Cara Tepat Memperbaiki Menyetel Velg Jari-jari Recing Motor Bengkok Penyok Speleng

Cara Tepat Memperbaiki Menyetel Velg Jari-jari Recing Motor Bengkok Penyok Speleng
Selamat Datang di blog sederhana ini, Kali ini saya akan bahas artikel mengenai Cara Tepat Memperbaiki Menyetel Velg Jari-jari Racing Motor Bengkok Penyok Speleng, Pastilah sobat semua pernah melihat hal ini atau malah mengalami velg motor bengkok atau speleng ini, pastilah sangat tidak nyaman dilihat maupun dipakai. terus juga kalau velg bengkok ini dipaksakan terus dipakai sehari-hari lama kelamaan pastilah berbahaya untuk diri kita sendiri maupun pengendara lain. lebih baiknya kita untuk memperbaikinya dengan cara sendiri atau diserahkan ketukang press velg motor.

Kerusakan yang sering terjadi pada velg motor racing biasanya disebabkan oleh hantaman yang begitu berat pada bidang jalanan yang rusak. Sering sekali di alami oleh pengendaraa setelah melakukan perjalanan jauh. Kerusakan pada velg motor racing ini sedikit sekali terasa jika tidak diamati dengan baik. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan Perawatan Velg Motor agar tetap dalam kondisi baik.

Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka dampaknya juga akan turut dirasakan oleh leher roda yang rusak dan kembang ban yang habis tidak merata. Sehingga menyebabkan kibat putaran ban menjadi tidak sempurna lagi.

Nah untuk itu disini akan saya kasih panduan-panduan atau tata Cara Tepat Memperbaiki Menyetel Velg Jari-jari Recing Motor Bengkok Penyok Speleng, langsung saja kita simak berikut ini :
  • Ketika bagian jari-jari dari velg ini mengalami kerusakan, entah bengkok atau patah, anda bisa menggantinya dengan jari-jari yang baru dan menyetel ulang tingkat kekencangannya. Pastikan anda mengencangkannya memakai tenaga yang kuat, terutama jika jari-jari velg tersebut terbuat dari campuran alumunium yang yang lebih padat dan lebih kaku daripada jari-jari besi. Lain halnya bila velg tersebut sudah bengkok membentuk angka 8, velg akan sulit diperbaiki sehingga anda harus membeli velg yang baru.
  • Jenis Velg Motor Racing yang lebih lunak, hanya butuh dipukul dengan balokan kayu hingga membuatnya lurus. Berbeda untuk velg yang lumayan keras, harus dipanaskan terlebih dahulu agar lebih mudah diluruskan. Baru setelah cukup panas, akan dipukul dengan balok kayu.
  • Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji. Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100 persen.
  • Cara lain untuk Memperbaiki Velg Motor Racing Bengkok atau Peyang, bisa dilakukan pengepressan untuk meluruskan kembali bagian yang penyok. Cara ini tentunya diperlukan mesin khusus dan dibutuhkan bengkel tertentu. Tentunya ada biaya tersendiri yang harus dikeluarkan tergantung kondisi velg dan jenis motornya.
  • Cara Memperbaiki Velg Motor Racing Retak atau Pecah ini prosesnya hampir sama, di-press dahulu lalu dibuat presisi kembali. Namun ada langkah tambahan, yaitu merapikan dengan dempul dan lem. Menyambungnya kembali dilas secara manual. Lem dan dempul untuk menutup pori-pori agar lebih kuat. Namun tetap saja, walau pengerjaannya rapi seperti baru, kekuatan Velg Motor Racing Retak atau Pecah tidak sepenuhnya kembali.
Nah demikianlah Cara Tepat Memperbaiki Menyetel Velg Jari-jari Recing Motor Bengkok Penyok Speleng, Jika dirasa masih terlalu rumit untuk dilakukannya sendiri sebaiknya dibawa ketukang pengepress velg saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu beserta wawasan untuk kita semua. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terimakasih.

Tags : velg mobil bengkok, velg jari jari bengkok, cara mengecek velg bengkok, cara memperbaiki velg bengkok, pres pelek racing motor, cara menyetel velg sepeda, ciri ciri velg speleng, cara memperbaiki velg motor yang penyok

Subscribe to receive free email updates: