Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Motor brebet Saat di Gas Besar atau RPM Atas

Selamat datang sobat. Masih bersama blog sederhana ini yang selalu berbagi tips dan informasi dalam dunia otomotif, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Penyebab dan Cara Mengatasi Motor brebet Saat di Gas Besar atau Putaran Atas. Nah ini ni yang sering dialami dan dikeluhkan oleh para pengguna motor di Indonesia tercinta yaitu motor mengalami brebet atau tersendat saat mesin di gas besar, Biasanya sih hal ini terjadi pada motor yang jarang di servis tetapi pemilik motor tersebut menginginkan kendaraan tetap melaju kencang dan performa terbaik sepanjang masa, ya gak ada ceritanya lah hahaa.
Oke sob kita mulai serius, Jika motor anda mengalami brebet saat gas ditarik ini biasanya yang menjadi penyebabnya adalah pada komponen karburator, selain karburator juga berasal dari komponen pengapian sob, biasanya busi dan Pulser yang kotor atau terkena air, Untuk itu harus cek satu persatu ya sob.

Kalau menurut pengalaman saya pribadi motor brebet saat digas ini diakibatkan oleh karburator yang terisi air, kalau gas dalam posisi langsam atau rpm rendah sih normal, tetapi ketika di gas sampek rpm tinggi malah brebet. Jika hal ini terjadi saat perjalanan boleh dicoba nih tips dari saya yaitu dengan membekap moncong karburator sambil mainkan gas. mudah-mudahan kembali normal dan anda bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman, dan biasakan kalau berpergian itu harus membawa peralatan kunci obeng dll ya sob.

Atau Jika anda dalam posisi dirumah bisa lakukan langkah-langkah Cara Mengatasi Motor brebet Saat di Gas Besar atau Putaran Atas berikut ini :
  1. Yang pertama cek dulu busi dan bersihkan
  2. Kemudian buang bensin di karburator, bisa anda lakukan tanpa membongkar karburator atau bisa lewat baut pembuangan yang di bagian bawah karburator menggunakan obeng.
  3. Pastikan bensin benar-benar habis yang di mangkuk karburator
  4. Setelah itu pasang kembali dan dalam kontak posisi off coba engkol atau kick starter 6 kali
  5. Setelah itu On kan kontak dan kick starter lagi, jika mesin hidup langsung mainkan gas pelan-pelan sampai rpm tinggi.
  6. Semoga kembali normal
Atau bisa juga lakukan mengganti busi dengan yang baru, bisa jadi busi udah mau mati. dan coba anda cek juga kabel setrum koil. socket yang longgar juga kerap mejadi masalah brebet di putaran atas. jika masih juga brebet, mending bawa ke bengkel untuk memeriksa CDI dan komponen pengapian lainnya. atau juga membongkar karburator untuk dibersihkan secara total.

dan Jika ditemukan air dalam karburator, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan tangki bahan bakar. jika ditemukan tangki bahan bakar kemasukan air maka saran saya kuras juga tangki bahan bakar agar air tidak masuk ke karburator lagi.

Nah itulah sob ulasan kali ini tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Motor brebet Saat di Gas Besar atau Putaran Atas. semoga bermanfaat untuk anda. jangan lupa ya untuk baca-baca artikel lainnya di blog ini
Sekian dan terimakasih

Tags : penyebab motor brebet pada putaran tinggi, motor di gas mati kenapa, motor gas tinggi brebet, penyebab motor brebet di putaran tengah, penyebab motor tersendat sendat, penyebab motor brebet saat mesin panas, motor mio brebet di putaran atas, motor mati saat gas di tarik

Subscribe to receive free email updates: