Cara Mudah dan Ampuh Memperbaiki Kopling Motor Selip dan Kurang Menggigit

Selamat datang sobat, Pada kesempatan kali ini saya akan share Cara Mudah dan Ampuh Memperbaiki Kopling Motor Selip dan Kurang Menggigit. Banyak pengguna motor kopling manual mengeluhkan masalah ini, Sering sekali motor mereka mengalami selip kopling dan juga gigitan kopling motor tersebut terasa kurang. Jika motor anda juga mengalami masalah tersebut tenang saja sob karena saya akan menjelaskan mulai dari penyebabnya dan sekaligus ngasih solusi ampuhnya, jadi simak saja artikel ini sampai selesai.
Kopling bertugas menjadi pemisah dan penyambung antara mesin dan transmisi yang bekerja saat pemindahan gigi. ketika kopling selip, tentu motor akan kehilangan genjotan atau hentakan saat berakselerasi. nah apa penyebab dari kopling selip dan bagaimana cara memperbaikinya, berikut ini khusus untuk kopling tipe basah atau bukan kopling motor matic.

kopling selip akan mengurangi hentakan maupun tenaga motor anda, dikarenakan transper tenaga dari mesin ke gearbox tidak maksimal. biasanya di tandai dengan mesin meraung saat tancap gas tapi motor akselerasinya lambat.

Sebelum kita kelangkah Memperbaiki Kopling Selip dan Kurang menggigit sebaiknya kita ketahui dulu Penyebab Kopling Motor Selip dan Kurang Menggigit berikut ini :
  1. plat kopling aus
  2. rumah kopling aus
  3. baut pengunci per kopling longgar/kendor
  4. kanvas kopling aus
  5. per kopling lemah
  6. oli sudah encer lama gak di ganti
Berikut ini Cara Mudah dan Ampuh Memperbaiki Kopling Motor Selip dan Kurang Menggigit
  • Rumah kopling aus : coba untuk mencari alternatif kanvas kopling yang lebih tebal atau anda tambahkan satu plat kopling di double.
  • Baut pengunci per kopling longgar/kendor : Solusinya ya kencangkan kembali baut pengunci per tersebut.
  • Per kopling lemah : ganjal per kopling pake kawat yang dibentuk lingkaran, atau cari per payung. itu tuh payung buat hujan, ukur dan potong awas lingkaran per harus sama atau lebihin satu lingkaran. (per ini banyak dipake para peracik mesin daerah saya keras dan murah)
  • Kanvas kopling aus : jika tingkat keausan belum parah, anda bisa membentuk kembali celah2 di kanvas kopling. pake gergaji besi.
  • Plat kopling aus : coba anda amplas supaya menghasilkan bidang kasar, juga cari alternatif kanfas lebih tebal, atau pilih dan ganti yang aus saja
  • Gunakan Oli Anti Slip Kopling : Coba gunakan oli yang ada Anti selip kopling nya seperti enduro shell ax7 dll setidaknya untuk meminimalisir selip kopling
Nah itulah Cara Mudah dan Ampuh Memperbaiki Kopling Motor Selip dan Kurang Menggigit. semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca-baca atau cari artikel lainnya di blog ini
Sekian dan terimakash

Tags : penyebab kopling selip pada mobil, ciri kopling selip, penyebab kopling tidak bisa bebas, ciri per kopling lemah, efek per kopling lemah, gejala slip kopling pada motor, cara setel kopling motor rx king, 9 penyebab kopling selip

Subscribe to receive free email updates: