Motor Anda Susah Hidup di Pagi Hari, Ternyata Inilah Penyebabnya dan Berikut Solusinya
Motor yg sulit nyala di pagi hri pasti saja menyebalkan. Dikala kita
sedang buru – buru utk beraktivitas di pagi hri, nyata-nyatanya motor sangat sulit buat dihidupkan. hal ini pasti saja dapat
mengganggu kegiatan kita. masalahnya, terkadang kita
sendiri kurang mmahami kenapa motor kita susah sekali dihidupkan di pagi hri.
Nah disini saya akan
gasih tau penyebabnya dan memberi solusi untuk anda yang motornya mengalami
kendala susah nyala dipagi hari.
Berikut ini adalah beberapa penyebab
motor susah hidup di pagi hari :
1. Ukuran pilot jet yang tidak sesuai
Motor yg masih memakai system
karburator, sangat gampang buat menebak kenapa susah
buat dihidupkan di pagi hri. Bila sudah melaksanakan upaya choke, tapi masih sulit buat
dinyalakan di pagi hri, bisa saja ukuran pilot jet di
karburator yg gak cocok atau kekecilan. Pilot jet adalah
komponen di dalam karburator yg tugasnya mengatur system jetting motor terhadap rpm
rendah (di bawah 5000). Diwaktu motor
anda mengalami kesusahan di rpm bawah seperti itu, solusi yg dapat dilakukan yakni edit
pilot jet motor kamu dengan
ukuran yg lebih besar.
Pemakaian pilot jet umumnya berbanding dgn keperluan mesin & setelan yang lain. komponen ini butuh diperhatikan, agar nantinya motor anda gak sulit lagi dinyalakan pada pagi hri.
Pemakaian pilot jet umumnya berbanding dgn keperluan mesin & setelan yang lain. komponen ini butuh diperhatikan, agar nantinya motor anda gak sulit lagi dinyalakan pada pagi hri.
2. Bensin yang tidak naik ke sistem
karburator
Masalah
berikutnya yg dapat menyebabkan
motor menjadi susah dihidupkan di pagi hri
merupakan sebab bensin yg tidak naik ke sistem karburasi. hal ini bisa saja terjadi lantaran keran vakum yg tersumbat, ataupun keadaan karburator yg kotor.hal ini kebanyakan bisa diatasi dengan memompa karburator, yg
terkenal istilahnya adalah dibekep, maka
bensin bakal turun ke dalam karburator, &
mesin sanggup menyala dgn gampang.
Tetapi pada umumnya utk mengatasi masalah ini, pabrikan telah memberikan solusi, berupa tuas choke terhadap motor kamu. tuas choke ini mempunyai fungsi yg serupa seperti trick kerja bekep ini, maka bensin sanggup dipaksa turun ke system karburasi.
Tetapi pada umumnya utk mengatasi masalah ini, pabrikan telah memberikan solusi, berupa tuas choke terhadap motor kamu. tuas choke ini mempunyai fungsi yg serupa seperti trick kerja bekep ini, maka bensin sanggup dipaksa turun ke system karburasi.
3. Busi yang sudah lemah
Penyebab
lainnya yang sanggup menyebabkan
motor sulit hidup di pagi hri yaitu keadaan busi &
segala piranti pengapian yg bisa saja telah lemah. Pengapian yg telah lemah pasti
saja bakal lebih susah buat menyalakan suatu mesin, & tak cuma
pagi hri, tetapi pun
di siang hri. Pengapian yg lemah ini sangat sering dikaitkan pada keadaan busi yg
telah melemah, maka api yg dihantarkan oleh busi tersebut jadi gak optimal, yg gak
sanggup buat membakar bensin yg siap diproses di dalam ruang bakar.
Berikut ini
adalah beberapa part yang berkaitan dengan kondisi pengapian yang sudah lemah :
·
Busi
·
Koil
·
CDI
·
ECU
·
Aki
·
Magnet
·
Spull
·
Kiprok
·
Sistem
perkabelan
4. Banyak karbon dan kerak sisa
pembakaran yang menumpuk
Penyebab yang lain yg mampu
menyebabkan motor sulit hidup di pagi hri
yakni sampah. Sampah disini berarti sisa sisa kerak,
alias deposit kerak yg menempel terhadap
sektor head, juga sebagai akibat
dari pembakaran. Kerak yg menumpuk ini dapat
menghambat penyaluran api dari busi di dalam ruang
bakar. Sehingga cara mengatasinya, kamu
bisa membersihkan kerak tersebut dgn
memakai carburetor cleaner, maupun
memanfaatkan bahan bakar beroktan 92 ++, yg dikhususkan utk
membersihkan kerak & sisa – sisa hasil pembakaran di
head.
Apa yg mesti dilakukan dikala motor sulit nyala ?
Saat kita telah mengetahui kenapa & apa saja penyebab motor kita sulit hidup d pagi hri, saatnya kita mencari solusi yg pass. Ada sekian banyak solusi yg dapat kita laksanakan buat mengatasi masalah motor sulit hidup di pagi hri ini.
Apa yg mesti dilakukan dikala motor sulit nyala ?
Saat kita telah mengetahui kenapa & apa saja penyebab motor kita sulit hidup d pagi hri, saatnya kita mencari solusi yg pass. Ada sekian banyak solusi yg dapat kita laksanakan buat mengatasi masalah motor sulit hidup di pagi hri ini.
berikut ini adalah beberapa solusi
yang bisa kita lakukan untuk mengatasi motor yang susah hidup di pagi hari :
·
Pastikan
dulu penyebab motor susah hidup dari ke 4 penyabab yang sudah disebutkan
diatas.
·
Lakukan
tindakan perbaikan untuk mengganti part – part yang menyebabkan motor menjadi
sulit dan susah hidup di pagi hari
·
Dianjurkan
untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 untuk keperluan pembesihan dan
pencegahan penumpukan karbon
·
Gunakan part
pengapian sesuai dengan spesifikasi motor anda
Saat motor kita sulit
hidup, apa yg harus dilakukan? kita
tak boleh panic, beram & harus tetap tenang. Ada sekian banyak factor teknis yg dapat kita lakukan,
Seperti :
1. Tekan tuas choke, lalu selah motor anda 10x berturut –
turut dengan cepat tanpa memutar gas
2. Setelah itu anda putar kunci dalam posisi On, kemudian
lakukan langkah yang sama
3. Apabila motor masih belum memperlihatkan tanda – tanda
akan menyala, putar gas hingga penuh, lalu selah satu kali dengan kencang,
biasanya pada motor yang mengalami masalah pada keran vakum bensin dan juga
masalah deposit karbon, cara ini bisa berhasil.
4. Apabila tidak berhasil, cobalah untuk menyalakan motor
dengan cara didorong, pada saat motor sudah meluncur, putar kontak ke posisi
ON, lalu masukkan ke gigi satu. Apabila pada saat cara ini digunakan, motor
tidak mau hidup, berarti ada masalah dari pengapian, dan kemungkinan masalah
pada keran vakum bensin.
Selamat mencoba brothers
== Baca Juga ==
- Tips Berikut ini bisa bikin cat motor tetap kinclong dan awet
- Tips Berikut ini bisa menghemat bbm motor anda
- Cegah Overheat... Ganti filter oli setiap 7000Km
- 2 Tips tenaga mantap putaran bawah