Teknik Cara Mengemudi/Membelokan Mobil di Tikungan Yang Benar Bagi Pemula

Selamat datang di blog sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan share artikel tentang Teknik Cara Mengemudi/Membelokan Mobil di Tikungan Yang Benar Bagi Pemula. Bagi yang sudah berpengalaman tentunya sudah tidak akan kesulitan lagi dalam hal membelokan mobil ditikungan 90derajat di gang besar maupun kecil. Tapi untuk para pemula mungkin akan menjadi tantangan karena masih bingung, takut mobilnya nabrak pembatas jalan dan ada yang rusak.


Perlu di ketahui bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur. Hal paling dasar adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok. Untuk teknik berbelok sendiri terbagi menjadi tiga yaitu dalam hal belok di gang besar, belok di gang kecil dan Belok di Jalan Raya. untuk para pemula jika menguasai ketiganya pastinya ketika belok di tikungan kita akan melewatinya dengan mudah.

Oke langsung saja untuk Teknik Cara Mengemudi/Membelokan Mobil di Tikungan Yang Benar Bagi Pemula silahkan simak uraian dibawah ini :
  • Belok di Gang Besar
Yang dinamakan gang besar adalah bila lebar jalan bisa dilalui oleh dua mobil ketika berpapasan.Nah,karena posisi kita jalan itu harus selalu di sebelah kiri maka ketika belok di gang besar pun kita wajib berada di sebelah kiri.Ketika kita berbelok agar posisi mobil tetap aman maka patokan belok di gang besar adalah setengah dari panjang bodi mobil di usahan sejajar dengan ujung gang yang mau kita lewati,baru setelah itu stang kemudi kita putar penuh 2x untuk mendapatkan belokan yang sempurna.Nyalakan dulu lampu sein sebelum berbelok.Jangan lupa ketika dalam proses belok kita juga pantau posisi mobil kita lewat kaca  spion untuk mengetahui apakah aman atau tidak.Untuk gang besar yang ramai bisa kita imbangi laju mobil dengan main kopling halus guna mendapatkan kecepatan yang aman ketika berbelok.Setelah melewati belokan,kembalikan posisi stir lurus 2x putaran dengan memperhatikan posisi mobil dengan jalan yang ada di depan.
  • Belok di Gang Kecil
kriteria gang kecil adalah jika lebar jalan itu cuma cukup di lalui satu mobil.Kalaupun ada sisa jalan cuma bisa di lewati motor.Itulah namanya gang kecil.patokannya adalah sejajarkan posisi kaca spion mobil ( kira-kira 1/4 panjang mobil ) dengan ujung gang yang mau di lewati kemudian putar stir penuh.Jangan lupa nyalakan lampu sein.Untuk berbelok ke kiri di gang kecil posisi mobil jangan terlalu mepet kiri melainkan harus serong dulu ke kanan agar mobil bisa masuk dengan aman.Untuk jalan mobil supaya bisa pelan kita gunakan permainan kopling sehalus mungkin sehingga mobil bisa dengan aman masuk ke gang kecil.Sekali lagi,pantau posisi mobil dengan melihat kaca spion ketika proses belok karena gang kecil lebih membutuhkan felling yang oke untuk posisi berbeloknya.
  • Belok di Jalan Raya
Cara belok mobil di jalan raya lebih mudah ketimbang belok gang.Rata-rata belokan di jalan raya memiliki sudut belok kurang dari 90 derajad maka dari itu untuk berbeloknya pun kita tidak boleh terlalu banyak memutar stir.Di sinilah felling kita terhadap stir akan sangat berpengaruh.Untuk belok di jalan raya kita sesuaikan stir kita dengan jalan yang di lewati.Jangan lupa sekali lagi di tekankan untuk melihat kaca spion dan nyalakn lampu sein sebelum berbelok.Kembalikan posisi stir ketika sudah melewati tikungannya.

Demikianlah artikel tentang Teknik Cara Mengemudi/Membelokan Mobil di Tikungan Yang Benar Bagi Pemula. semoga bermanfaat untuk anda. jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini.
Sekian dan terimakasih

Tags : cara mengemudi mobil di tikungan, cara mengemudi mobil manual di tikungan, cara belok mobil yang benar, teknik mengemudi mobil di tanjakan, cara belok mobil 90 derajat, teknik berbelok mobil, cara belok mobil bagi pemula, cara mengemudi mobil avanza

Subscribe to receive free email updates: