Cara Mudah dan Tepat Mengencangkan atau Menyetel Rantai Motor Kendor Untuk Pemula

Cara Mudah dan Tepat Mengencangkan atau Menyetel Rantai Motor Kendor Untuk Pemula
Selamat Datang di blog sederhana ini, Kali ini saya akan sajikan artikel tentang Cara Mudah dan Tepat Mengencangkan atau Menyetel Rantai Motor Kendor Untuk Pemula, Aktivitas ini memanglah sangat mudah dan biasa untuk dilakukan jika rantai motor kita kendor tapi untuk pemula dunia otomotif mungkin agak sedikit kebingungan, nah disini saya akan sajikan langkah-langkah Mudah dan Tepat Mengencangkan atau Menyetel Rantai Motor Kendor Untuk Pemula.

Rantai motor yang kendur dapat membahayakan anda ketika sedang berkendara. karena. Kebanyakan orang menganggap rantai motor adalah komponen motor yang tidak penting sehingga kurang memperhatikan kondisinya. Padahal rantai motor memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang sepeda motor anda.

Oke langsung saja simak langkah-langkah Mengencangkan atau Menyetel Rantai Motor Kendor berikut ini :
  1. Siapkan kunci pas semua ukuran karena baut-baut pada motor anda memiliki ukuran yang berbeda-beda, gunakan kunci ring berukuran 19 dan juga 14 untuk motor bebekhonda atau ukuran kunci 17 dan juga 14 untuk bebek, untuk ukuran kunci 17 dan 19 di gunakan untuk melepaskan baut as roda motor bebek Yamaha
  2. Langkah pertama, putar atau kendurkan mur pada poros bagian belakang motor anda dengan kunci pas dan tahan kepala baut yang berada pada poros lainnya. Hal tersebut dilakukan agar baut pada poros lain tidak ikut berputar juga.
  3. Selanjutnya, putar mur yang berada pada batang penghubung rem agar rem tidak terkunci setelah rantai dikencangkan. Tahap tersebut dilakukan apbila motor anda menggunakan rem tromol, tapi jika motor anda menggunakan rem cakram, anda dapat melewati langkah ini.
  4. Setelah itu kencangkan mur lengan ayun pada belakang motor yang terhubung dengan poros untuk mengencangkan rantai. Setiap motor memiliki letak dan bentuk pengencang rantai yang berbeda-beda bergantung merk motornya.
  5. Pastikan rantai motor anda dikencangkan dengan baik. Anda dapat mengeceknya dengan cara memutar roda bagian belakang dan lihat apakah semua bagian telah dikencangkan dengan baik. Jangan sampai ada bagian rantai yang terlalu kkencang karena hal tersebut dapat menghambat perputaran mesin ke roda motor anda.
  6. Setelah rantai dirasa sudah kencang, pasang kembali mur pada poros roda dan pastikan mur terpasang dengan kencang.
  7. Pasang kembali mur pada batang penghubung rem (tromol) dan atur injakan batang rem bagian belakang belakang sesuai dengan keinginan anda.
  8. Selesai, Sekarang rantai motor anda kencang
Baca Juga : Inilah Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur dan Cara Mengatasinya atau Solusi

Nah demikianlah artikel tentang Cara Mudah dan Tepat Mengencangkan atau Menyetel Rantai Motor Kendor Untuk Pemula, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih

Tags : cara mengencangkan rantai motor bebek, cara mengencangkan rantai motor verza, harga rantai motor, rantai motor kendor, cara mengencangkan rantai motor vixion, cara mengencangkan rantai motor jupiter z, cara mengencangkan rantai motor supra, cara mengencangkan rantai motor cb150r

Subscribe to receive free email updates: