Inilah Ciri-ciri Gejala, Penyebab, Mengatasi dan Memperbaiki Komstir Motor Rusak atau Oblak Lengkap

Inilah Ciri-ciri Gejala, Penyebab, Mengatasi dan Memperbaiki Komstir Motor Rusak atau Oblak Lengkap

Komstir merupakan komponen motor yang berfungsi sebagai penyeimbang atau penstabil stang motor dan meminimalisir getaran ketika motor beroperasi. Salah satu komponen yang sangat penting ini juga perlu perawatan extra dari sang pemilik karena komponen yang satu ini mudah sekali bermasalah, jadi untuk itu kita sebagai rider sejati harus benar-benar memperhatikan komponen yang satu ini.

Ciri-ciri dan Gejala Komstir Motor Rusak atau Oblak
Berikut saya bahas apa saja ciri-ciri komstir motor yang rusak atau sudah oblak :
  • Stang motor terasa kaku. Komstir yang sudah rusak menyebabkan leher stang terasa kurang stabil. Stang motor bisa bergerak tanpa arah jadi stang terasa kaku ketika digunakan.
  • Getaran ban semakin terasa di tangan. Semakin terasanya gataran ban di motor akibat stang yang seharusnya statis menjadi tidak stabil. Sehingga getaran semakin terasa.
  • Stang motor oblak atau terasa mau copot. Salah satu efek jika komstir rusak adalah stang motor yang terasa mau copot, sebenarnya ini efek komstir yang tidak mampu lagi menstabilkan stang motor. Biasanya stang motor akan bisa di gerakkan ke depan dan ke belakang.
  • Rem kurang pakem. Akibat dari komstir rusak rem jadi kurang pakem. Penjelasannya,Ketika di lakukan pengereman akan ada sedikit jeda sebelum roda berhenti.
Penyebab Komstir Motor Rusak atau Oblak
Penyebab Komstir Motor Rusak atau Oblak adalah berikut ini :
  • disebabkan kontur jalan yang biasa kita lewati bergelombang. apalagi jika sering melewati jalan bergelombang dengan kecepatang tinggi. pasti komstir akan cepat aus dan tidak rata.
  • ausnya bola-bola atau pelor karena perawatan yang kurang maksimal, efeknya putaran mur mengikat komstir makin kencang sendiri seiring gerak stang
Cara Memperbaiki dan Mengatasi Komstir Motor Rusak atau Oblak
Cara Memperbaiki dan Mengatasi Komstir Motor Rusak atau Oblak adalah sebagai berikut :
  • Apabila stelan komstir tersebut hanya kendor maka cukup dikencangkan lagi sampai mencapai posisi yang pas karena stelan yang terlalu kencang juga tidak bagus.
  • Selain itu periksa juga mangkuk dan pelornya, apakah ada goresan atau pecah, Jika komstir mengalami kerusakan yang cukup parah lebih baik diganti semua satu set berupa mangkuk dan besera pelor-pelornya demi kenyamanan berkendara kedepannya.
Harga komstir motor sendiri sangat bervariatif, dari yang ori sampai dengan yang buatan lokalan atau kw. atau sebagai alternatif bisa juga menggunakan komstir bambu yang katanya dianggap lebih tahan lama.

Nah demikianlah Artikel tentang Inilah Ciri-ciri Gejala, Penyebab, Mengatasi dan Memperbaiki Komstir Motor Rusak atau Oblak Lengkap, Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan wawasan kita semua. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini.
Sekian dari saya terimakasih

Tags : harga komstir motor jupiter, komstir motor beat, harga komstir motor honda, komstir mio, komstir vario 125, ciri ciri komstir rusak, komstir satria fu, cara memasang komstir yang benar

Subscribe to receive free email updates: