Inilah Ciri-ciri dan Gejala Kampas Kopling Habis Pada Motor, Wajib Kamu Ketahui !!
assalamualaikum sobat semua
Kali ini saya akan bahas artikel mengenai kampas kopling, lebih tepatnya membahas tentang ciri-ciri kampas kopling motor aus atau habis.
nah tentunya semuanya sudah pada tau ya kalau sparepart motor itu memilki masa usia pakai seperti halnya kampas kopling ini.untuk itu kita harus bisa mengetahui ciri-ciri kampas kopling sudah aus tersebut.
Kampas kopling itu berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi. Sebesar apapun tenaga mesin yang ada pada motor atau mobil, bila kampas kompling habis tentunya tidak bisa bekerja secara maksimal alias tidak ada tenaga yang disalurkan lagi. Bila kinerja sudah mulai menurun , tentunya transfer ke roda atau berkurang.
Kopling sendiri mengatur gaya putar/torsi dari mesin ke transmisi perseneling, jika pedal pada kopling ditekan tidak ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen yang lain dari transmisi perseneling . Jika pedal kopling di lepas maka gaya putar/torsi dari mesin di tranfer oleh transmisi perseneling ke roda penggerak.
Dalam kondisi normal , kampas kopling itu hibis di kisaran jarak tempuh sampai 20.000 KM , bila sudah tercapai angkat tersebut tentunya anda harus menggantinya .Jika sudah muncul ciri ciri kampas kompling habis maka anda wajib menggantinya agar resiko tingkat keausan tidak merembet ke rumah kopling atau tutup kopling.
Cara mendeteksi kampas kopling sudah habis ada banyak cara. Ciri-ciri kampas kopling habis bisa dengan mudah dirasakan. Berikut gejala jika kampas kopling habis:
Nah itulah beberapa tips dan cara untuk mengenali ciri ciri dan juga gejala kompas kopling habis
Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya
Sekian dan Terima kasih
Tags: penyebab kampas kopling cepat habis, ciri kopling selip, tanda kampas kopling habis pada motor, umur kampas kopling motor, ganti kampas kopling, pengaruh kampas kopling, harga kampas kopling, kampas kopling motor
Kali ini saya akan bahas artikel mengenai kampas kopling, lebih tepatnya membahas tentang ciri-ciri kampas kopling motor aus atau habis.
nah tentunya semuanya sudah pada tau ya kalau sparepart motor itu memilki masa usia pakai seperti halnya kampas kopling ini.untuk itu kita harus bisa mengetahui ciri-ciri kampas kopling sudah aus tersebut.
Kampas kopling itu berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi. Sebesar apapun tenaga mesin yang ada pada motor atau mobil, bila kampas kompling habis tentunya tidak bisa bekerja secara maksimal alias tidak ada tenaga yang disalurkan lagi. Bila kinerja sudah mulai menurun , tentunya transfer ke roda atau berkurang.
Kopling sendiri mengatur gaya putar/torsi dari mesin ke transmisi perseneling, jika pedal pada kopling ditekan tidak ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen yang lain dari transmisi perseneling . Jika pedal kopling di lepas maka gaya putar/torsi dari mesin di tranfer oleh transmisi perseneling ke roda penggerak.
Dalam kondisi normal , kampas kopling itu hibis di kisaran jarak tempuh sampai 20.000 KM , bila sudah tercapai angkat tersebut tentunya anda harus menggantinya .Jika sudah muncul ciri ciri kampas kompling habis maka anda wajib menggantinya agar resiko tingkat keausan tidak merembet ke rumah kopling atau tutup kopling.
Cara mendeteksi kampas kopling sudah habis ada banyak cara. Ciri-ciri kampas kopling habis bisa dengan mudah dirasakan. Berikut gejala jika kampas kopling habis:
- Akselerasi mesin lemah
- Selip kopling
- Starter ringan atau ngelos
- Putaran mesin tinggi
- Perpindahan gigi perseneling
- Tenaga mesin berkurang
- Lepas kopling
Nah itulah beberapa tips dan cara untuk mengenali ciri ciri dan juga gejala kompas kopling habis
Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya
Sekian dan Terima kasih
Tags: penyebab kampas kopling cepat habis, ciri kopling selip, tanda kampas kopling habis pada motor, umur kampas kopling motor, ganti kampas kopling, pengaruh kampas kopling, harga kampas kopling, kampas kopling motor