10 Tips dan Cara Merawat AC Mobil, serta Penyebab Bau Tidak Sedap dan Tidak Dingin

Cara Merawat AC mobil - Mobil saat ini bisa dibilang sebagai kendaraan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita. Mengingat wilayah kita yang luas, jarak tempat kerja yang jauh, membawa banyak anggota keluarga atau untuk keperluan lainnya.

Saat kita bepergian, Air Conditioner atau disingkat AC menjadi hal yang cukup dibutuhkan bahkan bisa dibilang sangat dibutuhkan, apalagi kalau kita bepergian pada siang hari dengan cuaca yang sangat terik, ditambah lagi dengan kondisi jalanan yang penuh dengan debu dan polusi, maka menyalakan AC adalah menjadi hal yang mutlak.

AC berperan sangat penting untuk mengatur suhu kabin mobil agar terusdingin. Dengan terus digunakannya AC, maka lama kelamaan akan mengakibatkan komponen-komponennya menjadi kotor bahkan sampai rusak.

Ilustrasi: Tips dan Cara Merawat AC Mobil

AC sendiri termasuk perlengkapan mobil yang mahal service, apalagi kalau sudah dibawa kebengkel, bisa di atas Rp. 500.000 sampai jutaan. Padahal jika kita melakukan perawatan sendiri, biaya yang kita keluarkan tidak banyak, bahkan gratis dan AC kita jadi lebih awet. 

Maka dari itu, kali ini Seputar Satria akan berbagi tips dan cara merawat AC mobil agar tetap awet dan dapat berfungsi dengan baik. Salah satu cara merawat AC mobil yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan kabin mobil anda dari debu dan kotoran karena debu dan kotoran yang ada di kabin mobil akan mengakibatkan AC juga menjadi kotor.

Namun, sebelum kita bahas lebih lengkap mengenai cara merawat AC mobil, ada baiknya kalau kita simak terlebih dahulu masalah-masalah umum yang sering diderita oleh komponen AC mobil. Masalah yang pertama biasanya adalah AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga anda kurang nyaman saat berada di kabin. Masalah pada komponen AC mobil ini tentu akan menjadi masalah bagi penumpang mobil anda, bahkan dapat mengakibatkan pusing anda dan penumpang lainnya.

Selain bau tidak sedap, masalah yang juga sering terjadi pada AC mobil adalah AC mobil kurang dingin. Sehingga meskipun AC mobil anda sudah nyala anda tetap saja merasa dingin. Nah, berikut ini beberapa penyebab masalah AC mobil tersebut, baik kurang dingin atau kenapa AC bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Simak berikut ini:

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Berikut ini beberapa penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap yang harus anda hindari:
  • Penyebab pertama AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap adalah karena anda menggunakan pengharum mobil yang tidak tepat dan berkualitas rendah. Pengharum mobil yang asal-asalan tersebut biasanya memiliki kualitas bahan yang rendah sehingga seringkali dapat membuat kotor bagian evaporator mobil anda sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Selanjutnya, kebiasaan membuka jendela mobil saat berkendara juga dapat menyebabkan bau tidak sedap. Debu dan kotoran dari luar sangat mudah sekali masuk ke dalam mobil ataupun rongga-rongga komponen AC mobil anda melalui udara yang terhembus.
  • Penyebab bau tidak sedap selanjutnya adalah karena aroma sepatu ataupun sandal ke dalam mobil, karena kotoran dan debu dari sepatu ataupun sandal biasanya akan menempel pada mobil dan dalam waktu yang lama dapat merusak komponen AC anda.
  • Ini yang terakhir, yaitu asap rokok. Usahakan untuk tidak merokok selama berkendara atau saat di dalam mobil anda. Kandungan nikotin pada rokok akan menempel pada evaporator dan seiring waktu jika kebiasaan anda sering dilakukan nikotin dalam evaporator tersebut akan menjadi berlendir.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin 

Berikut ini beberapa penyebab AC mobil tidak yang harus anda ketahui:
  • Penyebab pertama AC mobil tidak dingin yang pertama adalah karenakan memang usia AC itu sendiri. Tterdapat komponen pada AC seperti selang ataupun pipa yang sudah termakan usia, atau bisa juga karena kondisi kurang baik atau bukan asli sehingga tidak pas.
  • Selanjutnya, AC tidak dingin juga dapat disebabkan oleh evaporator ataupun kondensor mengalami kerusakan baik itu dikarenakan usia atau terdapat benda atau kotoran yang menghinggap pada kedua komponen AC mobil tersebut, sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.
  • Penyebab AC tidak dingin yang ketiga adalah karena adanya kerusakan pada komponen kompresor. Gejala dari kerusakan kompresor ini biasanya mengeluarkan bunyi-bunyi dari ruang mesin dan AC mobil menjadi tidak dingin.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin


Nah, setelah kita mengetahui beberapa penyebab masalah AC di atas, ada baiknya kalau kita segera menghindarinya agar masalah AC tidak semakin berlarut-larut. Kali ini mari kita kupas tuntas bagaimana cara merawat AC mobil yang benar agar tetap dingin, terhindar dari bau tidak sedap dan lebih panjang umurnya, simak selengkapnya:
  1. Seperti sudah disebutkan di atas, cara merawat AC mobil yang harus kita lakukan pertama kali adalah  Cara merawat AC mobil yang pertama adalah dengan rutin membersihkan kabin anda dari kotoran dan debu yang menghinggap. Seperti pada karpet yang biasanya terdapat kumpulan debu kotoran yang banyak karena sepatu atau sandal yang kotor.
  2. Yang tidak kalah penting lagi adalah, usahakan untuk tidak membuka jendela anda saat berkendara, karena debu dan kotoran sangat mudah sekali masuk ke dalam kabin mobil anda melalui udara.
  3. Cara merawat AC mobil selanjutnya yaitu jangan merokok saat berkendara, untuk menghindari nikotin yang bisa menghinggap pada evaporator mobil anda.
  4. Tips perawatan AC mobil yang juga tidak kalah penting adalah, pastikan AC mobil pada posisi mati saat menghidupkan mobil dan tunggu sampai kerja mesin mobil anda stabil baru menghidupkan AC.
  5. Tips perawatan AC mobil selanjutnya adalah jangan lupa untuk membersihkan kondensor mobil anda dari kotoran dan debu yang menempel pada saat mencuci, karena jika dibiarkan akan menyebabkan korosi dan kebocoran.
  6. Carilah tempat yang teduh saat memarkirkan kendaraan anda agar mesin mobil anda tidak kepanasan. Kondisi mesin mobil anda hidupkan saat kondisi panas akan menyebabkan mesin mobil cepat rusak.
  7. Kalau bisa, pasang filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran yang menghinggap.
  8. Perlu juga diperhatikan saat anda membersihkan mobil, bersihkan juga filter kabin secara rutin dengan cara disemprot dengan angin atau vacuum, jika sudah terlalu kotor maka sebaiknya ganti dengan yang baru.
  9. Khusus untuk mobil yang menggunakan extra fan, maka anda harus selalu cek extra fan atau kipas kondensor. Extra fan ini berfungsi untuk membuang panas kondensor disaat AC mobil dinyalakan. Namun jika mobil tidak menggunakan extra fan seperti mobil Vioz, Avanza, dan Xenia maka periksa kipas radiator berputar saat ac mobil anda hidup. Kipas radiator ini juga memiliki fungsi sama dengan kipas radiator.
  1. Cara merawat AC mobil yang terakhir adalah hindari menggunakan sirkulasi udara dari luar, karena udara dari luar biasanya mengandung debu dan kotoran.
Demikianlah beberapa cara merawat AC mobil yang benar dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi ya. Baca juga 5 Cara dan Tips Merawat Radiator Agar Tetap Awet

Subscribe to receive free email updates: