Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Memperbaiki Shockbreaker Depan Motor yang Keras Lengkap
Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Memperbaiki Shockbreaker Depan Motor yang Keras Lengkap |
Shock depan yang keras memanglah membuat tidak nyaman bagi pengendara, terlebih kita sering melewati jalanan yang tidak rata atau berbatu di pedesaan, pastilah tidak nyaman karena lama-kelamaan tangan kita menjadi sakit dan bisa merusak body-body motor bagian depan menjadi oblak.
Untuk itu kita kenali dulu apa Penyebab Shockbreaker Depan Motor Menjadi Keras, simak yang berikut ini :
- Kerusakan pada Fork Assy yang biasa disebut shock breker depan (bahasa awam) terdapat beberapa komponen di dalamnya, diantaranya pipe com/as shock, buttom case, per shock, seal shock dan oil shock. Kerusakan atau ketidak normalan shock depan yang biasa dirasakan oleh pengendara motor adalah menjadi kerasnya shock depan.
- Kemungkinan shock breker keras di karenakan oli shock yg didalam pipe com berkurang atau tidak sesuai dengan takaran yang telah di anjurkan sesuai type motor. Apa bila shock bocor/keluar oli ( rembes ) Biasanya oli keluar dari bagian seal shock yang berarti seal shocknya rusak/sobek hal ini bisa disebabkan karena usia seal shock yang sudah lama tidak di ganti atau bisa juga karena pemakaian yang tidak normal seperti mendapat kejutan diluar daya tahan shock depan. sehingga seal tidak mampu menahan tekanan oli shock.
- Tambah oli sok depan ada batasnya. Maksimal 5 cc dari standar. Lebih dari itu bikin ruang kosong di tabung sok menyempit. Efeknya, saat dapat tekanan, cairan yang mestinya pindah ke ruang lain jadi tak bisa. Jadi, kayak suspensi mati. Tapi, pabrikan melarang ganti oli sok SAE-10 dengan oli lain lantaran kekentalannya beda. Jika terlalu kental akan sulit lewat lubang suling dan berakibat sok jadi limbung.
- Berikutnya kecilin lubang suling buat nahan derasnya aliran oli sok. Ini biasa dilakukan di motor balap, efeknya bisa bikin pantulan atau rebound lebih lambat. Tapi, pekerjaan ini butuh ketelitian dan bantuan tukang las. Sebab jika lubang terlalu kecil, oli malah enggak ngalir.
- Jika seal shock sudah bocor, maka harus segera diganti untuk antisipasi menjalarnya kerusakan pada komponen lain. Saat penggantian seal shock, oli shock juga harus ikut diganti. karena takarannya oli shock yang ada dalam pipe com telah berkurang saat terjadi rembes.
- Ganti per. Tapi, panjang per pengganti kudu sama, biar tak menekuk pas dipasang. Sedang kian banyak ulir rapat, maka per lebih keras. Contoh, Vario bisa pakai per sok depan Karisma atau Supra X. Panjang sama tapi per lebih keras
- Terakhir, ganjal ring. Meski tak terlalu disarankan, namun beberapa mekanik memperbolehkan dengan syarat. Yaitu, pakai ring (washer) orisinal yang tak mudah terkikis. Sebab gram-gramannya bisa menyumbat lubang suling bahkan bisa merusak sil dan as sok.
Sekian dari saya terima kasih