10 Tips Sederhana Merawat Motor Pada Musim Hujan

Hallo sob, Kali ini saya akan ngasih tips-tips sederhana Dalam Merawat Motor Ketika Musim Hujan Seperti sekarang ini, di musim penghujan seperti ini kita harus melakukan perawatan ekstra karena air hujan sendiri mengandung asam yang bisa mengubah atau melunturkan warna cat motor.

 Sebagai Pemilik kendaraan sudah seharusnya menjaga performa motor baik penampilan maupun mesin agar selalu dalam performa terbaik, untuk itu di musim penghujan ini perlu perawatan yang tepat sebelum menerjang hujan maupun sesudah menerjang hujan. Nah, kali ini saya akan ngasih 10 Tips sederhana merawat motor yang perlu diketahui pada saat musim penghujan.
Berikut tips - tips nya :
1. Cuci Motor Sesudah Menerjang Hujan

Cucilah motor anda setelah terkena air hujan, karena air hujan mengandung zat asam yang bisa saja merusak keindahan penampilan motor anda. walaupun sepulang beraktivitas itu dalam kondisi lelah, sempatkanlah mencuci motor walau hanya mengguyur seluruh body dan komponen lainnya. Dengan mengguyur motor dengan air bersih ini supaya tetap menjaga penampilan motor anda, selain itu juga bisa mencegah timbulnya karat.

2. Periksa Tekanan Udara Pada Ban

Hujan yang lebat pasti menyebabkan adanya genangan air dijalanan, sebaiknya sebelum berangkat beraktivitas disarankan periksa tekanan udara dalam ban motor anda, karena jika tekanan udara kurang, saat menerjang genangan air nanti tarikan motor jadi berat dan boros BBM selain itu juga akan mempercepat ban motor anda jadi cepat gundul.

3. Cek Komponen Rantai

Sudah dibicarakan sebelumnya, air hujan menyebabkan timbulnya karat bahkan sampai ke rantai motor. untuk itu sebelum dan sesudah menggunakan motor untuk beraktivitas disarankan melumasi rantai dengan pelumas rantai atau grease dan selalu cek kekencangan rantai sesuai standar.

4. Perawatan Kanvas Rem

Kanvas rem sendiri terbuat dari bahan asbes apabila terkena air akan menggelembung dan mengeras pada saat kering. Oleh karena itu, ketika motor selesai dicuci sebaiknya sempatkan menginjak-injak pedal rem supaya kanvas kering. Jika hal tersebut tidak dilakukan, rem motor akan terasa keras pada saat pedal rem diinjak.
Dan sementara pada bagian rem cakram, sebaiknya membersihkan komponen tersebut. Karena, rem cakram sendiri bersifat terbuka dan ketika melibas genangan air, bisa saja kotoran akan menempel pada cakram motor Anda.

5. Cek Komponen Busi

Ada juga komponen lain yang harus rutin di cek saat musim penghujan adalah busi. Setelah membersihkan atau mencuci motor , sebaiknya cek komponen busi dengan mencabut kop atau karet penutup busi kemudian ditiup atau dibersihkan dengan lap. Karena jika busi motor basah, akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan.

6. Filter Udara

Membersihkan piranti kotak saringan udara ketika sehabis menerjang genangan air hujan. Sebab bisa saja air masuk lewat celah sambingan box filter.  jika komponen ini basah maka pembakaran di ruang bakar mesin akan kurang maksimal.

7. Knalpot

Sehabis Menerjang Genangan air hujan pasti banyak Kotoran yang menempel pada bagian dalam dan leher knalpot. Oleh sebab itu,  ada baiknya juga membersihkan bagian komponen ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna. Caranya, keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot. Semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease. Lalu panaskan kembali motor selama kurang lebih 5 menit.

8. Jari -  Jari

Guyur dan Keringkan jari-jari roda yang kebasahan akibat terkena air hujan. Sebab, Jari-jari roda pada velg motor akan berkarat dan keropos jika tidak dibersihkan. Karat danKeroposnya sendiri memang tidak tampak dari luar karena awalnya hanya terjadi di dalam velg.

9. Cek Rem Depan Dan Belakang

Salah Satu kasus yang sering terjadi ketika mengendarai motor di tengah Lebatnya hujan setelah itu biasanya akan terdengar bunyi di bagian rem motor anda. Jadi, nggak usah panik, karna bunyi tersebut muncul sebab kanvas rem yang basah. Oleh karena itu, upayakan untuk meng-kanvas rem dan tromol motor Anda supaya rem tetap pakem dan menghindari bunyi.

10. Cek Kabel Body

Hindari kabel body dan socketnya dari air karena bisa menyebabkan konslet sehingga bisa merusak komponen kelistrikan pada motor. 

== Baca Juga ==

Subscribe to receive free email updates: