Pilihan Merek Oli Terbaik Untuk Motor Matic

Selamat datang sobat. Kali ini saya akan share artikel tentang Pilihan Merek Oli Terbaik Untuk Motor Matic. Penggunaan motor matic yang sangat banyak bisa menjadi kesempatan bagi para produsen Oli untuk memproduksi oli terbaiknya, tentunya banyak sekali oli-oli yang dikhususkan untuk motor matic, tetapi kita sebagai konsumen juga harus pintar dan tepat dalam memilih oli untuk motor matic kesayangan.

Pilihan Merek Oli Terbaik Untuk Motor Matic
Oli merupakan cairan pelumas yang berfungsi untuk memperhalus gesekan antar komponen didalam mesin sehingga membuat mesin lebih mudah dalam keadaan suhu yang ideal selain itu juga oli berfungsi sebagai fluida yang bisa memindahkan panas runag bakar ke bagian lain mesin yang bersuhu dingin.

Perawatan untuk motor matic memang memiliki sedikit perbedaan dengan jenis motor lain khususnya pada sistem pelumasannya. Motor matic yang ada saat ini pada umumnya menggunkan type kopling kering, sehingga pada bagian komponen kopling tidak lagi memerlukan oli ataupun pelumas anti slip kopling seperti yang biasa digunkan pada motor bertransmisi manual.

Berikut  ini adalah beberapa tips yang dapat dijadikan panduan tentang cara memilih oli sesuai dengan kriteria mesin motor matic :
  • Motor matic cenderung memiliki ruang mesin yang sempit, sehingga akan semakin baik jika menggunakan jenis oli yang lebih encer untuk dapat menjangkau bagian bagian tersempit di dalam ruang mesin serta memiliki zat aditif yang mampu untuk membantu mengatasi masalah panas mesin.
  • Pastikan oli yang dipilih telah memiliki sertifikat standart API dan JASO. Yang artinya American Petroleum Institute (API) adalah lembaga yang secara resmi bertugas menguji dan memeriksa kualitas oli yang dipakai oleh negara-negara Eropa dan Amerika. Sedangkan JASO (Japanese Automotive Standar Association) adalah sebuah lembaga yang berada di Jepang dan memiliki tugas untuk menguji kualitas oli yang digunakan untuk mesin mesin di negaranya.
  • Perhatikan kode yang tertera pada kemasan dan jika terdapat kode JASO MA artinya ini menandakan bahwa oli tersebut lebih direkomendasikan untuk mesin bertype kopling basah. Khusus mesin motor matic di pasaran Indonesia yang pada umumnya menggunakan kopling kering, maka pilihlah oli yang memiliki kode JASO MB.
Setalah Mengetahu Tips diatas sekarang kita simak Pilihan Merek Oli Terbaik Untuk Motor Matic dibawah ini :
  •  Top 1 Action Matic
Inilah oli rekomendasi pertama yang banyak dipakai, oli ini tentunya sudah berlabel Oli Synthetic. Ada tiga macam Oli Top 1 Matic diantaranya Top 1 Action Matic 10w-30. Top 1 Action Matic 20w-40, dan Top 1 Action Plus SAE 10W-40. untuk harga Oli Top 1 Action Matic ini sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 40.000an. Salah satu keunggulan Oli Top 1 Action Matic ini yaitu kinerja mesin maksimal, tenaga optimal, bahan bakar irit dan akan melumasi dengan cepat mulai dari waktu start-up awal.
  • Enduro Matic
Enduro Matic Jaso MB Oli rekomendasi yang kedua ini oli motor 4 tak matic yang kualitasnya tidak diragukan lagi, oli ini mempunyai moly additive yang berfunsi untuk mengurangi beban gesekan komponen mesin motor pada kecepatan tinggi. Kkentalan oli yang pas dengan ciri motor matic ialah 10w-30 yang memenuhi tingkat performance API SL. Untuk harga Oli Enduro Matic ini sekitar Rp. 45.000an. Beberapa keunggulan oli ini diantaranya mengandung moly additive untuk mengurangi gesekan pada kecepatan tinggi dan memiliki kekentalan SAE 10W-30 Sehingga mudah untuk start pada kondisi dingin dan memberikan pendinginan yang optimal.
  • Suzuki Genuine Oil (SGO)
Oli Pelumas Motor Matic Khusus Motor berlambang "S" ini memiliki  isi kemasan 0,8 Liter dan mempunyai kekentalan SAE 10W-40. SGO 4T Matic 10W-40 Api Service SL JASO MB, direkomendasikan untuk motor berkopling kering yaitu Matic. Untuk harga oli ini sekitar Rp. 32.000an. Beberapa keunggulannya yaitu bisa mencegah pengendapan pada mesin dan tarikannya lebih ringan dan bahan bakar tentunya lebih irit.
  • Yamalube Matic
Oli pelumas khusus Motor Matic Yamaha ini terdiri dua macam yaitu Yamalube matic oil dengan spesifikasi viskositas 20w-40 dengan Grade SJ dan Yamalube Power Matic Oil dengan grade SL yang memiliki viskositas 10w-40. Untuk harga oli ini sekitar Rp. 40.000an. Beberapa keunggulannya yaitu Memiliki at Molybdenum yang menjamin ketahanan komponen mesin motor matic mencapai 30persen dan ditamah zat additive untuk mobil dapat menaikan torsi sampai 10 persen sebab mesin menjadi lebih ringan.
  • AHM Oil MPX-2
Oli ini merupakan pelumas u=khusus untuk Motor Matic Honda. Oli ini mempunyai kekentalan 10w-30 yang kualitasnya cukup baik untuk motor matic. Untuk harga oli ini sekitar Rp. 35.000an. Beberapa keunggulannya diantaranya Mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 8 persen dibanding dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi (SAE 20W-40) selain itu juga dapat melumasi celah mesin yang paling sempit sekalipun dan menjada kestabilan gesejan antara komponen di dalam mesin sehingga kinerja mesin akan semakin ringan dan optimal.
  • Federal Flick
Pilihan merek oli terbaik untuk motor matic anda yaitu Federal Flick. Produk terbaru oli ini mempunyai kekentalan SAE 10W-40. oli ini tentunya juga sudah banyak digunakan untuk motor matic. Untuk harganya sekitar Rp. 35.000an. beberapa keungulannya diantaranya menjaga mesin tetap dingin dan tetap stabil untuk pemakaian jarak jauh.

Pilihan Merek Oli Terbaik Untuk Motor Matic ini direkomdasikan berbagai macam jenis merek motor matic seperti Yamaha Mio J, Yamaha Mio Soul, Yamaha Mio Sporty CW, Yamaha XEON, Yamaha Fino, Yamaha Nouvo, Honda Beat, Honda Vario, Honda Spacy, Honda Scoopy, Honda Revo Matic, Honda PCX, Suzuki NEXT, Suzuki Hayate 125, Suzuki Skydrive, Suzuki Skywave, Suzuki Spin Serta Vespa Piaggio Matic.

Demikianlah artikel tentang Pilihan merek oli terbaik untuk motor matic. semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya,
sekian dan terimakasih

Tags : rekomendasi oli terbaik matic, oli terbaik untuk motor matic honda beat, oli motor matic terbaik untuk vario, oli motor matic injeksi, oli matic terbaik untuk yamaha mio, oli motor matic honda beat fi, oli matic terbaik untuk vario 125, oli motor matic terbaik 2015 2016, harga oli motor matic

Subscribe to receive free email updates: