Cara Mudah Mengatasi Rem Motor Bunyi Berdecit

Selamat datang kembali di blog yang sangat sederhana ini
Kali ini saya akan membahas topik tentang Cara Mudah Mengatasi Rem Motor Bunyi Berdecit, yang kebetulan juga sering saya alami ketika terkena air atau sehabis dicuci, mungkin diantara sobat juga mengalami hal yg sama, pasti hal ini sangatlah mengganggu kenyamanan dan kePEDEan kita.


Kasus rem bunyi berdecit ini saya alami pada rem cakram belakang satria fu saya, ketika motor jalan pelan atau didorong muncullah bunyi cit..cit..ciit kurang lebih seperti itu.

Nah kali ini saya akan ngasih solusi yang semoga saja berhasil menghilangkan bunyi-bunyian yang menjengkelkan itu. jadi simak artikel ini sampai selesai ya

Kasus Rem motor bunyi berdecit Penyebab utamanya adalah lantaran adanya gesekan yang terjadi antara dua benda yang berstruktur keras dan licin. Masalah rem berdecit harus ditangani segera karena cukup membahayakan pengendara dan bisa merusak komponen-komponen yang bersangkutan.

Baiklah mari kita simak langkah-langkah mengatasi rem yang berbunyi berdecit pada rem cakram maupun rem tromol

Bunyi Berdecit Pada Rem Cakram

Penyebab rem cakram berdecit adalah bisa jadi karena kondisi kampas rem yang telah aus sehingga harus diganti. Apabila dibiarkan terus-menerus, plat logam pada rem tersebut akan terkikis sehingga menimbulkan panas berlebih pada sistem pengereman. Ikuti langkah-langkah perbaikan di bawah ini :
  1. Periksa kondisi kampas rem, apakah masih bagus atau sudah cukup aus. Kampas yang masih bagus bisa diperbaiki, sedangkan kampas yang sudah aus harus diganti. 
  2. Jika kampas rem masih tebal tetapi menimbulkan suara berdecit, anda bisa mengatasinya dengan mengikir secara perlahan (mengampelas) permukaan kampas sehingga lebih halus. Hal ini dimaksudkan agar kampas bisa mencengkeram sempurna pada cakram rem
  3. Jika kampas rem sudah mengalami kerusakan cukup parah, anda bisa menggantinya dengan sparepart yang resmi. Walaupun berharga lebih mahal, cakram asli umumnya memiliki kualitas yang lebih baik, dilengkapi jaminan mutu, dan bergaransi. Di sisi lain, rem bermerk aspal bisa dipilih jika anda benar-benar jago menyeleksi mana produk yang mempunyai kualitas tinggi.
Bunyi Berdecit Pada Rem Tromol

Penyebab rem tromol berdecit adalah kondisi bagian dalam rem kotor atau berkarat. Hal ini biasanya terjadi karena sepeda motor sering tersiram air hujan dan pemilik kendaraan tidak segera membilasnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, anda bisa mencoba panduan berikut :
  1. Bongkar rem tromol tersebut secara keseluruhan dan bersihkan memakai sikat kawat untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di sela-selanya.
  2. Untuk bagian tutup normal, anda bisa mencucinya menggunakan bensin. Sedangkan pembersihan kampas rem dan inti tromol bisa dilakukan dengan mengelapnya memakai kain basah.
  3. Jika kondisi bagian dalam rem tromol sudah berkarat, anda bisa menghilangkan karat tersebut dengan mengampelasnya secara perlahan-lahan setelah rem diolesi pelumas sebelumnya. Sedangkan apabila kondisi karatnya sudah terlalu parah, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan rem yang baru.
Nah demikianlah Cara Mudah Mengatasi Rem Motor Bunyi Berdecit, Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua, sekian dari saya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya

Tags: Mengatasi rem motor bunyi berdecit, rem cakram motor bunyi gesekan, penyebab rem tromol bunyi, rem cakram belakang bunyi, rem bunyi saat diinjak, rem cakram bunyi gesekan, rem belakang motor matic bunyi
== Baca Juga Dibawah Ini ==

Subscribe to receive free email updates: