Kamu harus tau, Apa yang harus dilakukan pada motor pada pagi hari
Kamu harus tau, Apa yang harus dilakukan pada motor pada pagi hari
Selamat datang di blog sederhana ini. Kali ini kita akan
share mengenai apa saja yang harus kita lakukan dipagi hari dengan motor kita. Pagi
hari merupakan awal aktivitas untuk memulai kegiatan. Motor merupakan kebutuhan
utama transportasi untuk membantu kegiatan sehari hari. Sama terkait manusia,
motor di pagi hari harus ada tindakan khusus untuk menghasilkan daya motor dan
perawatan ringan pada motor. Ini sangat penting untuk umur dari motor tersebut.
Apabila hal ini kita lakukan dengan baik dalam keseharian, maka kita membantu
motor untuk memperpanjang usianya. Berikut apa saja yang harus kita lakukan
pada pagi hari dengan motor kita,
1. Hidupkanlah mesin dengan awalan KICK STATER
Menghidupkan mesin dengan kick stater merupakan hal penting
yang kita harus kita lakukan pada pagi hari. Mungkin timbul pertanyaan kenapa
harus menggunakan kick starter? Kan sudah ada tombol stater elektrik? Ini adalah
fenomena yang paling banyak muncul. Kick stater digunakan pada pagi hari untuk
membantu memperpanjang usia dari batrai motor. Karna pada saat awal kita
menggunakan elektrik stater maka untuk memutar fly whel mesin membutuhkan
suplai arus yang besar. Inilah hal yang membuat aki kita cepat habis. Maka dari
itu sebaiknya kita menggunakan kick stater untuk menghidupkan motor. Ini mampu
membantu perawatan batrai dan memperpanjang usia batrai. Jadi kita bisa gunakan
standar ganda kemudian gunakan kick stater
2. Gunakanlah CUK motor
Handle cuk atau kabel cuk diciptakan oleh perusahaan ada fungsinya.
Komponen ini banyak sekali tidak digunakan oleh masyarakat. kebanyakan ada yang
langsung menggas motornya. Cuk adalah piranti yang berfungsi untuk menutup
ruangan trotel agar campuran bahan bakar dan udara gemuk. Karna pada pagi hari bahan
bakar yang terdapat pda ruang bakar atau karburator itu terjadi penguapan. Maka
dari itu dibutuhkan suplai bahan bakar yang banyak pada ruang bakar. apabila
suplai bahan bakar sudah gemuk maka kita bisa membuka katup cuk kembali. Agar udara
dan bahan bakar akan tercampur secara ideal yaitu 14 : 1. 14 untuk udara dan 1
untuk bahan bakar.
3. Panaskanlah mesin sampai suhu 80-90 derajat celciuc
Kenapa kita harus memanaskan sampai 80-90 derjat? Karna suhu
kestabilan engine yang baik itu adalah pada suhu 80-90 derajat. Dan ini
masing-masing motor bebeda rentang lama waktunya untuk memanaskan mesin. Tapi bisa
kita ambil secara umum antara 5-10 menit dengan keadaan idel atau tidak digas
atau dengan gas stasioner antara 5-7 menit. Dengan mencampai temperatur mesin
tersebut bahan bakar dan udara yang akan dibakar akan mencapai tahap maksimal. Ini
akan berpengaruh terhadap daya mesin dan emisi yang akan dikeluarkan.
4. Tutuplah hidung mencegah asap motor
Kenapa kita harus menutup hidung? Coba kita cermati, karna pada
pagi hari motor membutuhkan campuran yang gemuk (bahan bakar lebih banyak dari
pada udara) maka gas CO dan HC akan lebih banyak keluar karna campuran yang
dibakar menjauhi lamda pembakaran. Lamda pembakaran yaitu 14 : 1. Jadi pada
pembakaran awal ini akan banyak menghasilkan gas CO dan HC bahkan Nox yang
berbau. Maka sering kali kita mencium bau yang aneh pada saat asap pertama kali
keluar dari motor. Usahakan menutup mulut dan hindari anak anak dari asap ini. Asap
ini sangat mengganggu kesehatan
Demikianlah share blog kali ini. semoga bermanfaat. lihat juga artikel lainnya ya gusy.. salam otomotif cerdas