Inilah Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur dan Cara Mengatasinya atau Solusi

Selamat datang sobat. Kali ini saya akan membahas artikel Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur dan Cara Mengatasinya atau Solusi. Tentunya banyak sekali yang mengeluhkan akan masalah ini dan mungkinanda juga sedang mengalaminya, rantai cepat kendur ini memang menggangu sekali, terlebih rantai kendur ini terjadi saat perjalanan dan anda sedang terburu-buru tentunya sangat menjengkelkan karena selain motor jadi loyo tetapi juga sangat tidak nyaman sekali motor tersebut dikendarai.


Lalu apasih yang menyebabkan Rantai Motor Cepat Kendur tersebut, tenang sob disini saya akan coba mengulasnya dan disini saya akan sertakan cara mengatasinya, jadi simak terus artikel ini ya.

Inilah Penyebab-penyebab Rantai Motor Cepat Kendur
  • Posisi Gear Tidak Lurus
Posisi gear depan dan gear belakang yang tidak lurus dapat menyebabkan rantai motor menjadi kendur. Hal ini dikarenakan jika posisi rantai tidak benar-benar lurus, akibatnya rantai pun akan tertarik pada salah satu sisi saja. Bila kondisi tersebut terus dibiarkan, lama-kelamaan rantai pun akan mengendur dan mengganggu proses perpindahan gigi. Untuk memastikan bahwa posisi pemasangan rantai Anda sudah tepat, caranya perhatikan kondisi mata gear dari arah belakang apakah rata di bagian kanan, kiri, atau sudah aus di salah satu sisinya.
  • Gesekan yang Terlalu Berat
Faktor kedua yang menjadi penyebab rantai motor mengendur ialah gesekan antara rantai dan gear yang terlalu berat sehingga rantai pun akan tertarik. Solusinya yaitu Anda harus memastikan kondisi rantai selalu bersih dan senantiasa terlumasi dengan oli. Kotoran yang menumpuk pada gear dapat menyebabkan gesekan yang terjadi akan semakin berat. Hindari juga memakai oli mesin bekas untuk melumasi rantai karena justru akan mempermudah debu dan kotoran melekat di permukaannya.
  • Pemakaian Gas yang Tidak Stabil
Jangan pernah menggunakan gas dengan tekanan yang tidak stabil karena akan menyebabkan rantai mengalami sentakan. Hindari pula menarik gas secara mendadak. Biasanya hal ini dilakukan pada saat Anda sedang melawati jalan yang tidak mulus, bergelombang, dan banyak lubangnya. Apabila Anda terus membiasakan kebiasaan buruk tersebut, maka bersiap-siaplah ukuran rantai motor akan mengendur sedikit demi sedikit.
  • Mengangkut Barang secara Berlebihan
Penyebab terakhir rantai mengalami kendur yaitu sepeda motor sering digunakan untuk mengangkut muatan yang berlebihan. Setiap pabrikan motor tentu telah memberikan ketentuan tentang batas beban maksimum yang boleh diangkut oleh kendaraan buatannya. Misalnya yakni motor Vixion mempunyai daya angkut maksimal 2 orang penumpang dan 150 kg barang. Daya angkut ini juga dipengaruhi oleh sistem shockbreaker yang diterapkan pada motor. Semakin tertekan dan mengeras kondisi shockbreaker tersebut, jarak main lengan ayunnya pun menjadi semakin sempit.
  • Medan Jalan
Saat anda berkendara ke tujuan tertentu berhatikan medan jalan yang ditempuh , jika bergelombang ( tidak mulus) , banyak lubang, hal ini bisa menjadi penyebab rantai motor cepat kendur karena medan berat yang membuat lengan ayun sering bergerakk dan membuat rantai pada motor tersentak sentak karena medan yang gak mulus alias bergelombang
  • Perawatan
Perawatan pada rantai motor juga bisa menjadi penyebab rantai motor cepet kendur maksudnya adalah jika anda jarang merawat rantai pada motor tentunya akan menyebabkan rantai motor cepet kendur beda halnya jika anda rajin merawat yaitu dengan membersihkan dengan cairan khusus pembersih rantai. Selain membersihkan juga bisa menggunakan pelumas rantai yang akan membuat rantai motor awet tidak mudah karatan , tidak bunyi dan tidak mudah cepat kendur.

Dan inilah Cara Mengatasinya atau Solusi
  • Jarak main bebas lengan ayun
Seperti yang anda lihat pada gambar diatas jarak main bebas dari sebuah rantai motor yaitu kalau pabrikan biasanya menyetel jarak main bebasnya sekitar 15 mm. Untuk bisa melakukan penyetelan rantai motor yang pass kita tidak bisa berpatokan saat motor tanpa beban di posisikan dengan menggunakan standard tengah. Seharusnya menyetel ketegangan rantai motor harus saat motor mendapatkan beban jadi tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu kendor. Memang seharusnya menyetel rantai motor pada saat dinaiki atau dengan beban yang biasa diangkut. Jadi menyetel rantai motornya dengan menggunakan beban dua orang atau dengan satu orang yang terpenting jarak bebas motor sekitar 15 mm.
  • Memakai Stasioner Rantai
Tips yang satu ini sebenarnya paling simple dan anda cukup pergi kebengkel modifikasi lalu bilang mas saya mau membenli stasioner rantai motor dan sekalian meminta mekanik untuk memasangnya agar lebih presisi dan pass. Untuk kualitas anda bisa membeli stasioner yang harganya minimal 100 ribuan karena biasanya harga menentukan kualitas.
  • Mengganti Gearset
 Solusi ampuh yaitu dengan mengganti gear set hehe apa lagi buat rider yang sering melewat daerah penggunungan maka wajib mengganti gear set agar lebih enak saat digunakan berkendara. Untuk ukuran mengganti gear set anda bisa gunakan 14-39 (14 mata gear bagian depan + 38 mata gear bagian belakang) serta dengan menggunakan ukuran ketebalan rantai yaitu 428H yang dirasa solusi paling joss dan tepat untuk menerjang daerah bukit dan touring. Dengan ukuran mata belakang yang lebih besar dan juga tarikan motor menjadi lebih mantab tapi hal ini mengurangi tarikan atas atau topspeed. Dengan menggunakan ketebalan rantai 428H maka membuat rantai motor lebih kuat dan tentunya insya alloh anti molor.

Baca Juga : Cara mudah mengencangkan atau menyetel rantai motor

Demikianlah artikel tentang Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur dan Cara Mengatasinya atau Solusi. Semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini.
Sekian dan terimakasih

Tags : rantai motor bunyi kletek kletek, penyebab rantai motor kendor kenceng, tensioner rantai motor, cara memperbaiki rantai motor yang bunyi, cara memperbaiki rantai sepeda yang kendor, mengencangkan rantai motor, rantai bunyi kretek kretek, penyebab rantai motor dorceng

Subscribe to receive free email updates: