Cara Deteksi Packing Knalpot Bocor dan Berikut Imbasnya Jika Disepelekan

Hai sob jumpa lagi bersama saya, di blog reot ini akan slalu berbagi informasi dan tips yang semoga bermanfaat bagi sobat semua yang membacanya..
Topik bahasan kali ini ialah membahas tentang knalpot lebih tepatnya ke packing knalpot yang sering ngalamin kebocoran atau kerusakan.

Knalpot sendiri merupakan part yang memiliki peran sangat penting dimotor, bayangkan jika motor kita tidak dipasang knalpot atau part satu ini dicopot pasti motor kita akan terdengar suara aneh tak layaknya motor normal, selain itu penurunan tenaga mesin juga akan kita jumpai.


Kerusakan knalpot itu beragam dari mulai hal yang kita anggap sepele sampai yang tingkat tinggi. seperti kebocoran packing knalpot ini, walaupun sepele tapi imbasnya sangat berpengaruh.

Komponen Packing knalpot tak slamanya bisa digunakan, kerusakan part ini diakibatkan selain dari usia tetapi juga dari baut ada yang kendor dan sering bongkar pasang knalpot.

Packing knalpot adalah part yang berbentuk lingkaran kecil dan biasanya part ini terbuat dari material kuningan, asbes dll. Part ini akan kita jumpai di sambungan antara ujung leher knalpot yang menempel dengan dudukan kepala silinder.

Beberapa cara atau Langkah mudah untuk mendeteksi kerusakan atau kebocoran packing knalpot :
" Biasanya terdengar suara seperti tembakan pada knalpot saat kita menutup gas"
" Terdengar suara udara halus dari bagian leher knalpot"
" Apabila kurang yakin, coba tutup ujung knalpot dengan kain lalu diiringi sesekali membetot gas, jika terdengar suara ngoeos di leher knalpot sudah dipastikan packing bocor, lebih parahnya lagi leher knalpot tersebut sudah keropos.


Cara mengatasi packing knalpot bocor tersebut cukup simpel, bisa diganti dengan pcking yang baru, untuk packing yang lama langsung dibunang saja jangan didobel dengan yang baru karena paking lama untuk materialnya sudah gepeng dan tingkat kerapatannya juga sangat kecil.

Langkah lain yang bisa dilakukan dalam keadaan darurat seperti saat touring misalnya, mengatasi kebocoran sementara dengan sealant, aranya dengan membuka knalpot dan mengoleskan sealant pada bagian packing, setelah itu pasang knalpot kembali.


Apabila hal ini disepelekan, tentunya juga akan berdampak pada performa motor sendiri, Packing knalpot yang bocor akan berdampak pada konsumsi bahan bakar dan tenaga mesin motor akan mengalami drop, selain itu karena bocornya gas buang bisa saja mesin mengalami over heating atau panas yang berlebihan ha itu terjasi karena ikut keluarnya campuran bahan bakar aru bersama sisa gas pembakaran sevcara bypass yang mengakibatkan BBM yang seharusnya masih tertahan di knalpot ikut keluar bersama gas sisa pembakaran.

Oke sob mungkin itu saja bahasan kita kali ini mengenai packing knalpot, semoga informasinya bisa bermanfaat..
sekian dan terima kasih
== Baca juga ==

Subscribe to receive free email updates: