Bahaya tidak mengisi penuh tangki bahan bakar pada mobil
Bahaya tidak mengisi penuh tangki bahan bakar pada mobil
Selamat datang di
blog sederhana ini. Kali ini kita akan membahas mengenai apa bahaya yang
ditimbulkan pada saat kita tidak mengisi penuh tangki bahan bakar sepeda motor.
Ketidakstabilan harga bahan bakar baik premium, pertalite, premium banyak menimbulkan
berbagai prilaku masyarakat terkait pengiritan pemakaian bahan bakar. perilaku
pengiritan bahan bakar mobil salah satunya dengan mengatur konsumsi bahan bakar
sesuai keadaan 1 hari pemakaian. Jadi misalkan dalam 1 hari ini mobil bisa
menghabiskan bahan bakar 1 liter maka
hari selanjutnya hanya diisi 1 liter juga. Dengan prilaku tersebut kita bisa
lihat bahwa tangki bahan bakar akan menjadi kosong atau tidak maksimal terisi.
Sebagian masyarakat berpradigma bahwa tidak akan ada masalah ketika tidak
mengisi tangki tidak full atau melebihi setengah tangki. Padahal ada bahaya
yang ditimbulkan pada saat tidak mengisi tangki tidak berikut. Mari coba kita
lihat.
Rata rata hari ini sepeda
motor menggunakan pompa elektrik. Pompa bahan bakar elektrik dapat ditempatkan didalam tangki bahan bakar. Pompa bahan
listrik langsung akan bekerja setelah kunci kontak di ON kan. Jenis pompa bahan
bakar bermacam macam antara lain : model diagfragma, model plunyer dan model
lainnya.
Kita bisa melihat
pada gambar diagram berikut mengenai skema pompa bahan bakar bekerja. Kita bisa
melihat pada saat kunci kontak di ON kan maka pompa akan bekerja. Kita bisa
mendengar ditangki terdengar bungi ketukan ketukan yang menandakan pompa sudah
bekerja dan injektor siap untuk menginjeksikan bahan bakar. pada saat mesin
hidup pompa akan memompakan bahan bakar ke injektor melewati saringan bahan
bakar. pada saat injektor tidak menyemprotkan bahan bakar maka bahan bakar akan
kembali ketangki bahan bakar.
Bahan bakar yang
akan dikembalikan ke tangki merukan bahan bakar yang telah panas karna
mekanisme kerja mesin. Panas ini yang akan mengisi bahan bakar. bahan bakar
yang panas ini akan dipompakan kembali oleh pompa ke injektor. Pada saat
kembali ke tangki, bahan bakar ini panas. Panas yang sampai ke tangki ditambah
dengan ruangan tangki yang panas. Apabila tangki diisi tidak penuh maka pompa
akan memompakan bahan bakar yang panas. Bahan bakar bisa menjadi pendingin
didalam tangki apabila diisi dengan penuh atau melebihi batas tengah tangki. Apabila
bahan bakar diisi penuh maka pompa tidak akan memompakan bahan bakar yang
panas. Ini dapat memperpanjang umur dari pompa bahan bakar. maka hendaknya kita
mengisi tangki secara penuh.
Demikianlah share blog kita kali ini. semoga bermanfaat