Tips Merawat Ban Motor Agar Awet Dan Tahan Lama

Hallo Sob, Jumpa lagi bersama saya, kali ini saya akan berbagi tips tentang merawat ban motor kesayangan kita supaya tetap awet sehinga tidak mudah rusak dan tetap nyaman untuk berkendara.


Ban merupakan part yang sangat penting pada motor, maka dari itu perlu dilakukan perawatan  juga pada part tersebut supaya awet dan tentunya supaya memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan berkendara.


Banyak kecelakaan motor dijalan raya yang salah satunya akibat ada masalah pada ban kendaran tersebut, maka dari itu, kita harus merawat ban dengan baik dan benar supaya kecelakan tersebut tidak terjadi pada kita, untuk merawatnya pun sangat mudah dengan ketekunan dan kecermatan kita, baiklah untuk itu saya kali ini akan share tips atau cara-cara merawat ban dengan baik dan benar agar awet dan tahan lama.

Berikut Langkah-langkahnya :

1. Periksa Tekanan Angin Ban
  Periksa secara rutin tekanan angin pada ban, baiknya cek tekanan angin pada saat pagi hari atau sebelum berangkat aktivitas, karena tekanan angin pada ban yang kurang bisa menyebabkan tenaga motor kurang maksimal , bahan bakar menjadi boros , dan umur pakai ban menjadi pendek. Usahakan tekanan angin pada ban harus sesuai pada standar motor.

2.  Keausan Ban
  Periksa apakah sudah terjadi keausan pada ban, jika lapisan nylonnya sudah terlihat segeralah melakukan pergantian ban, ban yang sudah aus mengakibatkan motor mudah tergelincir saat dikendarai pada saat hujan atau jalanan tanah yang berpasir.

3.  Periksa Pentil Ban
 Lakukan pemeriksaan pada pentil ban, jangan sampai pentil ban dimotor kita mengalami kebocoran, Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan meneteskan air diatas lubang pentil, Kalau ada gelembung udara kemudian pecah berarti pentilnya sudah mengalami kebocoran, sebaiknya langsung melakukan pergantian pentil dengan yang baru.

4. Cara penggunaan motor
 Sebaiknya untuk menjaga ketahanan ban pada motor kita perlu dengan tata cara berkendara kita yang benar, hindari lubang besar dijalanan karena lubang yang besar bisa mengakibatkan ban bocor dan cepat rusak, jangan suka mengerem motor mendadak karena ban akan langsung terkunci dan bergesekan keras dengan aspal yang mengakibatkan ban cepat aus, hindari berat yang berlebihan seperti membawa barang bawaan yang melebihi batas dan boncengin orang lebih dari 3 orang hal itu akan membuat ban cepat gundul dan rusak.

Oke sob.. mungkin itu saja tips-tips dari saya, semoga bisa menambah ilmu dan berguna bagi kita semua. 
==Baca Juga==

Subscribe to receive free email updates: