehingga pada ruang pelampung tersebut terisi bensin lagi. Sedangkan ketika ruang pelampung sudah terisi penuh dengan bensin maka Needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi ketika ruang pelampung sudah penuh dengan bahan bakar bensin akan teteapi Needle valve tidak menutup secara sempurna maka dari itu bahan bakar bensin akan meluap atau bisa juga kita sebut dengan karburator banjir.
Nah gimana sudah cukup jelas kan penyebab karburator banjir, Selanjutnya yaitu untuk cara mengatasinya silahkan simak ulasan dibawah ini :

Cara Mengatasi Karburator Banjir :
Jika motor anda mengalami masalah seperti ini, anda tidak usah khawatir karena cara mengatasi hal tersebut cukuplah mudah.

1. Hal pertama yang anda harus lakukan yaitu lepas karburator terlebih dahulu dari kepala silinder, dengan melepas kedua baut yang di ikuti juga dengan melepas kabel gas dan cuk.

2. jika anda masih menggunakan filter udara standar maka lepas terlebih dahulu filternya agar lebih mudah melepas karburator.

3. jika karburator sudah terlepas, selanjutnya anda membongkar dengan cara melepas ke empat baut yang ada di bagian bawah.

4. Jika sudah membukanya, buka ruang pelampung maka anda akan melihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastik.

5. Langkah selanjutnya anda lepas pelampung tersebut dengan menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama dengan Needle valve.

6. Selanjutnya anda lakukan penyetelan dengan cara membengkokan ke atas sedikit saja, logam yang di gunakan untuk dudukan needle vaive.

7. jika anda sudah membengkokan logam yang di gunakan untuk dudukan needle valve, pasang kembali pelampung dan juga needle valve. Setelah itu lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk yang berhubungan dengan selang bensin, dan gerakan pada pelampung ke atas dan ke bawah.

8. Pastikan bahwa pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve bisa menutup secara sempurna. Jika belum pas lakukanlah penyetelan ulang.

9. Sebelum di pasang kembali karburator ke silinder head/kepala silinder alangkah baiknya anda lakukan pembersihan terutama pada bagian spuyernya.

Oke sob, itulah penyebab karburator banjir dan cara mengatasinya, gimana cukup mudah kan. mungkin itu saja dalam pembahasan kali ini Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kita semua.
Sekian dan terima kasih
sumber: spekengine.com
Tags : Cara memperbaiki karburator banjir, penyebab karburator banjir, cara memperbaiki karburator yang soak. cara mengatasi karburator banjir
== Baca Juga ==

Subscribe to receive free email updates: