Cara Mudah Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor

Selamat datang sobat. Kali ini saya akan share Cara Mudah Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor - Pengertian Kelistrikan AC pada motor adalah kelistrikan lampu motor mengikuti putaran mesin dimana jika mesin motor menyala barulah lampu motor dapat menyala. Sedangakn kelistrikan DC pada motor adalah kelistrikan lampu sepeda motor tidak mengikuti putaran mesin sehingga lampu motor dapat dinyalakan pada saat mesin motor tidak dihidupkan sehingga menghasilkan cahaya yang lebih stabil karena tidak mengikuti putaran mesin.

Para Modiffer Tujuan Mengubah Arus Kelistrikan AC ke DC pada motor mereka ialah untuk pemasangan Lampu HID, Karena dengan Kelistrikan DC ini bisa mendapatkan daya listrik yang stabil dan langsung sepenuhnya mendapatkan listrik dari aki sepeda motor.

Nah jika anda ingin juga merubah arus AC ke DC pada motor kesayangan anda tetapi tidak tau caranya, anda tidak usah bingung karena disini saya akan sajikan ulasan lengkap mengenai Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Pada Motor, Tentunya saya rangkum secara sederhana supaya mudah dipahami, silahkan sinak saja artikel ini sampai selesai

Langsung saja inilah Cara Mudah Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor

Siapkan Alat dan Bahan :
  • Test pen dc
  • Isolasi yang kuat.
  • Pisau Cutter
  • Kabel-kabel sesuai kebutuhan
Langkah-langkahnya :
  1. Tentukan kabel mana dan warna apa yang mengisi jalur lampu depan. Untuk mencari tahu kabel tersebut sobat dapat membuka switch yang berperan sebagai sakelar untuk menghidupkan lampu kecil [low beam] dan lampu high beam [high beam]. Pada umumnya untuk sepeda motor honda berwarna kuning, sepeda motor yamaha berwarna kuning dan suzuki biasanya berwarna kuning dan putih.
  2. Selanjutnya sobat harus mencari tahu socket yang menghubungkan dari sisi bawah ke lampu besar.
  3. Kabel untuk lampu depan tadi dapat dilepas dari socket tersebut pada bagian sekunnya dengan dicongkel menggunakan obeng min. Setelah sekun berhasil terlepas, segera sambungkan kabel yang yang menuju sakelar on/off lampu ke aki dan dapat juga dijumper ke kunci kontak.
  4. Lakukan dengan teliti dan jangan sampai salah dalam menyambung kabel-kabel tersebut karena pada umumnya ada dua kabel dan pilih yang BIASANYA berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan garis oranye untuk sepeda motor suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor yamaha.
  5. Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan, sobat dapat mulai memasang kiprok (bila perlu) dan kabel yang sebelumnya disambungkan jangan lupa untuk diisolasi untuk menghindari korsleting.
  6. Selanjutnya sobat harus memeriksa voltase yang dihasilkan apabila ketika hid motor dinyalakan apabila diatas 12.4V maka bisa dipastikan aki sepeda motor anda akan awet dan tidak akan tekor.
Demikianlah artikel Cara Mudah Merubah Arus Kelistrikan AC ke DC Sederhana Pada Motor. semoga bermanfaat untuk anda, Jangan lupa untuk baca-baca atau cari artikel lainnya di blog ini
Sekian dan terimakasih

Baca Juga : Cara Fullwave Arus AC ke DC Semua Motor Termudah dan Terlengkap

Tags : cara merubah arus dc ke ac pada motor, merubah arus ac ke dc tanpa ganti kiprok, cara merubah arus dc ke ac sederhana, cara merubah arus ac ke dc pada speaker aktif, cara merubah arus ac ke dc motor beat, artikel cara merubah arus ac ke dc, cara merubah arus ac ke dc satria fu, cara merubah arus ac ke dc pada dinamo

Subscribe to receive free email updates: