Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Ban Mobil Habis Sebelah atau Tidak Rata

Selamat datang sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Penyebab dan Cara Memperbaiki Ban Mobil Habis Sebelah atau Tidak Rata. Kok bisa Habisnya cuma sebelah atau tidak rata? Mari kita telusuri... Ban yang habisnya tidak rata atau juga gundul sebelah atau juga habis sebelah. habis sebelah disini adalah bukan sebelah kanan atau kiri, namun habis di satu sisi pada sebuah ban. Sehrusnya kalau normal ban tersebut habisnya rata bukan cuma sebelah.
Setelah ditelusuri Habisnya ban luar cuma sebelah ini terjadi dikarenakan posisi ban tidak lurus ( kelurusan secara vertical ) atau miring. karena dengan ban yang miring, maka permukaan ban yang menempel di aspal itu tidak merata. alias ada yang menempel dan ada yang tidak karena miring itu tadi. nah apa yang menyebabkan ban bisa miring, nah cari tahu disini karena dari situlah penyebab ban habis sebelah.

Oleh karena itu sebaiknya harus segera dicek komponen kaki-kaki mobil pada Ball joint atau Bos Sayap. atau juga kemungkinan Tie rod atau Rack end yang aus dan oblak atau kurang lurus dalam penyetelan spooring. Nah untuk itu jangan biarkan kondisi ini karena disamping yang akan habis sebelah, umur pakai dari ban juga akan pendek alias cepet gundul.

Menurut saya itulah yang menjadi Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah atau Tidak Rata, untuk selanjutnya Langsun saja kita simak Cara Memperbaiki Ban Mobil Habis Sebelah atau Tidak Rata, perhatikan langkah-langkah berikut ini :
  1. dongkrak mobil anda sampai ban menggantung, posisi mendongkrak jangan dari sayap tapi dari chasis.
  2. kemudian goyangkan ban kanan kiri dan atas bawah
  3. jika ada yang oblak segera periksa. apa yang oblak. bagian yang oblak pada Kaki mobil baik itu ball joint, Tie rod dan bos sayap bisa membuat keselarasan roda kanan dan kiri berubah.
  4. Setelah anda periksa semua bagian yang oblak pada kaki-kaki mobil anda, kemudian dalam posisi ban tidak didongkrak lihat posisi berdirinya ban. apakah lurus atau miring
  5. jika miring biasanya ball joint aus atau oblak namun jika anda sudah menggantinya kemungkinan dari sayap. untuk beberapa jenis mobil seperti kijang ada setelan di baut sayap yang bisa digeser.
  6. Jika sudah tegak lurus, maka anda tinggal menyelaraskan kembali roda kanan dan kiri.
  7. Jika ban susah untuk dalam kondisi lurus terpaksa harus dilakukan spooring, nah untuk melakukan pengerjaan yang satu ini tentu untuk mendapatkan hasil yang akurat anda harus membawanya ke bengkel khusus Spooring. namun jika anda jauh dari bengkel Spooring dan Balancing.
  8. Jika mau spooring sendiri pengerjaanya hanya menggunakan kunci untuk mengendurkan mur pengunci batang terot dan untuk pengukuran bisa menggunakan meteran dan benag kasur yang biasa dipakai untuk bangunan. caranya mudah dan hasil yang didapat juga bisa memuaskan. namun tetap hasil yang lebih akurat tentunya menggunakan alat khusus seperti apada bengkel spooring yang sudah menggunakan mesin canggih.
Demikianlah artikel Penyebab dan Cara Memperbaiki Ban Mobil Habis Sebelah atau Tidak Rata. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini.
Sekian dan terimakasih

Tags : penyebab ban mobil habis sebelah, kenapa ban mobil habis sebelah, penyebab ban mobil habis sebelah luar, penyebab ban mobil habis sebelah dalam, ban depan mobil habis sebelah, penyebab ban belakang mobil habis sebelah, ban belakang mobil habis sebelah, penyebab ban motor habis sebelah

Subscribe to receive free email updates: