Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang

Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang
Selamat datang di blog sederhana ini, Kali ini saya akan membahas artikel tentang Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang, Sebelumnya kita harus tau dulu apa itu bore up dan satu lagi ada yang namanya stroke up, Mari kita kenal dulu apa arti dari dua istilah tersebut.

Bore up artinya mengganti piston dengan piston berdiameter lebih besar. Pabrikan motor juga banyak yang menyediakan piston pengganti ori dengan ukuran lebih besar, istilahnya Piston Oversize (os). Tapi biasanya hanya lebih besar sedikit saja dari standarnya, misal naik 0,5mm (os50) sampai 3mm (os300).

Untuk FU setau saya suzuki tidak menyediakan ukuran oversizenya, jadi kalau mau bore up ya harus comot piston milik motor lain. Yang sering dipakai fu antara lain Piston Tiger & CBR150 (63,5mm), Scorpio (70mm), Kawasaki Boss/Eliminator (65mm). Harga sekitar 250-350rb.
Misalnya FU ganti piston scorpio, maka tinggal hitung 0,785 x 70 x 70 x 48,8 = 187cc

Stroke Up artinya menaikan langkah piston. Dilakukan dengan merubah posisi poros piston di kruk as (Big End) supaya jarak naik turun piston (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. TMB nya lebih turun, TMA nya lebih tinggi. Sekedar mengganti stang piston (con rod) dengan stang lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros bigend tak berubah.

Ada dua cara alternatif yang ditempuh untuk stroke up:
1. Dengan menggeser Big End standar lebih dekat ke tepi daun kruk as (las geser manual).
2. Dengan mengganti Big End standar dengan Pen stroker aftermarket.

Mana yang lebih direkomendasikan? menurut saya sih dua duanya sama aja kuatnya selama pengerjaannya rapi dan presisi. FU saya sendiri pernah merasakan dua cara ini. Pertama stroke up pake pen LHK 4mm, lalu nyobain juga stroke up dengan geser manual sejauh 5mm. AMAN

Nah sudah mengerti Dua istilah diatas, Sekarang kita masuk ke topik bahasan kita yaitu Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang.

Dengan kapasitas 150 cc dan teknologi DOHC dengan 4 katup, motor ini sebenarnya sudah memiliki power yang besar. Motor underbone yang pertama kali muncul tahun 2004 silam tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 11.7 kw (16.0 PS) pada putaran 9.500 rpm. Dengan daya sebesar itu saya kira sudah cukup untuk melintasi jalanan yang ada di Indonesia. Namun bagi para pecinta modifikasi khususnya kaum muda selalu saja kurang puas dengan spesifikasi bawaan pabrik. Berbagai carapun dilakukan untuk mendongkrak performa Satria FU. Jika anda adalah salah satunya mungkin cara ini bisa anda lakukan.

Untuk didapatkan kapasitas sebesar 200 cc maka perlu dilakukan Bore up pada Satria F 150. Piston bawaan pabrik disingkirkan dan diganti piston 68 mm eliminator. Namun jika hanya dengan mengganti piston saja maka belum didapatkan kapasitas sebesar 200 cc. Untuk itu perlu dilakukan stroke up. Cukup hanya dengan 3 mm maka secara otomatis langkah piston akan bertambah sepanjang 6 mm. Langkah piston standar pada satria Fu adalah 48,8 mm sehingga akan menjadi 54,8 mm. Dengan demikian kapasitas akan membengkak menjadi 198,9 cc.

Kapasitas besar namun jika tidak didukung dengan pasokan bahan bakar yang memadai ya Cuma mubadzir. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian pada klep dan noken asnya. Anda bisa membeli noken as baru atau mengcustumnya sendiri, yang jelas usahakan durasinya 260 derajat. Klep standar yang hanya berdiameter 22 mm dan 19 mm perlu diganti dengan diameter 25 mm dan 22 mm. Agar lebih maksimal sector pengapian juga perlu diperhatikan. Penggunaan busi iridium dan CDI racing akan membuat api lebih optimal sehingga pembakaran akan lebih sempurna. Nah demikianlah cara bore up Satria F 150 ini agar kapasitasnya bisa mencapai 200 cc.

Nah Demikianlah Artikel tantang Cara Bore Up Satria Fu Buat Harian Menjadi 200 cc Aman dan Kencang. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan wawasan untuk semuanya. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih.

TAGS : bore up satria fu 350cc, bore up satria f harian, bore up satria f buat harian, bore up satria fu harian, harga bore up satria fu, harga bore up satria fu harian, bore up satria fu murah, bore up harian satria fu 150

Subscribe to receive free email updates: