Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri - Kapan anda terakhir kali memeriksa busi mobil anda? Busi yang kita gunakan memiliki umur masa pergantian. Busi tersebut harus kita ganti secara berkala jika sudah masuk masa kadaluarsanya. Hal ini tentu saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bayangkan saja, jika kita sedang dalam perjalanan jauh ternyata busi mobil kita bermasalah, mobil kita bisa mogok, padahal kita sedang buru-buru. Namun jika ini sudah terjadi, maka apa yang harus kita lakukan? 

Perlu sama-sama kita ketahui, adapun mobil menggunakan busi biasa bukan busi iridium maka usia pergantiaanya biasanya 20 ribu kolometer jadi setiap melakukan service setiap kelipatan 20 ribu maka busi harus di ganti.

Untuk anda yang ingin berhemat dan tidak ingin keluar waktu ke bengkel, anda bisa mengganti busi mobil anda sendiri. Kali ini Seputar Satria ingin berbagi tips cara mengganti busi mobil sendiri tanpa harus ke bengkel.

Pertama silahkan siapkan beberapa jenis kunci yang diperlukan, seperti kunci shock busi, batang sambungan, joint, dan sliding T, kain lap atau sarung tangan.

Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri

Nah, sekarang mari kita menjadi montir mahir. Silahkan ikut step by step berikut ini:

Proses Pembongkaran
  • Pastikan kunci stop kontak sudak dalam posisi OFF.
  • Kemudian lepas kabel-kabel busi, jika mobil anda sudah menggunakan 1 koil satu busi, lepas baut pengikatnya dan socket kabelnya.
  • Setelah kabel busi terlepas, gunakan kunci busi yang sesuai dan kombinasi kunci sambungan pilihlah mana alat yang bisa anda gunakan dengan nyaman dan menurut anda aman pastinya.
  • Lepas busi dengan cara di putar ke kiri atau berlawan arah jarum jam.
Cara Pemasangan
  • Jika anda menggunakan busi baru, periksalah pada ujung elektroda apakah semua celah sudah masuk spesifikasi yang bagus.
  • Masukan busi pada kunci busi yang cocok dan putarlah secara perlahan dengan menggunakan tangan agar terasa busi dapat masuk ke dalam drat dengan pas dan mudah, hal ini cara untuk menghindari kesalahan pemasangan yang akan mengakibatkan busi miring dan drat menjadi rusak.
  • Jika semua pemasangan busi sudah masuk dan terpasang dengan baik dan pas , keraskan dengan menggunakan kunci sambungan secukupnya dan jangan terlalu kencang atau terlalu keras.
  • Kemudian pasang kembali kabel-kabel busi atau koil anda.
  • Yang terakhir kita tes dan periksa kondisi mesin mobil.
Bagaimana? Ternyata kita bisa mengganti busi mobil kita sendiri bukan? Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, jangan lupa untuk berbagi trik ini kepada yang lainnya ya. Demikianlah panduan cara mengganti busi mobil sendiri tanpa ke bengkel dari kami.

Subscribe to receive free email updates: