Tips Mencegah Knalpot Berkerak, Jika sudah Berkerak Begini cara Menghilangkannya

Selamat datang kembali di blog sederhana ini sobat
Kali ini saya akan membahas tentang knalpot yaitu Tips Mencegah Knalpot Berkerak, Jika sudah Berkerak Begini cara Menghilangkannya, sering sekali saya melihat motor dijalanan maupun diparkiran yang pipa knalpot motornya menguning bahkan sampai ada yang berkerak membandel, sangat tidak nyaman sekali dilihatnya, motor keren kok punya penyakit kuningan hahahaa


Untuk itu saya akan coba bahas artikel tentang Mencegah Knalpot Berkerak dan cara Menghilangkannya, semoga saja bisa bermanfaat dan bisa langsung dipraktekan.
Langsung saja untuk yang pertama kita bahas dulu tips cara mencegah knalpot berkerak, Sebenarnya bisa saja Anda mencegah knalpot motor dari berkarat. Kuncinya ialah Anda harus merawatnya sepenuh hati dan dengan kesungguhan. Berikut ini tips tipsnya :
  • Bilas Motor Setiap Kali Habis Kehujanan
Penyebab utama knalpot karatan adalah air hujan. Kendaraan yang sering tersiram air hujan berpotensi besar mudah mengalami korosi. Oleh sebab itu, setiap kali motor kehujanan, maka Anda wajib membilas dengan air bersih dan mengelapnya hingga kering. Hal ini bisa mencegah knalpot motor Anda berkarat.
  • Olesi Knalpot dengan Oli
Jika knalpot sudah terlanjur menguning, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan oli secara berkala. Aplikasikan oli tersebut di sepanjang bagian knalpot, termasuk lehernya. Tunggu selama 5-10 menit agar oli meresap ke pori-pori knalpot. Setelah itu, nyalakan mesin motor sehingga oli menguap.


Nah mungkin itu saja untuk tips mencegah knalpot menguning dan berkerak, untuk selanjutnya Jika sudah terlanjur Berkerak, simak yang berikut ini untuk cara Menghilangkannya :

Siapkan Alat dan Bahan :
  • Pasta gigi
  • Pelumas oli
  • Cat antikarat
  • Air
  • Sikat gigi
  • Kuas ukuran kecil
  • Kain lap
Dan Berikut Langkah-langkahnya :
  1. Posisikan motor bertumpu pada standar tengah sehingga memudahkan kita untuk membersihkannya.
  2. Pembersihan tahap pertama dilakukan dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi bekas. Caranya yaitu oleskan pasta ke sikat gigi lalu usapkan pada eksterior knalpot. Sikatkan pasta gigi ini di sepanjang bagian knalpot, termasuk lehernya. Biarkan beberapa saat agar sikat gigi bereaksi mengangkat karat secara perlahan-lahan.
  3. Bilas knalpot dengan air bersih untuk menghilangkan busa pasta gigi dan kotoran yang menempel. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai air tersebut masuk ke lubang knalpot. Setelah itu, seka knalpot yang masih basah tersebut dengan kain lap agar cepat mengering.
  4. Pembersihan tahap kedua adalah dengan memakai pelumas oli. Caranya sangat mudah, kuaskan oli bekas ini di sepanjang bagian luar knalpot termasuk di lehernya. Boleh juga meneteskan beberapa sendok oli ke dalam lubang knalpot untuk melumasi bagian ini agar terhindar dari kerak. Diamkan beberapa saat agar oli terserap ke dalam pori-pori knalpot. Selepas itu, nyalakan mesin sepeda motor selama 2-5 menit untuk membuang sisa oli yang menempel. Jangan terkejut saat melihat knalpot berasap, sebab ini lumrah sebagai pertanda oli mengalami penguapan.
  5. Pada percobaan pertama, mungkin anda tidak akan melihat hasil yang signifikan karena metode ini memang bertujuan mengikis karat secara perlahan-lahan dan aman. Oleh karena itu, kerjakanlah petunjuk ini secara rutin setiap hari selama kurang lebih seminggu dan perhatikan hasilnya.
  6. Ketika semua karat yang menempel di knalpot sudah terkelupas semuanya, anda bisa memoles knalpot tersebut kembali dengan menggunakan cat antikarat sehingga terlindungi. Selalu teliti dan berhati-hati saat mengaplikasikan cat ini agar tidak mengotori komponen lain dan merusak keindahan sepeda motor secara keseluruhan.
Nah Oke sob Demikianlah artikel tentang Tips Mencegah Knalpot Berkerak, Jika sudah Berkerak Begini cara Menghilangkannya, Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semuanya dan bisa menambah ilmu dan wawasan, Sekian dulu dari saya sampai jumpa di artikel selanjutnya
== Baca Juga Dibawah Ini ==

Subscribe to receive free email updates: