Cara Membersihkan Motor yang Sering Kena Banjir

Cara membersihkan motor yang sering kena banjir - Kondisi curah hujan yang tinggi serta saluran drainase yang kurang baik, membuat beberapa daerah di Indonesia rawan terkena banjir. Beberapa daerah perkotaan di Indonesia masih sering terkena banjir, seperti Jakarta contohnya.

Daerah yang rawan banjir membuat pengendara sepeda motor tetap harus melewatinya. Nah, jika motor terus-menerus menerobos banjir, hal ini dapat mengakibatkan mesih motor kemasukan air. Nah, kali ini Seputar Satria akan berbagi tips cara membersihkan motor yang sering kena banjir untuk anda. 
Cara membersihkan motor yang sering kena banjir
Cara membersihkan motor yang sering kena banjir

Cara membersihkan motor yang sering kena banjir

Berikut ini cara membersihkan motor yang sering kena banjir yang bisa anda praktekan sendiri untuk jagoan anda:
  • Tips pertama yang harus anda lakukan adalah sebaiknya anda tidak langsung menstarter ketika akan menggunakan motor tersebut, karena jika anda melakukan hal tersebut air dan kotoran dari banjir tersebut bisa masuk ke mesin, dan mesin pun bisa kaausan, jadi ada baiknya anda tiris kan terlebih dahulu.
  • Kemudian tips yang kedua  yaitu buka bagian motor anda satu persatu, dan setelah itu anda bisa rendam komponen motor tersebut dengan bensin atau juga dengan cairana anti karat, terutama untuk bagian mesin. Dan jika anda tidak berpengalaman dengan hal tersebut, anda bisa membawa motor anda ke bengkel terdekat agar lebih aman.
  • Jangan lupa juga untuk memeriksa bagian rem tromol karena bagian di sini sering basah dan bisa menyebabkan lengket, yang tentunya bisa membahayakan keselamatan anda ketika berkendara, karena ini ada di bagian rem. Untuk membersihkannya pun cukup mudah anda bisa siram dengan air bersih dan kemudian keringkan dengan cara menjalankan motor sambil rem nya dikocok-kocok.
  • Khusus untuk anda yang mengendari matic, buka bagian cvtnya satu per satu kemudian dibersihkan dengan bensin. Dan seperti tips yang ke dua jika anda belum berpengalaman dalam hal membongkar motor, anda bisa membawa motor anda ke ahlinya sepeti bengkel atau juga lebih bagusnnya ke deler sembari motor anda di service seperti ganti oli atua juga ganti beberapa sper part yang sudah rusak, dan juga yang harus di ganti karena sudah masanya.
  • Jika banjir yang anda lalui cukup tinggi sebaiknya anda membuang bahan bakar yang ada di mesin sedikit, karena bensin yang tercampur dengan air dapat mengakibatkan motor mogok.
Demikianlah beberapa cara membersihkan motor yang sering kena banjir dari kami semoga bermanfat untuk pembaca semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya. Baca juga 65 Ide Modifikasi Mio Soul GT Terbaru Paling Keren serta Tips yang Harus Diperhatikan

Subscribe to receive free email updates: