Kapan dan berapa km harus mengganti oli motor yang tepat

Kapan dan berapa km harus mengganti oli motor yang tepat
Selamat datang di blog sederhana ini, Kali ini saya akan membahas artikel tentang Kapan dan berapa km harus mengganti oli motor yang tepat, ya pertanyaan itu sering sekali muncul di para biker pemula. Untuk itu disini akan ngasih jawabannya semoga bisa berguna dan bermanfaat buat semuanya para biker.

Di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga bagi motor sehingga berjalan dengan baik. Sedangkan oli berfungsi untuk melindungi komponen-komponen tersebut dari proses gesekan yang terjadi di dalam mesin.

Apabila kita tida melakukan penggantian oli secara rutin, bisa dipastikan komponen-komponen tersebut akan cepat aus dan mesin bisa rusak. Agar mesin motor tetap sehat dan berfungsi dengan baik, Jadi kapan sebaiknya ganti oli motor yang tepat? Langsung saja simak jawaban-jawaban berikut ini :
  • Agar mesin lebih awet dan tahan lama sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh. Meskipun tertera pada petunjuk pemakaian, biasanya 1.500/km-4.000/km. Untuk jarak tempuh pendek yang satu bulan menempuh bisa mencapa 200-500 km, disarankan untuk mengganti oli setiap 1.5 bulan.
  • Sedangkan jarak menengah di atas 500 km per bulan sebaiknya mengganti oli setiap sebulan sekali. Berbeda juga dengan yang jarak tempuhnya jauh hingga 200 km per hari, sebaiknya ganti oli setiap 2 minggu sekali atau setiap 1200 km (untuk oli dengan jarak tempuh 2000 km).
  • Gunakan oli yang berkualitas tinggi sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Untuk amannya, Anda bisa gunakan oli keluaran dari pabrik motor tersebut.
Nah gimana sudah terjawab kan, pertanyaan Kapan dan berapa km harus mengganti oli motor yang tepat selama ini, Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan wawasan buat semuanya. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih

Tags : berapa km ganti oli motor vixion, berapa km ganti oli motor matic, ganti oli mobil, penggantian oli motor honda, harga ganti oli motor, cara ganti oli motor, berapa km ganti oli motor honda beat, kapan harus ganti oli motor matic

Subscribe to receive free email updates: