Kelebihan dan Harga Motor RX King, Si Klasik yang Masih Gesit!

Motor RX King - Inovasi dan perkembangan teknologi dalam dunia otomotif memang sangat pesat, hal tersebut pula yang mengakibatkan pasar kendaraan bermotor kian dipenuhi oleh berbagai macam varian motor baru dari bermacam pabrikan.

Meski demikian, hal tersebut tak lantas menghempaskan motor-motor klasik atau keluaran lama dari persaingan begitu saja dari, salah satu contohnya motor RX King. Motor besutan Yamaha ini memang masih banyak diminati baik oleh pecinta Yamaha ataupun kalangan yang menginginkan performa mantapnya.
Gambar Motor RX King
Motor RX King bisa dibilang merupakan salah satu motor Yamaha terpopuler di masanya. Bukan tak beralasan, motor yang memiliki mesin berkapasitas 135cc ini memang tergolong memiliki masa produksi yang lumayan panjang dengan banyaknya minat konsumen saat itu.

Dengan produksi awal tahun 1980’an hingga varian terakhir pada tahun 2009, RX King bisa dibilang sukses di pasaran dalam kurun waktu 25 tahun. Bahkan hingga pasca dihentikannya produksi, antusiasme masyarakat tak hilang begitu saja.

Poin Lebih Yang Dimiliki Yamaha RX King

Meski motor ini bukan terbilang motor pabrikan baru, desain yang dimiliki oleh RX King ini tampil begitu elegan dan sporty. Body yang ramping juga mempermudah motor untuk digunakan bermanuver ke sela-sela padatnya jalanan masa kini, terutama di daerah perkotaan.
Selain desain yang masih sesuai dengan kesan sporty masa kini, performa yang disuguhkan oleh RK King lumayan mantap bertenaga. Dapur pacunya sendiri didukung oleh mesin bersilinder 132cc tipe 2 stroke yang memiliki sistem pendingin udara.

Tidak hanya itu, spesifikasi mesin dengan performa gesit tersebut dipadukan dengan karburator VM 26x1 Mikuni yang makin menambah identitas motor sebagai raja jalanan pada masanya.
Poin lebih terakhir yang pasti telah terbukti yakni kualitas yang dimiliki oleh motor klasik RX King. Jika melihat tahun produksi hingga eksistensinya sampai saat ini, motor Yamaha tersebut tentu tergolong bandel, bahkan banyak yang menggunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Bagusnya kualitas yang dimiliki oleh RX King membuat para penggemar setianya untuk melakukan berbagai modifikasi supaya motor lawas ini bisa tampil lebih fresh dan keren.

Harga di Pasaran

Walaupun motor ini sudah secara resmi dihentikan produksinya semenjak beberapa tahun silam, namun harga yang pasaran masih sangat lumayan untuk varian Yamaha RX keluaran tahun terbaru. Jadi harga tak hanya bergantung pada kondisi motor namun juga tahun rilisnya.
Varian motor yang paling tua sendiri merupakan varian yang diluncurkan pada tahun 1980an, yang saat ini harganya telah jauh merosot dikisaran 2,5 hingga 3,1 jutaan. Varian penerusnya yang dirilis pada tahun 1990 – 1994 atau yang akrab dikenal dengan nama motor RX King Monster masih bertahan di angka 3,4 hingga 4,7 jutaan karena memiliki performa yang lebih baik dari varian pendahulunya.
Pada tahun 1995, generasi penerus RX King selanjutnya dirilis dengan sebutan RX King Cobra yang memiliki harga jual berkisar di angka 4 hingga 8 jutaan. Untuk generasi selanjutnya setelah penerus RX King Cobra, dewi fortuna nampaknya tak begitu berpihak pada motor varian ini.

Dikenal dengan RX King 2004, penerus RX King Cobra ini malah kurang begitu diminati karena tampilan yang kurang maksimal dan hanya berkisar di angka 4 jutaan.

Pencapaian pada catatan penjualan yang tak terlalu bagus kembali diikuti oleh generasi selanjutnya, RX King 2007. Namun hal baiknya, motor varian ini masih memiliki nilai jualnya masih berada di kisaran 7 jutaan. Terakhir, ada generasi motor RX King 2009 yang hingga kini masih jadi idola diantara varian lainnya dengan harga 10 hingga 12 jutaan.

***

Bagaimana? Anda juga tertarik ingin memiliki koleksi motor RX King juga? Atau ingin nambah yang sudah ada?

Simak juga yuk:  Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha X Ride

Subscribe to receive free email updates: