Sabtu, April 16, 2016

Cara Mudah Memperbaiki Starter Motor Rusak Atau Mati Terbaru

CARA MUDAH MEMPERBAIKI STARTER  MOTOR RUSAK ATAU MATI TERBARU - Starter merupakan salah satu komponen penting pada motor. Jika yang terbiasa menggunakan elektrik starter yang tinggal pencet mungkin akan jadi masalah jika komponen penting ini rusak dan akan merepotkan jika harus menggunakan kick starter dengan di slah.


Buat mengatasi starter rusak pada motor, kamu mesti mengetahui dulu penyebab awal atau gejala awal dari kerusakan starter motor tersebut. Umumnya gejala – gejala awal starter mengalami kerusakan yaitu memunculkan suara kasar disaat menghidupkan mesin dengan di setarter, atau bahkan ga ada suara sama sekali diwaktu tombol starter di pencet/tekan.

Seandainya tombol starter di tekan tetapi motor starter Gak berputar alias cuma diam saja, bisa jadi di sebabkan oleh aki motor yg sudah soak. Kerusakan pada system starter motor dapat di sebabkan oleh empat komponen ialah, baterai, relay starter, rangkaian, & motor starter itu sendiri.

Berikut ini saya akan berikan cara – cara pemeriksaan dan perbaikan pada starter motor. simak ulasan berikut ini :

1. Periksa Aki Motor Anda
Aki ialah salah satu komponen yg amat sangat utama pada motor, pasalnya komponen tersebut berfungsi juga sebagai sumber kelistrikan motor yg salah satunya buat system starter. Kalau tombol starter di pencet, tetapi motor tetap diam tidak ada suara apa-apa, yang pertama kali kamu lakukan ialah memeriksa baterai. buat mengeceknya kamu mesti memakai multimeter atau memanfaatkan sarana avo meter utk pengecekan tegangan baterai yg di hasilkan. Tegangan baterai yg normal merupakan tak kurang dari 12 Volt. Seandainya mengalami kekurangan tegangan baterai ada dua masalah terhadap system pengisian yg bermasalah atau benar-benar baterainya yg sudah rusak.

2. Periksa Rangkaian Starter
Apabila baterai atau aki motor ga ada masalah langkah selanjutnya kamu mesti mengecek rangkaian starter. pertama yg mesti kamu teliti dari rangkaian starter adalah dari kabel yg bisa jadi terputus, socket – socket atau tombol starter yg berkarat. Trick pemeriksaannya bisa dgn memanfaatkan multimeter, periksalah apakah arus listrk mengalir atau tidak. Jika ada kabel yg putus sebaiknya menggantinya dengan yg baru atau bila terpaksa bisa menyambungkan kembali kabel yg terputus tersebut. Seandainya tombol starter penuh kotoran bersihkan memakai ampelas halus.

3. Periksa Relay Starter
Komponen ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik utk meneruskan & memutuskan arus listrik dari baterai menuju ke dinamo starter. trik mnegeceknya secara sambung dua kabel ke baterai min & plus ,bila mendengar suara cetak berarti masihlah normal. apabila tidak ada suara, barangkali bendik mengalami kerusakan & mati. Komponen tersebut tidak bisa diperberbaiki, melainkan mesti menggantinya dengan yg baru.

4. Periksa Dinamo Starter
Di komponen ini kerusakan starter jarang terjadi, tapi apa salahnya kita mesti memeriksanya . Trick buat periksa dinamo starter bisa memanfaatkan multimeter trik probe (+) di hubungkan dgn kabel yg menuju ke dinamo starter & probe (-) kamu hubungkan dengan massa. Sesudah itu kamu tekan tombol starter & cek apakah ada arus listrik yg mengalir atau tidak. apabila ada arus listrik yg mengalir di pastikan dinamo starter mati. Kerusakan pada dinamo starter di sebabkan adanya brush telah aus atau kumparan terputus. Jika hanya brushnya saja yg aus, bisa menggantinya dengan yg baru, tapi seandainya kumparannya (spull) yg terputus sebaiknya di bawa ke tukang service dinamo saja.

Nah, itulah ulasan mengenai cara pemeriksaan dan perbaikan pada starter motor yang rusak. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat kita semua, khususnya bagi yang sedang mengalami kerusakan starter pada motornya.
sekian dari saya terimakasih

Tags : Cara memperbaiki starter motor yang mati, penyebab starter motor mati, kenapa starter motor mati, elektrik starter motor mati, starter motor tidak berfungsi, dinamo starter mati 
== Baca Juga ==





Cara Mudah Memperbaiki Starter Motor Rusak Atau Mati Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oto Web