Motor Anda Susah Hidup di Pagi Hari, Ternyata Inilah Penyebabnya dan Berikut Solusinya



Motor yg sulit nyala di pagi hri pasti saja menyebalkan. Dikala kita sedang buru – buru utk beraktivitas di pagi hri, nyata-nyatanya motor sangat sulit buat dihidupkan. hal ini pasti saja dapat mengganggu kegiatan kita. masalahnya, terkadang kita sendiri kurang mmahami kenapa motor kita susah sekali dihidupkan di pagi hri.


Nah disini saya akan gasih tau penyebabnya dan memberi solusi untuk anda yang motornya mengalami kendala susah nyala dipagi hari.
Berikut ini adalah beberapa penyebab motor susah hidup di pagi hari :

1.   Ukuran pilot jet yang tidak sesuai



Motor yg masih memakai system karburator, sangat gampang buat menebak kenapa susah buat dihidupkan di pagi hri. Bila sudah melaksanakan upaya choke, tapi masih sulit buat dinyalakan di pagi hri, bisa saja ukuran pilot jet di karburator yg gak cocok atau kekecilan. Pilot jet adalah komponen di dalam karburator yg tugasnya mengatur system jetting motor terhadap rpm rendah (di bawah 5000). Diwaktu motor anda mengalami kesusahan di rpm bawah seperti itu, solusi yg dapat dilakukan yakni edit pilot jet motor kamu dengan ukuran yg lebih besar.

Pemakaian pilot jet umumnya berbanding dgn keperluan mesin & setelan yang lain. komponen ini butuh diperhatikan, agar nantinya motor anda gak sulit lagi dinyalakan pada pagi hri.

2.   Bensin yang tidak naik ke sistem karburator


Masalah berikutnya yg dapat menyebabkan motor menjadi susah dihidupkan di pagi hri merupakan sebab bensin yg tidak naik ke sistem karburasi. hal ini bisa saja terjadi lantaran keran vakum yg tersumbat, ataupun keadaan karburator yg kotor.hal ini kebanyakan bisa diatasi dengan memompa karburator, yg terkenal istilahnya adalah dibekep, maka bensin bakal turun ke dalam karburator, & mesin sanggup menyala dgn gampang.

Tetapi pada umumnya utk mengatasi masalah ini, pabrikan telah memberikan solusi, berupa tuas choke terhadap motor kamu. tuas choke ini mempunyai fungsi yg serupa seperti trick kerja bekep ini, maka bensin sanggup dipaksa turun ke system karburasi.

3.   Busi yang sudah lemah


Penyebab lainnya yang sanggup menyebabkan motor sulit hidup di pagi hri yaitu keadaan busi & segala piranti pengapian yg bisa saja telah lemah. Pengapian yg telah lemah pasti saja bakal lebih susah buat menyalakan suatu mesin, & tak cuma pagi hri, tetapi pun di siang hri. Pengapian yg lemah ini sangat sering dikaitkan pada keadaan busi yg telah melemah, maka api yg dihantarkan oleh busi tersebut jadi gak optimal, yg gak sanggup buat membakar bensin yg siap diproses di dalam ruang bakar.

Berikut ini adalah beberapa part yang berkaitan dengan kondisi pengapian yang sudah lemah :
·       Busi
·       Koil
·       CDI
·       ECU
·       Aki
·       Magnet
·       Spull
·       Kiprok
·       Sistem perkabelan

4.   Banyak karbon dan kerak sisa pembakaran yang menumpuk


Penyebab yang lain yg mampu menyebabkan motor sulit hidup di pagi hri yakni sampah. Sampah disini berarti sisa sisa kerak, alias deposit kerak yg menempel terhadap sektor head, juga sebagai akibat dari pembakaran. Kerak yg menumpuk ini dapat menghambat penyaluran api dari busi di dalam ruang bakar. Sehingga cara mengatasinya, kamu bisa membersihkan kerak tersebut dgn memakai carburetor cleaner, maupun memanfaatkan bahan bakar beroktan 92 ++, yg dikhususkan utk membersihkan kerak & sisa – sisa hasil pembakaran di head.

Apa yg mesti dilakukan dikala motor sulit nyala ?

Saat kita telah mengetahui kenapa & apa saja penyebab motor kita sulit hidup d pagi hri, saatnya kita mencari solusi yg pass. Ada sekian banyak solusi yg dapat kita laksanakan buat mengatasi masalah motor sulit hidup di pagi hri ini.

berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi motor yang susah hidup di pagi hari :

·            Pastikan dulu penyebab motor susah hidup dari ke 4 penyabab yang sudah disebutkan diatas.
·          Lakukan tindakan perbaikan untuk mengganti part – part yang menyebabkan motor menjadi sulit dan susah hidup di pagi hari
·            Dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 untuk keperluan pembesihan dan pencegahan penumpukan karbon
·            Gunakan part pengapian sesuai dengan spesifikasi motor anda

Saat motor kita sulit hidup, apa yg harus dilakukan? kita tak boleh panic, beram & harus tetap tenang. Ada sekian banyak factor teknis yg dapat kita lakukan,
Seperti :

1.      Tekan tuas choke, lalu selah motor anda 10x berturut – turut dengan cepat tanpa memutar gas
2.       Setelah itu anda putar kunci dalam posisi On, kemudian lakukan langkah yang sama
3.      Apabila motor masih belum memperlihatkan tanda – tanda akan menyala, putar gas hingga penuh, lalu selah satu kali dengan kencang, biasanya pada motor yang mengalami masalah pada keran vakum bensin dan juga masalah deposit karbon, cara ini bisa berhasil.
4.     Apabila tidak berhasil, cobalah untuk menyalakan motor dengan cara didorong, pada saat motor sudah meluncur, putar kontak ke posisi ON, lalu masukkan ke gigi satu. Apabila pada saat cara ini digunakan, motor tidak mau hidup, berarti ada masalah dari pengapian, dan kemungkinan masalah pada keran vakum bensin.



Subscribe to receive free email updates: