Hal - Hal Menyebalkan/Kelemahan Pada Satria Fu dan Solusinya

Hallo sob, Kali ini saya akan curhat nih, tentang hal menyebalkan yang sering terjadi pada satria FU 2011 milik saya, setelah 3 tahun memakai motor ini tentunya ada saja hal yang menyebalkan sering saya alami, mungkin nggak cuma saya yang ngalamin tapi temen-temen semuanya para pengguna Satria Fu juga ngalamin.


Disini yang saya paparkan yang sering terjadi ada 3 hal Menyebalkan/keluhan saja, diantaranya mengenai keluhan-keluhan pada saat motor di kendarai, seperti putaran bawah mbrebet , pada saat melewati jalanan berlubang atau berbatu bunyi cletak-cletak disekitaran rantai terus juga susah di netralin ketika motor berhenti , mungkin itulah yang sering saya alami, mungkin temen-temen semua juga ngalami, nah disini saya akan share keluhan tersebut serta cara mengatasi keluhan tersebut dengan tips-tips tertentu yang setidaknya mengurangi bahkan menghilangkan keluhan tersebut.

Baiklah langsung saja saya akan saya paparka keluhan serta tips mengatasi keluhan tersebut, simak yang berikut ini :

1. Putaran Bawah Mbrebet


 hal menyebalkan pertama yang saya alami adalah mesin mbrebet diputaran bawah, hal ini sering terjadi biasanya saat mesin dingin dan mesin panas biasanya terjadi pada saat motor menempuh 40an km, menurut pemikiran saya hal ini terjadi karena tidak lancarnya suplay bensin, sebab ukuran pilot jet ukuran 12.5 terlalu kecil untuk ukuran mesin berkapasitas 150cc.

 Untuk Solusinya : setelah baca-baca di forum ternyata banyak juga yang mengalami hal ini, untuk itu banyak yang ngasih saran untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti ukuran pilot jet ukuran 15 - 17,5 , pernah saya praktekan dengan mengganti pilot jet dengan ukuran 15 dan setelan angin dibuka lagi satu putaran dan akhirnya hal mneyebalkan ini bisa teratasi namun konsumsi bensin lebih boros dari sebelumnya. selain itu untuk menghilangkan hal mbrebet ini juga pernah saya aplikasikan karbu mikuni 26 (yamaha rx-king) dengan pj 22,5 dan mj 150 dan akhirnya gejala mbrebet pun hilang dan anehnya malah tambah irit konsumsi bbm nya, jadi para pengguna fu saya sarankan dengan mengganti karbu rx king saja, soalnya banyak kelebihan yg nanti didapatkan, untuk itu silahkan di coba sendiri, kenyamanan adalah segalanya.

2. Rantai Berisik


Kalau hal ini sih sepertinya sudah populer di kalangan pengguna satria fu dan mungkin juga sudah menemukan solusinya, tapi untuk yang masih newbie atau pengguna baru mungkin belum tau bunyi ini berasal dan cara mengatasinya,  untuk itu disini saya akan kasih solusinya khususnya untuk yang masih baru di motor satria fu. Bunyi bunyian ini berasal dari rantai yang bertatapan dengan bantalan rantai yang melekat pada swing arm, kalo gak percaya coba deh itu rantainya ditatap-tatapin hehe malah jadi nyuruh..

Gejala ini biasanya akan terlihat jika kita sedang melewati jalanan yang berlubang atau berbatu di pedesaan, bunyinya tek...tek...tek kurang lebih seperti itulah, pokoknya sangat risih untuk didengarkan, masak iya motor keren kok bunyinya seperti gerobak somay hahahaa

Untuk Solusinya : Bisa diakali dengan menambahkan potongan karet ban di bantalan rantai tersebut, Bisa juga memakai cara saya dengan mengganti bantalan rantai milik yamaha jupiter mx 135, harganya murah kok sekitar 15ribuan kalau di daerah saya. Dengan itu insyalloh bunyi-bunyian seperti gerobak somay hilang dari motor anda.

3. Susah Netral


Untuk kasus yang ketiga ini mungkin para pengguna satria fu juga mengalami, hal menyebalkan ini sering saya alami pada waktu berhenti di pom bensin, motor sudah di matiin tapi untuk posisi ke netral lumayan susah, padahal antrian panjang otomatis harus di dorong untuk mencapai giliran, bahkan sering juga pada waktu mau tancap gas dari gigi satu ke gigi dua eh malah ke posisi netral, meraung deh suara motor terus malu juga kalo diliatin orang hahaa.

Untuk Solusinya : belum ada solusi yang 100% berhasil untuk mengatasi masalah ini, soalnya udah coba cara ini itu masih tetep ngulangin hal menyebalkan yang satu ini, tapi disini saya ngasih solusi yang setidaknya meminimalisir susah netral atau pun selip gigi ntah apa namanya hehe , kalau cara yang saya lakukan yaitu dengan memakai oli merek Motul,shel ax7, enduro, yang sudah mempunyai fitur anti slip kopling, selain itu juga dengan menyetel handle kopling jadi lebih jauh/Full insyalloh hal menyebalkan satu ini bisa di minimalisir.

Oke sob, mungkin itu saja hal-hal menyebalkan yang saya alami setelah 3 tahun memakai satria fu, semoga untuk solusinya bisa bermanfaat untuk kita semua
sekian dan terima kasih.. 
==Baca Juga==

Subscribe to receive free email updates: