6 Tips memilih sepeda motor baru dengan tepat
6 Tips memilih sepeda motor baru dengan
tepat
Selamat datang diblog sederhana ini hari. Kali ini kita akan
share mengenai tips memilih sepeda motor baru. Untuk memudahkan waktu tempuh
dan akses yang cepat sepeda motor adalah pilihan favorit perjalanan dalam
keseharian dengan muatan angkut 2 orang. Sampai saat ini populasi sepeda motor
di Indonesia mencapai populasi maksimal dengan ukuran dan panjang jalanan yang
tak mempuni. Banyak permasalahan permasalahan yang ditimbulkan dari sepeda
motor baik pemakaian bahan bakar, keluaran emisi gas buang, suara bising yang
dihasilkan. Terkait hal demikian dengan kebutuhan yang tinggi terhadapat
pemakaian sepeda motor dan solusi permasalahan yang ditimbulkan maka perusahaan
otomotif sepeda motor berlomba lomba untuk menarik perhatian pengendara motor. Perusahaan
perusahaan tersebut mengeluarkan berbagai produk unggulannya dengan berbagai
varian teknologin. Berikut tips memilih sepeda motor baru dengan tepat,
Pertama, CC Kendaraan sepeda motor
CC merupakan Kapasitas mesin tersebut dengan perbandingan
besar diameter silinder dengan panjang langkah piston dengan megeluarkan daya
mesin yang berbeda beda. Ada CC motor sama namun daya (tenaga) yang dihasilkan
berbeda. Ini bisa kita lihat dispesifikasi list motor tersebut. Dapat kita
perhatikan dan lihat ada beragam CC motor yang tersebar dari 125, 135, 150,
250, 500 CC dll. Perlu diperhatikan semakin besar CC mesin tersebut maka
semakin besar daya yang dihasilkan dan semakin banyak juga konsumsi bahan bakar
yang harus dimasukkan kedalam ruang bakar. Maka kita harus cerdas memilih
kendaraan apakah motor kita digunakan untuk beban, laju yang cepat, santai,
tanpa bebas, yang akan kita gunakan dalam sehari-hari. Apabila bobot atau berat
badan yang akan menggunakan motor berat direkomendasikan agar memilih bobot
yang besar.
Kedua, Pemilihan teknologi motor untuk konsumsi bahan
bakar
Harga bahan bakar bensin terkadang naik dan turun atau naik
drastis terkait dengan harga minyak dunia. Teknologi pengaturan bahan bakar
yang ada pada hari ini masih terbagi dua yaitu secara konvensional dengan
karburatornya dan secara elektrolis dengan injeksi. Dibandingkan dengan
karburator, injeksi telah terbukti bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Baik secara
pengaturan pompa bahan bakar, sistem aliran bahan bakar, sistem kontrol bahan
bakar, penyemeprotan bahan bakar itu semua diatur secara elektrolis yang
otaknya dinamakan dengan ECU (Elektronik Control Unit). Namun untuk sistem
bahan bakar injeksi harganya sedikit lebih mahal dari yang karburator. Untuk saat
ini karburator masi diproduksi sembari nanti dikonversi ke injeksi. Direkomendasikan
untuk memilih yang injeksi karna lebih baik kita lebih sedikit mahal membeli
pertama namun bisa menekan harga konsumsi bahan bakar dan kantong pun bisa
hemat. Varian teknologinya sudah banyak berkembang seperti PGM-FI, JET FI, Blue
Core. Semuanya itu mengatur masalah konsumsi bahan bakar agar lebih hemat.
Ketiga, Cintai Lingkungan dengan memilih
sistem pengapian elektronik terbaharukan
Lambat laun semakin banyaknya kendaraan yang turun kejalanan
maka semakin banyak polusi udara yang dihasilkan. Sisa pembakaran yang keluar
dari knalpot mengandung racun berbahaya seperti CO, NOx, HC, dll yang mengandung
zat berbahaya bagi kesehatan yang akan menimbulkan berbagai penyakit. Selayaknya
gas atau zat yang akan dikeluarkan ole sisa pembakaran itu adalah CO2 + H20
karbon monoksida dan air kalau sempurna air yang dikeluarkan. Untuk mengahasilkan
menuju pembakaran sempurna tersebut maka dibuatlah teknologi ramah lingkungan
yaitu sistem pengapian elektronik terbaharukan untuk memaksimalkan pengapian
untuk proses pembakaran. Banyak varian elektronik pengapian yang terdapat pada
spek motor baik yang menggunakan CDI sistem, Induksi, Modulating Program. Direkomendasikan
agar memilih sepeda motor yang menggunakan sistem pengapian elektronik
modulating program untuk mengatur pengapiannya secara komputerisasi.
Keempat, pilihlah motor yang menggunakan sistem ECODRIVING
Pada varian motor hari ini sudah dilengkapi dengan sistem
ECODRIVING (Economic Driving) untuk mengontrol karakter pengendara dalam
membawa kendaraan dengan mengatur keekonomisan bahan bakar. Economic driving
ini dilengkapi dengan lampu signal untuk mengetahui apakah pengendara terlalu
cepat atau terlalu lambat yang akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. ini
sangat bermanfaat sekali bagi pengendara dalam menekan konsumsi bahan bakar dan
melaju dengan karakter baik tidak sembarangan, tidak ugal ugalan dalam
mengendara motor
Kelima, Redaman motor untuk kenyamanan
Tentunya kenyaman menjadi faktor dalam mengendara speda
motor. Salah satu faktor yang menentukan kenyamanan dalam berkendara adalah
sistem peredam kendaraan yang mantap. Ini dilengkapi dengan SHOCKABSORBER
motor. Dalam variannya shockbsorber menjadi dua pada motor ada yang monoshock
dan ada double shock. Ini tergantung dengan beban pengendara dan daya angkut
motor. Namun telah dibuktikan bahwa harga motor monoshock lebih mahal ketimbang
double shock karna terkait konstruksi motor tersebut.
Keenam, Pilihlah Motor dengan harga yang tepat dengan
teknologi yang tepat
Dengan sudah mengetahui beberapa hal penting terkait
teknologi dalam pemilihan sepeda motor baru maka kita juga harus sesuaikan juga
dengan harga. Rata-rata harga sepeda motor yang memiliki kelengkapan teknologi
maka harganya lebih mahal dari pada yang sederhana atau belum lengkap. Namun hari
hari ini perusahaan telah mengeluarkan motor dengan varian teknologi lengkap
dengan harga terjangkau. Nah kita dapat memperhatikannya dengan list spek motor
untuk melihat kualitas motor tersebut. Setelah itu kita tentukan mana pilihan
motor yang akan kita gunakan.
Demikianlah share blog kali ini, semoga bermanfaat. Lihat
juga artikel lainnya ya