6 Tips memilih sepeda motor baru dengan tepat

6 Tips memilih sepeda motor baru dengan tepat


Selamat datang diblog sederhana ini hari. Kali ini kita akan share mengenai tips memilih sepeda motor baru. Untuk memudahkan waktu tempuh dan akses yang cepat sepeda motor adalah pilihan favorit perjalanan dalam keseharian dengan muatan angkut 2 orang. Sampai saat ini populasi sepeda motor di Indonesia mencapai populasi maksimal dengan ukuran dan panjang jalanan yang tak mempuni. Banyak permasalahan permasalahan yang ditimbulkan dari sepeda motor baik pemakaian bahan bakar, keluaran emisi gas buang, suara bising yang dihasilkan. Terkait hal demikian dengan kebutuhan yang tinggi terhadapat pemakaian sepeda motor dan solusi permasalahan yang ditimbulkan maka perusahaan otomotif sepeda motor berlomba lomba untuk menarik perhatian pengendara motor. Perusahaan perusahaan tersebut mengeluarkan berbagai produk unggulannya dengan berbagai varian teknologin. Berikut tips memilih sepeda motor baru dengan tepat,

Pertama, CC Kendaraan sepeda motor


CC merupakan Kapasitas mesin tersebut dengan perbandingan besar diameter silinder dengan panjang langkah piston dengan megeluarkan daya mesin yang berbeda beda. Ada CC motor sama namun daya (tenaga) yang dihasilkan berbeda. Ini bisa kita lihat dispesifikasi list motor tersebut. Dapat kita perhatikan dan lihat ada beragam CC motor yang tersebar dari 125, 135, 150, 250, 500 CC dll. Perlu diperhatikan semakin besar CC mesin tersebut maka semakin besar daya yang dihasilkan dan semakin banyak juga konsumsi bahan bakar yang harus dimasukkan kedalam ruang bakar. Maka kita harus cerdas memilih kendaraan apakah motor kita digunakan untuk beban, laju yang cepat, santai, tanpa bebas, yang akan kita gunakan dalam sehari-hari. Apabila bobot atau berat badan yang akan menggunakan motor berat direkomendasikan agar memilih bobot yang besar.

Kedua,  Pemilihan teknologi motor untuk konsumsi bahan bakar






Harga bahan bakar bensin terkadang naik dan turun atau naik drastis terkait dengan harga minyak dunia. Teknologi pengaturan bahan bakar yang ada pada hari ini masih terbagi dua yaitu secara konvensional dengan karburatornya dan secara elektrolis dengan injeksi. Dibandingkan dengan karburator, injeksi telah terbukti bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Baik secara pengaturan pompa bahan bakar, sistem aliran bahan bakar, sistem kontrol bahan bakar, penyemeprotan bahan bakar itu semua diatur secara elektrolis yang otaknya dinamakan dengan ECU (Elektronik Control Unit). Namun untuk sistem bahan bakar injeksi harganya sedikit lebih mahal dari yang karburator. Untuk saat ini karburator masi diproduksi sembari nanti dikonversi ke injeksi. Direkomendasikan untuk memilih yang injeksi karna lebih baik kita lebih sedikit mahal membeli pertama namun bisa menekan harga konsumsi bahan bakar dan kantong pun bisa hemat. Varian teknologinya sudah banyak berkembang seperti PGM-FI, JET FI, Blue Core. Semuanya itu mengatur masalah konsumsi bahan bakar agar lebih hemat.

Ketiga, Cintai Lingkungan dengan memilih sistem pengapian elektronik terbaharukan


Lambat laun semakin banyaknya kendaraan yang turun kejalanan maka semakin banyak polusi udara yang dihasilkan. Sisa pembakaran yang keluar dari knalpot mengandung racun berbahaya seperti CO, NOx, HC, dll yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan yang akan menimbulkan berbagai penyakit. Selayaknya gas atau zat yang akan dikeluarkan ole sisa pembakaran itu adalah CO2 + H20 karbon monoksida dan air kalau sempurna air yang dikeluarkan. Untuk mengahasilkan menuju pembakaran sempurna tersebut maka dibuatlah teknologi ramah lingkungan yaitu sistem pengapian elektronik terbaharukan untuk memaksimalkan pengapian untuk proses pembakaran. Banyak varian elektronik pengapian yang terdapat pada spek motor baik yang menggunakan CDI sistem, Induksi, Modulating Program. Direkomendasikan agar memilih sepeda motor yang menggunakan sistem pengapian elektronik modulating program untuk mengatur pengapiannya secara komputerisasi.



Keempat, pilihlah motor yang menggunakan sistem ECODRIVING



Pada varian motor hari ini sudah dilengkapi dengan sistem ECODRIVING (Economic Driving) untuk mengontrol karakter pengendara dalam membawa kendaraan dengan mengatur keekonomisan bahan bakar. Economic driving ini dilengkapi dengan lampu signal untuk mengetahui apakah pengendara terlalu cepat atau terlalu lambat yang akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. ini sangat bermanfaat sekali bagi pengendara dalam menekan konsumsi bahan bakar dan melaju dengan karakter baik tidak sembarangan, tidak ugal ugalan dalam mengendara motor

Kelima, Redaman motor untuk kenyamanan




Tentunya kenyaman menjadi faktor dalam mengendara speda motor. Salah satu faktor yang menentukan kenyamanan dalam berkendara adalah sistem peredam kendaraan yang mantap. Ini dilengkapi dengan SHOCKABSORBER motor. Dalam variannya shockbsorber menjadi dua pada motor ada yang monoshock dan ada double shock. Ini tergantung dengan beban pengendara dan daya angkut motor. Namun telah dibuktikan bahwa harga motor monoshock lebih mahal ketimbang double shock karna terkait konstruksi motor tersebut.

Keenam, Pilihlah Motor dengan harga yang tepat dengan teknologi yang tepat

Dengan sudah mengetahui beberapa hal penting terkait teknologi dalam pemilihan sepeda motor baru maka kita juga harus sesuaikan juga dengan harga. Rata-rata harga sepeda motor yang memiliki kelengkapan teknologi maka harganya lebih mahal dari pada yang sederhana atau belum lengkap. Namun hari hari ini perusahaan telah mengeluarkan motor dengan varian teknologi lengkap dengan harga terjangkau. Nah kita dapat memperhatikannya dengan list spek motor untuk melihat kualitas motor tersebut. Setelah itu kita tentukan mana pilihan motor yang akan kita gunakan.

Demikianlah share blog kali ini, semoga bermanfaat. Lihat juga artikel lainnya ya 

Subscribe to receive free email updates: