Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Belakang Kurang Pakem

Selamat datang sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan share Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Belakang Kurang Pakem. Rem merupakan komponen penting pada suatu kendaraan, jika rem tersebut bermasalah atau blong tentunya sangat berbahaya dan bisa menjadi pemicu kecelakaan, jadi harus benar-benar diperhatikan dan dirawat pada komponen ini. Banyak yang mengeluhkan kalau rem belakangnya kurang pakem, kebanyak yang terjadi pada rem motor yang menggunakan rem tromol hal itu biasanya yang menjadi penyebab adalah kampas remnya sudah mulai aus atau kemakan usia, sebaiknya dicek terlebih dahulu.

Ada juga yang menyebabkan Rem belakang kurang pakem ini dikarenakan memodifikasi step dengan memakai step underbone, Hal ini juga sering dikeluhkan para modiffer. Untuk cara memperbaikinya gampang-gampang susah, tetapi jika anda mengikuti panduan yang saya berikan ini insyalloh akan terasa mudah.

Langsung saja inilah Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Belakang Kurang Pakem
Cara Pertama
Ganti pirodo atau kanpas rem dengan yang baru dan usahakan ganti menggunakan yang berkualitas bagus atau original.
Cara Kedua
  • Jika kanpas rem masih tebal dan anda tak mau menggantinya, amplas bagian yang kerasnya. biasanya bagian luar yang bersentuhan dengan tromol mengeras dan akan licin. amplas menggunakan amplas kasar sampai menyerupai bidang kanpas baru.
  • Bersihkan tromol dari kotoran dan oli serta grease atau stempet yang bisanya muncrat dari laher atau oil sil jika pada matic.
  • Anda juga bisa coba amplas tromol agar bidang tidak terlalu licin.
Cara Ketiga
  • Anda bisa modifikasi tuas rem pada tromol dengan memanjangkanya atau mengganti dengan persamaan dari motor lain yang lebih panjang.
  • Jika anda menggunbakan step underbone, maka bagian depan harus lebih panjang dari bagian belakang. jika kurang pakem bisa memanjangkan bagian depan atau memendekan bagian belakang. anda tentu masih ingat dengan sistem pengungkit. lihat gambar dibawah, jika bidang T-A lebih panjang dari T-B, maka semakin panjang tuas T-A maka akan semakin ringan beban  ( W ) diangkat. maka untuk memperingan bisa ditempuh dengan memangjangkan tuas dari T-A atau memendekan T-B. apa kaitanya dengan rem kurang pakem, jika rem kurang pakem pada step underbone atau modifikasi, kemungkinan kurangnya tenaga untuk menarik tuas rem belakang.
Cara Keempat
Coba oleskan sabun colek ( yang berwarna biru) pada kanfas rem dan tromolnya. sedikit saja jangan terlalu tebal. saya mencobanya dan ternyata hasilnya rem motor saya menjadi pakem.

Nah itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Motor Tromol Belakang Kurang Pakem. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, Jangan lupa untuk baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di log ini
Sekian dan terimakasih

Tags : penyebab rem tromol tidak pakem, kampas rem tromol yang bagus, cara membuat rem motor pakem, mengatasi rem tromol kurang pakem, rem tromol motor bunyi, rem cakram belakang motor tidak pakem, harga kampas rem tromol motor, cara menyetel rem tromol belakang motor

Subscribe to receive free email updates: