Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek - Anda suka mengendarai motor yang berkopling? Bagi orang yang terbiasa mengendari motor pakai kopling akan kurang rasanya kalau mengendarai motor tanpa kopling. Selain terlihat lebih keren, motor kopling juga membuat pengendaranya lebih nyaman.

Tarikan pertama motor kopling serta pengendalian gas motor yang sepenuhnya kita kendalikan menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai motor berkopling. Namun seiring dengan usia pemakaiannya. kampas kopling akan terus menipis hingga habis. 

Jika motor anda sudah terasa kurang enak atau kurang nyaman saat persneling kita akan segera mengganti kampas kopling. STOP. Ternyata bisa jadi kampas kopling anda butuh distel lagi. Perlu diketahui bahwa umur kampas kopling normalnya sekitar 24.000 km. Agar menghemat biaya sekitar 60.000, alangkah baiknya kita tahu cara menyetel nya agar pas. Untuk motor Yamaha letaknya da di kiri, untuk Honda dan Suzuki, dll. ada di kanan.

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri 

Kali ini Seputar Satria akan berbagi tips cara menyetel kopling bebek sendiri tanpa ribet, sesuai selera kita masing-masing. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan agar saat persneling kembali terasa nyaman dan enak? Silahkan ikuti cara menyetel kopling motor bebek berikut ini:

Peralatan

1. Kunci 10-14 (karena tiap merek ada yg berbeda)
2. obeng + atau Obeng -

Langkah penyetelan: 

1. Kendorkan Mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring ke arah kiri hingga kendor.
 
letak setelan kopling
2. Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti.
Putar dengan obeng
 
3. Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran.

 4. Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
5. Periksa hasil penyetelan, dengan cara: 
  • Hidupkan mesin, 
  • Masukkan persneling pada gigi 1 dan tahan pedal persneling 
  • Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000 RPM 
  • Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.
Bagaimana? Ternyata tidak terlalu sulit bukan? Kini anda bisa menyetel kopling sendiri di rumah. Jadi bisa menghemat kampas tanpa harus buru-buru ganti onderdil setiap persneling terasa kurang nyaman. Namun kalau memang kampas sudah habis, maka sudah selayaknya diganti, dengan jarak 24.000 Km.

Demikianlah panduan Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua. Baca juga 15 Tips Aman Berkendara Pada Malam Hari yang Harus Anda Lakukan

Subscribe to receive free email updates: