Inilah 10 Sparepart Motor Yang Sering Mengalami Kerusakan, Apa Sajakah ??



Pasti sangat menyebalkan apabila kita sedang asyik diperjalanan, motor tiba-tiba berhenti di tengah jalan, atau motor jadi terasa aneh & tak nyaman utk dikendarai. Haduuh motor keren kok mogookk. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Buat mengetahui penyebabnya anda bisa teliti dahulu spare part yg sering rusak. Dgn mengenali ini anda dapat lebih cepat & terarah utk memecahkan masalah yg terjadi pada motor kesayangan anda.


Nah berikut ini merupakan daftar sparepart sepeda motor yg sering rusak :

1.   Busi


Part motor Inilah yg paling sering rusak & bikin masalah gede bagi motor kita diwaktu lagi asiknya jalan-jalan. Si mungil ini kontribusinya besar utk motor kamu. Rata Rata, disaat motor mati ditengah jalan, & datang ke bengkel, pasti si mungil inilah benda yg bakal di teliti oleh montir..

tidak hanya karna faktor usianya, busi dapat mati & rusak kala terkena cairan. Cairan ini dapat berupa air yg ‘nyelip’ ke dalam rongga busi, atau bisa pula berasal dari oli mesin yg naik ke area pembakaran, maka busi jadi basah & tak dapat memercikkan bunga api. Tidak Cuma itu, salah pemakaian busi dapat jadi biang kerok. Pemakaian busi bersama embel-embel racing terhadap mesin yg standar bakal memperpendek usia busi, sebab tak tepat pada keadaan mesin, bahan bakar, & pengapian.

Nah, bagi yg gak ingin businya cepet mati & rusak, gunakanlah jenis busi yg pas bersama rekomendasi pabrik dgn keadaan mesin kamu. Tidak Hanya itu, senantiasa teliti busi dengan cara teratur, terutama sesudah menerjang banjir.

2.   Kampas Rem


part ini sih memang lah cepat rusak, alias aus. Part ini baik di system rem tromol maupun cakram serta mempunyai umur yg relatif singkat. Segera atau tidaknya sektor ini aus dapat berjalan lantaran beberapa hal. Setelan rem yg terlalui kencang, & berkndara ‘stop n go’ sanggup bikin part ini berusia lebih singkat dari rata rata. Tidak Cuma itu, posisi velg atau disk cakram yg speleng alias tak rata pun sanggup menciptakan part ini cepat aus

Utk mengatasi, gunakanlah kampas rem bermutu, yg asli atau original, atau dapat juga membeli product aftermartket yg telah teruji kualitasnya. Dan juga selalu cek setelan rem, janganlah terlampaui kencang, & jangan sampai terlalu kendor.

3.   Laher atau Bearing Roda


Laher atau bearing roda yg telah oblak, alias aus. Laher atau bearing roda ini bisa bikin velgkita bergoyang-goyang jika aus.
Penyebabnya tidak sedikit. Salah satu yg jadi kambing hitam yakni lubang jalanan yg beringas. Lagi asik ngebut, ada lubang, gak sengaja kena hajar. Hancurlah bola-bola penahan bearingnya.

Trus dengan cara apa caranya supaya gak tidak jarang oblak? Ya sarannya sih cuman 1, gunakanlah laher atau bearing yg kualitasnya yahuddd. Jangan Sampai tergiur harga murah yg cuman selisih 10-20 ribu!!

4.   Komstir


Buat urusan ngehajar lubang, rata-rata part selain laher roda yg cepet rusak adalah komstir.
Sebabnya karena terlalu sering ngehajar lubang atau penggunaan ban terlalu kecil juga bisa jadi penyebabnya
Komstir ini harganya benar-benar lumayan pass menguras kantong utk product orisinil pabrik. Tapi ada tipe komstir yg kualitasnya ga kalah sama asli, tapi harga lebih hemat.
Namanya komstir tipe bambu. Boleh dicoba komstir dgn model bambu ini biar lebih enak handlingnya, juga mutu serta mampu disetarakan sama yg product original pabrikan.

5.   Bohlam


Ini juga nih, part yg cepet banget rusaknya. Bohlam si penghasil cahaya. mulai dari bohlam lampu utama, sen, rem, sampe speedometer juga sering putus. Bisa Saja memang lah mutu bohlam sekarang ini yg agak kurang bermutu, tapi juga bisa saja kelistrikan motor ada masalah maka putusnya bohlam jadi tumbalnya.

Teliti dahulu kelistrikan motor, kalo memang lah oke, berarti benar-benar mutu bohlamnya jelek. Seandainya benar-benar normal kelistrikannya, dapat dicoba utk tukar bohlam wolfram standar bersama bohlam LED. Tidak Cuma wattnya lebih mungil, bohlam LED serta diklaim mempunyai usia yg lebih panjang daripada bohlam biasa.

6.   Aki


Rata-rata part ini akan cepat aus jika motor kamu kelebihan beban listrik, aki jaman saat ini umur hidupnya jauuuuuh lebih singkat daripada aki jaman lalu.

Kamu bisa dengan mengurangi beban kelistrikan pada motor biar aki ga cepet tekor. Atau kalo ingin trik yg lebih esklusif & agak mahal, kamu sanggup mengubah system kelistrikan motor kamu jadi system fullwave agar pengisian ke aki jadi lebih maksimal & gak cepet tekor

7.   Seal Karet


Part yag satu ini letaknya ada di mana-mana. Tapi yg sangat sering rusak umumnya yaitu seal shockbreaker, seal kruk as & seal pompa oli. Buat seal shockbreaker rata-rata dapat hancur atau rusak dikarenakan dampak ngehajar lubang yg dalam. Tapi kalau seal-seal yg letaknya di dalam mesin rata-rata dapat rusak sebab suhu mesin yg kadang-kadang terlalu panas, maka seal dapat memuai.

Utk mencegah seal karet tersebut cepet rusak, pastikan memakai part ori yg bermutu. Jangan segan-segan membayar lebih utk seal-seal karet yg harganya lebih mahal. Buat seal shockbreaker, kamu dapat coba berkendara lebih tenang biar terhindar dari ganasnya lubang. & buat seal karet di dalam mesin, seperti seal kruk as, kamu dapat mengatur ‘napas’ dari motor kamu supaya suhu mesin tidak terlalu panas, yg mana dapat menciptakan bahan karet memuai.

8.   Kabel Kopling


Utk yg motornya berkopling, tentu pernah dong mbayangin kalau kabel kopling putus ditengah jalan. Nah, part ini juga sering mengalami kerusakan & putus. Tapi kalo ga sampe putus, rata rata kerusakannya cuman sebatas seret. hal ini terjadi lantaran tidak cuma mutu kabel yg tidak baik, tapi dapat pula dikarenakan timbulnya karat di dalam kabel kopling. Seringnya kena air hujan, sanggup menciptakan karat bersarang di kabel kopling.

Biar seret ini ga berujung putus, mari dengan melumasi sedikit oli bekas di sela” lubang kabel kopling biar karat yg bandel itu dapat menyusut.

9.   Gearset dan Rantai


sebeneranya part ini lumayan tahan lama, tapi terkadang part ini cepet rusak & berubah setelannnya. Sebenarnya usianya mampu hingga tahunan, tapi sebab pengaturan setelan yg terlalu kencang, & beban kerja motor yg terlalu berat, part ini cepat aus & cepet kendor. Kelihatannya udah gak asing lagi seandainya lagi dijalan gearset sama rantainya bunyi.

Nah, usahakan gunakkan gearset bermutu, yg bahannya terbuat dari baja biar lebih tahan lama. Selalu cek setelan ketegangan rantai, janganlah kekencengan. Bebann motor pun mesti diperhatikan, jika motor tidak kelebihan beban, sehingga kerja rantai & gearset tidak amat sangat berat. Atau dapat juga memanfaatkan penahan rantai, atau istilahnya chain tensioner buat mencegah rantai kendor.

10.   Ban


Part Ini juga yg kadang bikin pusing. Kok ban kita batikannya miring sebelah ya? Kok ban kamu cepet rusak alias aus yah? kok ban dalem motor kamu cepet banget kempesnya ato bocornya?

Nahh, rata rata kalo ban motor yg batikannya miring sebelah disebabkan oleh laher roda, atau komstir yg sudah oblak, maka posisi roda tak center lagi.

ban bocor & kempes disebabkan oleh banyak hal. Yg mula-mula ialah terror ranjau paku, terutama di daerah – daerah rawan. Ke-2 bisa beban motor yg berlebihan. Yg ke3 yaitu ukuran ban yg terlalu kekecilan atau istilahnya ban cacing.

Itulah dari sekian banyak spare part motor yg cepet rusak, penyebab, & mengatasinya. Sebenarnya ada part jeroan mesin, seperti ring piston, stang piston, klep, keteng & sekian banyak part lain yg sering rusak, tapi intensitas kerusakan part yg berada di dalam mesin tidaklah separah atau semudah pat-part yg telah disebutkan di atas.

Subscribe to receive free email updates: