Sabtu, Oktober 29, 2016

Inilah Pengertian dan Fungsi CDI pada Sepeda Motor

Selamat datang di blog sederhana ini. Kali ini saya akan share Pengertian dan Fungsi CDI pada Sepeda Motor - CDI atau Capacitor Discharge Ignition adalah sistem pengapian pada mesin pembakaran dalam dengan memanfaatkan energi yang disimpan didalam kapasitor yang digunakan untuk menghasilkan tengangan tinggi ke koil pengapian sehingga dengan output tegangan tinggi koil akan menghasilkan spark di busi. Fungsinya adalah mengatur waktu/timing untuk meletikan api pada busi yang sudah dibesarkan oleh coil untuk memicu pembakaran pada ruang bakar mesin.
Pengertian dan Fungsi CDI pada Sepeda Motor
Cdi ini merupakan bagian dari sistem pengapian motor yang diantaranya juga ada pulser, koil pengapian, dan busi. Sekarang ini sudah banyak cdi yang beredar di toko sparepart, diantaranya ada CDI original atau standar, racing limitter, racing unlimitter dan programmable.

Pengaturan pemantikan api akan memaksimalkan akselerasi dan power mesin hingga maksimal karena pada saat uap bahan bakar yang telah tercampur udara masuk ke ruang bakar akan terbakar sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang.

Pada CDI standar mempunyai Limiter, Fungsi dari limiter ini adalah untuk menjaga mesin di putaran yang seharusnya agar umur mesin dapat lebih panjang. Berbeda dengan CDI Unlimiter, Pada cdi ini tidak ada batasan putaran mesin yang biasanya digunakan pada motor untuk balap oleh para racing team, karena penginstalasiannya yang agak rumit dan kesalahan setting dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Nah itulah ulasan artikel kali ini tentang Pengertian dan Fungsi CDI pada Sepeda Motor. Semoga bermanfaat untuk anda, Jangan lupa baca-baca atau cari artikel lainnya di blog ini.
Sekian dan terimakasih

Tags : pengertian cdi pada sepeda motor, pengertian cdi mobil, makalah skema cdi motor, fungsi cdi pada sistem pengapian, skema cdi sepeda motor, fungsi cdi pada mobil, fungsi coil, pengaruh cdi pada sepeda motor

Inilah Pengertian dan Fungsi CDI pada Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oto Web