15 Tips Aman Berkendara Pada Malam Hari yang Harus Anda Lakukan

Tips Aman Berkendara Pada Malam Hari - Berkendara di malam hari baik menggunakan motor atau mobil membutuhkan tips khusus, apalagi dalam jarak jauh. Terkadang memang, kita tidak bisa menghindari bepergian pada malam hari.

Apalagi memang kita yang memilih bepergian saat malam hari, mengingat pada waktu siang hari kita sibuk bekerja, sibuk menyelesaikan tugas atau terkadang pada siang hari jalanan cukup macet, sehingga kita memang lebih memilih untuk bepergian pada mala harinya saja.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada malam hari tubuh kita membutuhkan istirahat. Nah apabila kita tetap memutuskan untuk bepergian pada malam hari, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Anda harus mengetahui beberapa tips aman berkendara pada malam hari agar perjalanan anda tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Kali ini Seputar Satria akan berbagi beberapa tips aman berkendara pada malam hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya angka kecelakan. Mengingat angka kecelakaan di jalan raya cukup tinggi dan mengkhawatirkan. 
Tips Aman Berkendara Pada Malam Hari

Tips Aman Berkendara Pada Malam Hari

Tips Aman Berkendara Pada Malam Hari

Berikut ini beberapa tips aman berkendara pada malam hari yang harus anda patuhi:

1. Periksa Kendaraan Anda

Tips pertama yang harus anda perhatikan adalah kondisi kendaraan anda apakah dalam kondisi prima atau tidak. Jika anda hendak bepergian jauh pada malam hari, pastikan kondisi oli, bahan bakar, angin ban, serta kondisi lainnya dalam kondisi sehat dan tidak bermasalah.

Tidak ada salahnya jika anda mengecek dengan 'ngegas' motor atau mobil anda. Apakah ada bunyi-bunyi yang tidak wajar atau apakah kondisi gas kendaraan anda dalam kondisi sehat atau tidak.

Jika kondisi motor atau mobil anda sudah anda cek menyeluruh, maka selanjutnya yang perlu anda cek adalah kondisi kesehatan anda.

2. Pastikan Anda dalam Kondisi Prima

Yang tidak kalah penting dari memeriksa kendaraan adalah memastikan bahwa anda dalam kondisi bugar tidak sedang sakit atau lemah. Karena jika anda sedang dalam kondisi kurang fit, maka konsentrasi anda akan berkurang atau anda sama sekali tidak bisa berkonsentrasi sama sekali.

Selesaikan segala 'hajat' yang tertunda. Pastikan juga perut anda terisi agar nanti saat di jalan anda tidak lagi sibuk melihat kiri kanan mencari warung makan yang masih buka. Karena ini bisa berakibat fatal, anda sedang tidak fokus di jalanan.

3. Hindari menggunakan baju itu di malm hari

Hal yang harus anda perhatikan juga adalah sebisa mungkin untuk tidak menggunakan baju berwarna hitam. Akan lebih baik lagi jika baju yang anda kenakan terdapat spot light, sehingga lawan bisa melihat anda dengan jelas. Tips ini tentu dikhususkan untuk anda yang berkendara menggunakan sepeda motor.

Meskipun motor kita dilengkapi dengan lampu, namun tentu saja terangnya tidak bisa sempurna seperti pada siang hari.

4. Atur Jarak Pandang

Hal penting yang tidak boleh diabaikan selanjutnya adalah mengatur jarak pandang. Atur lampu jauh dan dekat saat berpapasan dengan lawan, jangan sampai lampu anda mengganggu pengendara lain. Saat malam hari berkabut sebaiknya anda menggunakan lampu dekat saja, karena jika menggunakan lampu jauh, jalanan tidak akan terlihat.

5. Ajak Teman

Ada baiknya juga anda jangan bepergian sendirian saat malam hari, apalagi kalau perjalanan anda jauh. Selain untuk faktor keamanan, teman juga bisa menjadi teman ngobrol agar perjalanan lebih seru dan anda bisa terhindar dari mengantuk.

Teman dalam perjalanan juga bisa menjadi pemandu kita, karena terlalu fokus sama jalan kita bisa lupa arah. :D Apalagi kalau teman perjalanan adalah si doi. Perjalanan yang jauh akan terasa dekat. Perjalanan yang terjal akan terasa mulus. Trust me it works :D

6. Jangan Konsumsi Obat yang Bikin Ngantuk

Satu lagi tips aman berkendara pada malam hari untuk anda yaitu jangan sekali-kali mengkonsumsi obat yang bisa bikin kita ngantuk. Biasanya obat-obatan seperti obat batuk, obat pusing, dan obat lainnya mengandung zat tertentu yang bisa membuat kita ngantuk. Apalagi obat biar ga mabuk, pastilah mengandung zat yang dapat membuat nngantuk yang minum.

7. Perhatikan Barang Bawaan Anda

Perhatikan juga barang bawaan anda. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, karena selain dapat menjadi pengganggu juga dapat mengakibatkan motor anda lebih sulit dikendalikan. Bawalah barang yang sangat penting-penting saja.

8. Jangan Paksakan Diri

Rider, jangan terlalu memaksakan diri dengan menargetkan waktu sampai, kalau anda sudah mengantuk sebaiknya anda istirahat terlebih dahulu. Anda bisa numpang istirahat di masjid atau musola atau di SPBU untuk rehat sejenak merenggangkan otot, cuci muka dan lain sebagainya. Intinya jangan terlalu memaksakan diri saat sudah mengantuk, ISTIRAHATLAH!

9. Jangan Ambil Jalan Lawan

Banyak kecelakaan terjadi karena faktor yang satu ini, mengambil jalan lawan. Apalagi pada malam hari, menurut kita tidak ada lawan di depan, namun terkadang lawan bisa muncul tiba-tiba dan kita panik dan akhirnya terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Ekstra Hati-Hati pada Rute Baru

Khusus untuk jalanan yang baru pertama kali atau beberapa kali anda lalui, sebaiknya anda ekstra hati-hati. Karena jalanan yang tidak kita kenal bisa saja membuat kita mengalami hal-hal yang tidak dinginkan. Misalnya ada lubang, tikungan tajam, jurang dan lain seabgainya.

11. Hargai Pengendara Lain

Rider, tidak perlu kita salip kanan kiri atau bermanouver yang dapat membahayakan diri dan lawan. Sebaiknya anda menghargai pengendara lainnya. Tetaplah pada jalur sendiri tanpa membuat pengendara lain merasa terganggu, apalagi lampu kita, sebaiknya gunakan yang standar perusahaan. Gunakan lampu jarak jauh dan dekat sesuai keperluan.

12. Pastikan membawa perlengkapan darurat

Khusus untuk anda pengendara mobil, sebaiknya anda membawa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan. Bawalah perlengkapan darurat berikut ini:
  • - Kabel jumper atau baterai pengisian
  • - Selimut
  • - Plastik terpal
  • - Tool kit sederhana
  • - Ban serep
  • - Makanan ringan
  • - P3K pertolongan pertama pada kecelakaan
  • - Senter

14. Pakai Pakaian yang Safe

Pastikan anda menggunakan pakaian yang aman. Kalau bisa menggunakan sepatu khusus untuk mengendarai motor. Gunakan sarung tangan yang tidak licin. Pakai Jaket agar tidak masuk angin, tidak kedinginan. Gunakan celana jeans yang tebal.

15. Tetap Waspada

Tips aman berkendara di malam hari yang terakhir adalah tetap waspada. Karena seberapa lihaipun kita berkendara tetap saja kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di perjalanan. Hindari jalanan yang berbahaya pada malam hari. Tetap fokus dan rileks.

Demikianlah beberapa Tips Aman Berkendara Pada Malam Hari dari kami, semoga bermanfaat untuk rider semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya. Baca juga 7 Tips Bagi Anda Yang Ingin Berkendara Saat Musim Hujan

Subscribe to receive free email updates: