Penyebab, Ciri-ciri, Gejala, Memperbaiki Klep Rusak Bocor Bengkok Pada Motor
Selamat datang di blog sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang Penyebab, Ciri-ciri, Gejala, Memperbaiki Klep Rusak Bocor Bengkok Pada Motor. kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep ialah kebocoran pada katup yang berdampak pada kompresi yang menjadi lemah. Dari pengalaman yang pernah kami dapatkan yang sering terjadi klep bocor yaitu klep atau katup IN
selain itu juga ada Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep selama pemakaian mesin motor antara lain adalah:
1. Seting / kedudukan daun katup aus / pecah,
2. Batang katup-nya aus atau mengecil,
3. Batang katup-nya bengkok.
Penyebab terjadinya kebocoran yaitu karena kerak kotoran yang sudah menumpuk di manifold lubang IN akibat saringan udara yang tidak pernah di rawat atau di bersihkan.
Ciri-ciri Gejala Klep Rusak Bocor Bengkok Pada Motor :
Untuk cara pertama yaitu :
Sekian dan terimakasih
Tags : ciri klep bocor pada motor, penyebab klep motor bunyi, penyebab klep bengkok pada motor, ciri ciri kompresi bocor pada motor, gejala klep motor bermasalah, akibat kompresi bocor pada motor, bos klep oblak, klep motor mio, satria fu
selain itu juga ada Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep selama pemakaian mesin motor antara lain adalah:
1. Seting / kedudukan daun katup aus / pecah,
2. Batang katup-nya aus atau mengecil,
3. Batang katup-nya bengkok.
Penyebab terjadinya kebocoran yaitu karena kerak kotoran yang sudah menumpuk di manifold lubang IN akibat saringan udara yang tidak pernah di rawat atau di bersihkan.
Ciri-ciri Gejala Klep Rusak Bocor Bengkok Pada Motor :
- Kompresi motor bocor
- Motor susah dihidupkan
- Hidupnya motor tidak normal
- Bahan bakar menjadi boros
- Motor tidak bisa langsam / stasioner
- Batang klep menjadi kocak / longgar didalam bos-nya
- Bergeraknya katup tidak stabil / goyang
- Oli di kepala silinder merembes masuk ke dalam ruang bakar
- Oli mesin cepat habis atau berkurang
- Motor berasap tebal atau ngebul hitam
- Busi cepat kotor / hitam / basah dan cepat lemah dan mati
- Ruang bakar cepat kotor oleh arang atau karbon
- Permukaan kepala piston cepat kotor
Untuk cara pertama yaitu :
- hidupkan terlebih dahulu motor dengan menggunakan kick starter dan pada posisi grip gas di putar penuh
- Selah berulang – ulang dengan penuh tenaga supaya putaran yang di hasilkan cukup kencang. Pada saat terdengar mesin akan hidup namun berat, maka anda jangan melepas grip gas, tahan dulu sehingga mesin meraung
- Baru anda lepas dan di biarkan untuk langsam.
- Pertama anda harus membuka karburator
- Selanjutya anda buka manifold IN
- Maka akan terlihat posisi buka tutup katup. Aturlah posisi katup pada posisi menutup.
- Setelah itu masukanlah sedikit oli mesin ke lubang saluran klep atau anda bisa juga menyemprotkan carburetor cleaner,
- Selanjutnya coba selah mesin, semprot atau berikan oli mesin lagi secukupnya ( jangan banyak – banyak ) hingga kompresi balik
- Jika di rasa sudah ada sedikit tekanan kompresi , pasang kembali manifold dan karburator.
- Setelah itu buka dan bersihkanlah busi, setelah bersih pasang kembali
- Dan coba anda selah kembali dengan grip gas di putar sedikit penuh
- Apabila mesin hidup dan mengeluarkan asap putih dari knalpot, itu tidak akan lama, nanti juga akan hilang sendiri asap warna putihnya.
Sekian dan terimakasih
Tags : ciri klep bocor pada motor, penyebab klep motor bunyi, penyebab klep bengkok pada motor, ciri ciri kompresi bocor pada motor, gejala klep motor bermasalah, akibat kompresi bocor pada motor, bos klep oblak, klep motor mio, satria fu