Cara Mudah Melepas dan Memasang Ban Motor Sendiri

Selamat datang sobat, Kali ini saya akan share artikel tentang Cara Mudah Melepas dan Memasang Ban Motor Sendiri. Mungkin selama ini mengganti ban motor dilakukan dibengkel yang diserahkan pada mekanik dan kita tinggal terima beres cukup membayar belasan ribu rupiah saja. Pernahkah anda berfikir tentang gimana jika mengganti an motor tersebut diakukan sendiri, tentunya akan menghemat belasan ribu tadi dan bisa dipakai untuk keperluan yang lain. Untuk yang pertama kali ingin melakukan pergantian mungkin beranggapan bahwa melepas dan memasang ban kembali itu sulit padahal gampang banget untuk dilakukan, untuk yang belom tau, sekaranglah saatnya anda tau dan bisa dengan menyimak artikel ini sampai habis.
Cara Mudah Melepas dan Memasang Ban Motor Sendiri
Ban Luar motor yang sudah gundul atau halus memanglah membuat was-was dan mengganggu ketengangan dalam berkendara, untuk itu diharuskan mengganti dengan yang baru demi keselamatan pengguna jalan lain juga. Anda bisa melihat daftar harga ban motor semua merek dan type => DISINI <=

Okelah langsung saja kita simak Cara Mudah Melepas dan Memasang Ban Motor Sendiri

Siapkan Alat dan Bahan :
  • Ban luar dengan ukuran sesuai spesifikasi roda depan sepeda motor Anda. Biasanya ukuran standar ban untuk motor bebek 70/90-17, motor sport 275-18 atau 275-17, dan motor matic 70/90-14 atau 80/90-14.
  • Kunci ring ukuran 12, 14, 17, 19, dan 22. Umumnya kunci ring untuk motor bebek 14, 17, dan 19 sedangkan motor sport 19 dan 22. Hindari menggunakan kunci pas karena berisiko merusak baut dan mur.
  • Sendok ban untuk melepaskan ban luar dari velg.
  • Kunci pentil untuk membuka pentil penutup ban.
  • Pompa untuk mengisi kembali tekanan angin pada ban.
  • Tang untuk mengambil pen pada as roda. Ingat, tidak semua as roda motor dilengkapi penahan berupa pen.
Langkah-langkahnya :
  1. Mulailah dengan memposisikan sepeda motor bertumpu pada standar tengah supaya proses pengerjaan penggantian ban lebih mudah dilakukan.
  2. Gunakan kunci ring yang sesuai untuk membuka mur dan baut as pada roda bagian depan. Setelah itu, tarik roda serong ke arah bawah untuk melepaskannya.
  3. Buka pentil ban untuk mengeluarkan tekanan angin di dalam ban sampai kempes. Dengan demikian proses pengcongkelan ban bisa lebih gampang dikerjakan.
  4. Lepaskan ban luar dengan mencungkilnya memakai sendok ban. Kemudian tarik ban luarnya secara perlahan-lahan hingga terlepas semuanya.
  5. Berikutnya Anda bisa melepaskan ban luar dari velg. Sebagai tips agar velg tidak lecet, berikan alas pada velg tersebut berupa kain atau karet ban.
  6. Sebelum memasang ban luar yang baru ke velg, Anda bisa mengusapkan air sabun pada bagian hill-nya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pemasangan ban luar pada velg.
  7. Begitupun dengan ban dalam, sebelum dimasukkan ke dalam rongga ban luar, Anda perlu menaburkan bedak terlebih dahulu. Tujuannya agar ban dalam ini tidak lengket dengan ban luarnya.
  8. Setelah itu ban luar baru yang sudah terisi ban dalam ini dipasang kembali ke velg motor sesuai posisinya yang tepat. Lakukan dengan hati-hati. Jangan sampai sendok ban melukai ban dalam sehingga menimbulkan kebocoran.
  9. Setelah pemasangan ban ke velg bers, kini saatnya mengisinya dengan angin. Perlu diketahui, standar tekanan angin pada ban motor berkisar antara 28-30 psi.
  10. Pasang kembali roda depan ke posisinya semula. Pererat ikatannya dengan memasang mur dan baut. Cek sekali untuk memastikan ikatannya sudah kencang.
  11. Sekarang saatnya melakukan tes drive.
Gimana sobat tentunya sudah paham dengan Tutorial melepas dan memasang ban diatas, sekarang saatnya anda praktek.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Melepas dan Memasang Ban Motor Sendiri. semoga bermanfaat untuk anda. jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dan terimakasih

Tags : cara melepas dan memasang ban mobil, cara memasang dan melepas softlens, cara memasang dan melepas soflen, cara memasang ban tubeless sepeda motor luar dan dalam, cara melepas ban tubeless motor, cara pasang ban tubeless sendiri, tata cara dan tutorial mengganti ban, cara memasang ban tubeless di velg jari jari, cara bongkar pasang ban tubeless

Subscribe to receive free email updates: