Tata Cara Mudah Melepas, Mengganti, Memasang Busi Motor Yang Benar

Selamat datang di blog sederhana ini, Kali ini saya aka membahas artikel tentang Tata Cara Melepas, Mengganti, Memasang Busi Motor Yang Benar, Mungkin bagi para mekanik bengkel sangatlah mudah soal bongkar pasang busi ini tapi bagi para pemula yang ingin membuka atau melepas busi ini mungkin masih sedikit kebingungan, nah untuk itu kali ini saya akan sajikan lengkap langkah-langkah cara melepas, mengganti, dan memasang busi yang benar. untuk itu simak terus ya

Tata Cara Mudah Melepas, Mengganti, Memasang Busi Motor Yang Benar
 Komponen busi ini memanglah sangat penting pada motor karena fungsi busi ini merupakan penghantar pengapian bahan bakar ke dalam mesin. jika busi ini sudah aus atau soak pastilah motor tidak akan menyala sebagaimana mestinya. untuk melepas komponen ini butuh kunci yang pas dan kehati-hatian supaya rumah busi tidak slek.

Oke langsung saja inilah Tata Cara Melepas, Mengganti, Memasang Busi Motor Yang Benar, simak berikut ini :
  1. siapkan kunci busi dan obeng yang pas
  2. Pastikan mesin sepeda motor sudah dalam keadaan cukup dingin. Siapkan kunci busi yang sesuai spesifikasi motor anda dan usahakan ukurannya cukup panjang, jangan gunakan kunci pas karena bisa merusak rumah busi. Obeng diperlukan untuk membantu menahan busi saat diputar.
  3. Posisikan kunci busi tepat pada komponen busi, lalu masukkan obeng di antara lubang kunci busi. Kemudian putarlah busi ke arah yang berlawanan dengan jarum jam untuk melepasnya. Bila putaran terasa berat, anda bisa memutar busi tersebut secara pelahan terlebih dulu supaya tidak slek.
  4. Periksa busi yang terlepas tadi dengan cermat untuk memastikannya masih layak pakai atau sudah rusak. Tanda busi yang aus adalah ujung busi tersebut berwarna hitam pekat atau terdapat karat di permukaannya. Busi yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki, melainkan wajib diganti dengan busi yang baru.
  5. Untuk memasang kembali busi sepeda motor anda, caranya bersihkan terlebih dulu busi tersebut agar kondisinya benar-benar kering. Berikutnya, pasang busi ini ke dalam rumah busi dan putar searah jarum untuk menempelkannya. Supaya busi semakin merekat kuat, anda bisa mengencangkannya dengan memakai bantuan kunci busi dan obeng.
  6. Cek sekali lagi pemasangan busi sepeda motor yang anda kerjakan. Setelah semuanya beres, silahkan diujicoba dengan melakukan kick starter sebanyak 3-5 kali ketika sepeda motor dalam posisi off. Terakhir, putar kunci motor untuk menyalakannya dan lakukan kick starter untuk menghidupkan mesin.
Nah demikianlah artikel tentang Tata Cara Melepas, Mengganti, Memasang Busi Motor Yang Benar, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu beserta wawasan untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terimakasih

Tags : cara membuka busi motor, cara membuka busi, cara memasang busi motor mio, cara mengganti busi motor, cara melepas busi motor mio, cara melepas busi motor, cara memasang busi, kunci busi motor, Cara ganti busi motor, cara buka busi motor, cara membersihkan busi motor

Subscribe to receive free email updates: