Inilah Ciri-Ciri dan Penyebab Stang Seher Motor Rusak Oblak Aus

Selamat datang sobat, kali ini saya akan share artikel tentang Ciri-Ciri dan Penyebab Stang Seher Motor Rusak Oblak Aus. Stang seher adalah komponen mesin yang meneruskan tenaga gerak dari piston ke poros engkol, atau sebaliknya saat distarter. Piston menerima ledakan dari pembakaran dan mendorong stang seher untuk memutar poros engkol. Sedang di saat starter, poros engkol yang menggerakkan stang seher, agar piston bisa naik - turun. Lalu, bagaimana cara mengetahui stang seher telah aus atau tidak? Bagaimana ciri-cirinya? nah, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap.

Ciri-Ciri dan Penyebab Stang Seher Motor Rusak Oblak Aus
Untuk yang Pertama kita Bahas dulu Ciri-Ciri atau Cara Mengetahui Stang Seher Motor Rusak Oblak Aus
  • Ketika mesin dalam keadaan langsam mesin akan mengeluarkan bunyi yang asing dari bagian mesin tengah seperti (Bluk bluk bluk) itu tandanya komponen stang seher sudah aus.
  • getaran mesin lebih terasa daripada biasanya. bisa dilihat pada getaran spion pada motor keadaan langsam
  • Getaran dari stang seher sudah sangat terasa sekali. Biasanya belum sampai putaran 6000rpm, dari mesin sudah terasa getaran yang sangat kuat.
Nah mungkin dengan memahami ciri-ciri diatas kita sudah bisa mengetahui Stang Seher Motor Rusak Oblak Aus. Lalu untuk selanjutnya kita bahas hal-hal yang Menyebabkan Stang Seher Motor kok cepet Rusak Oblak Aus, mari kita simak dibawah ini.
  • Memacu motor di lintasan berat secara terus menerus
Memacu sepeda motor di lintasan yang ekstrim–terutama dengan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat–dengan permukaan lintasan yang terjal membutuhkan putaran mesin yang tinggi. Bahkan, pengendara lupa atau tidak sempat memindah posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah
  • Kruk as oblak
Entak demi entakan keras saat pengendara menarik tuas dengan tiba-tiba dan melepasnya lagi, menjadikan kruk as seperti ditarik dan entak dengan kuat dan tiba-tiba. Akibatnya kruk as goyang atau oblak. Bila kruk as oblak maka lama-kelamaan setang seher juga akan ikut oblak. Jika dibiarkan, setang akan rusak.
  • Kualitas oli jelek
Oli yang berkualitas jelek–misalnya palsu atau spesifikasinya tidak sesuai dengan motor–menyebabkan pelumasan tidak sempurna. Bila itu terjadi maka gerak sempurna atau oblak dan cenderung menjadikan silinder aus atau terluka. Kerusakan pada silinder menjadikan gerakan piston semakin tidak sempurna atau semakin oblak. Kondisi tersebut berpengaruh pada setang seher.
  • Bore up mesin
Bore up mesin yang tidak tepat, melakukan bore up mesin untuk meningkatkan kompresi mesin agar pembakaran lebih sempurna. Alhasil, tenaga yang disemburkan mesin pun berlipat. Namun, bila tidak cermat, cara ini justru menimbulkan masalah baru, yaitu setang seher yang rusak.

Demikianlah artikel tentang Ciri-Ciri dan Penyebab Stang Seher Motor Rusak Oblak Aus. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk anda. jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini.
Sekian dan terimakasih

Tags : gambar stang seher rusak, setang seher rusak, harga stang seher, stang seher oblak kiri kanan, akibat stang seher rusak, cara mengetahui stang seher rusak, harga seher motor

Subscribe to receive free email updates: