Tips Cara Mudah dan Lengkap Menghilangkan, Membersihkan Karat Pada motor Terbukti Ampuh

Tips Cara Mudah dan Lengkap Menghilangkan, Membersihkan Karat Pada motor Terbukti Ampuh
 Selamat datang di blog sederhana ini, kali ini saya akan bahas artikel mengenai Tips Cara Mudah dan Lengkap Menghilangkan, Membersihkan Karat Pada motor Terbukti Ampuh. Pastinya sangat mengganggu pemandangan jika ada karat yang menguning di salah satu komponen motor keren kesayangan kita, jadi kita harus menghilangkannya. Penyebab motor berkarat ini biasanya disebabkan oleh air hujan, atau bahkan si pengendara yang sangat jarang membersihkan motornya, maka sangat penting untuk kita menangani dan membersihkan motor kita secara benar agar motor tersebut tidak berkarat, karena lebih baik merawat daripada sudah berkarat yang ujungnya harus dilakukan penggantian pada part tersebut. Namun tenang dulu brosis, tidak semua yang sudah berkarat harus kita ganti, kita bisa mencoba untuk membersihkannya.

Karat-karat ini biasanya menyerang pada bagian-bagian motor sebagai berikut :
1. Rangka Motor
2. Knalpot
3. Rantai
5. Jari-jari dan Velg Roda
6. Swing Arm

Nah di bagian-bagian komponen itulah biasanya karat mudah sekali bersarang, jadi kita harus rajin-rajin memperhatikan dan membersihkannya, Lalu bagaimana sih tips dan cara ampuh untuk membersihkan karat pada komponen motor tersebut, disini saya akan ngasih rangkuman tips dan cara lengkapanya, silahkan simak cara-cara berikut ini :

1. Menggunakan Cairan Penghilang Karat atau WD40

Langkah pertama bukalah tutup WD40, kemudian silahkan arahkan bagian lubang spray/semprotnya tepat ke garis biru yang ada pada kaleng. Hal tersebut dimaksudkan agar selang pada lubang bisa lurus, dan proses penyemprotan bisa maksimal dan tidak tesendat-sendat, selang dibagian dalam tidak menekuk.
Selanjutnya kalau sudah dipastikan bagian lubang spraynya lurus dengan garis biru, kocok terlebih dahulu isi dari WD40 tersebut lebih kurang 30 detik hingga 1 menitan.
Selanjutnya semprotkan secara perlahan pada bagian motor yang berkarat, laplah dengan kain baiknya kain kaos. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukanlah setidaknya 3 kali, atau hingga karat benar-benar hilang pada bagian motor tersebut.
Biasanya, cairan ini dijual di toko otomotif dan toko bangunan. Bentuknya berupa botol spray dengan cara pemakaian disemprotkan ke permukaan besi yang berkarat. Harga per botolnya berkisar antara Rp15.000 - Rp20.000.

2. Menggunakan Asam Klorida

Sebelum menggunakan cairan ini, kenakanlah sarung tangan dan masker karena asam klorida bersifat korosif dan beracun. Tuangkan beberapa tetes larutan ini ke dalam mangkuk kecil, lalu oleskan ke komponen motor yang berkarat memakai sikat gigi. Tunggu sekitar 10-15 menit agar cairan HCl tersebut bekerja. Anda bisa menyikatnya perlahan untuk memastikan semua karat telah luntur. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan kembali.
Umumnya, larutan ini dijual bebas di toko kimia dan supermarket bagian produk pembersih. Harga per kemasannya antara Rp5.000 - Rp10.000.

3. Menggunakan oli Bekas

Cara ini efektif untuk menghilangkan karat pada leheran knalpot
 
4. Menggunakan Pertamax Plus

Anda bisa menggunakan atau memakai pertamax plus untuk menghilangkan noda yang ada di knalpot tersebut. Sebaiknya anda bisa campurkan pertama plus tersebtu dengan menggunakan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 secukupnya saja. Lalu anda bisa oleskan pada bagian bercak bercak hitam atau bagian karat tersebut. Setelah itu sikat secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Hasil nya leher knalpot anda nanti akan tampak baru lagi .Penampilannya pun akan menjadi lebih baik dari pada sebelumnya

5. Menggunakan Air Soda

Caranya masih sama seperti teknik lainnya. Pertama, bagian velg perlu dibersihkan dahulu dengan air sabun. Kedua, bersihkan sekali lagi velg tersebut menggunakan air soda dan gosok memakai sikat. Ketiga, bilaslah komponen motor ini sampai bersih dan lap sampai kering.

6. Menggunakan Stempet (Cara untuk Pencegahan)

Anda bisa menyediakan stempet kemudian anda bisa menyalahkan mesin sekitar 10 menit agar knalpot motor panas setelah itu bila knalpot semakin panas maka semakin bagus tentunya. Nah setelah itu anda bisa oleskan stempet ke bagian yang berkarat khususnya biasanya terjadi pada bagian leher knalpot. Nantinya knalpot tersebut akan mengeluarkan asap karena stempet yang sudah di oleskan menguap terkena panas . Dengan begitu karat di bagian leher knalpot akan hilang dengan sendirinya.

Nah Demikianlah Tips Cara Mudah dan Lengkap Menghilangkan, Membersihkan Karat Pada motor Terbukti Ampuh. Semoga artikel ini bermanfaat bisa menambah ilmu dan wawasan untuk kita semua. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini.
Sekian dari saya terimakasih

Tags : menghilangkan karat dengan coca cola, menghilangkan karat pada stainless steel, penghilang karat besi, cara membersihkan karat pada knalpot motor, cara menghilangkan karat pada velg motor, cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan alami, cara menghilangkan karat pada besi chrome, cara menghilangkan karat pada rantai motor

Subscribe to receive free email updates: