Cara Mudah Melepas dan Memasang Bearing atau Laher Motor Roda Depan Belakang

Selamat datang di blog sederhana ini. Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang Cara Mudah Melepas dan Memasang Bearing atau Laher Motor Roda Depan Belakang. Melepas dan memasang bearing atau laher roda motor memanglah susah susah gampang, bagi mekanik yang sudah berpengalaman mungkin gampang-gampang saja tetapi bagi pemula yang ingin belajar melepas dan memasang bearing atau laher motornya sendiri mungkin agak kesusahan terlebih jika menemukan laher yang susah sekali untuk dilepas. Nah untuk itu saya akan ngasih informasi Panduan-panduannya, yang semoga saja bermanfaat.


Bearing Atau Laher berfungsi untuk menghubungkan tromol dan as roda. Dengan demikian roda pun dapat berputar pada porosnya dan meluncur dengan bebas. Mengingat akan kegunaan tersebut, peranan bearing sangat penting untuk mendukung keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Oke langsung saja Inilah Cara Mudah Melepas dan Memasang Bearing atau Laher Motor Roda Depan Belakang yang benar :
  1. Atur posisi sepeda motor dengan bertumpu pada sandaran tengahnya. Kemudian lepaskan roda dari tumpuannya sedemikian rupa.
  2. Langkah berlanjut dengan melepaskan bagian seal roda. Usahakan kerjakan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan.
  3. Saatnya melepaskan bearing motor. Mula-mula lepaskanlah bearing sebelah kiri terlebih dahulu menggunakan bearing remover.
  4. Setelah bearing kiri terlepas, selanjutnya lepaskan bagian collar. Setelah itu, anda bisa dengan mudah melepaskan bearing sebelah kanan memakai bearing remover.
  5. Untuk memasangkan kembali bearing seperti semula, cobalah bersihkan terlebih dahulu dudukan bearing pada tromol. Pastikan bagian hub ini terbebas dari debu dan kotoran.
  6. Sebaiknya Anda juga mengusapkan gemuk secukupnya pada rongga bantalan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperlancar perputarannya serta mencegah karat dan aus.
  7. Anda bisa memasang bearing sebelah kanan terlebih dahulu menggunakan bearing driver. Jangan lupa pasang juga collar penghantarnya.
  8. Setelah itu, pasanglah bearing sebelah kiri memakai driver. Cek sekali lagi untuk memastikan bearing sudah terpasang dengan benar.
  9. Kini Anda bisa memasang kembali bagian seal roda. Setelah rampung, pasang pula roda pada tempatnya semula.
Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Melepas dan Memasang Bearing atau Laher Motor Roda Depan Belakang. semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terimakasih

Tags : cara melepas bearing, alat melepas bearing, alat untuk melepas bearing, cara melepas bearing skateboard, cara melepas laher motor, cara melepas bearing motor, cara mengganti bearing roda belakang motor, cara ganti bearing roda depan mobil

Subscribe to receive free email updates: