5 Cara Servis atau Merawat sendiri Satria Fu Agar Tetap Awet
Selamat datang sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan share 5 Cara Servis atau Merawat sendiri Satria Fu Agar Tetap Awet. Pastinya semua para pengguna satria fu menginginkan motornya agar selalu awet dan dalam performa terbaik sepanjang masa, bisa kok keinginan itu terpenuhi, asal ada syaratnya, yaitu servis rutin. baik itu di bengkel resmi maupun dirumah sendiri, tapi akan lebih irit biaya jika dilakukan sendiri, bagaimana caranya? tenang, disini saya akan kasih 5 cara untuk servis sendiri dirumah, jadi simak terus artikel ini.
Oke Langsung saja inilah 5 Cara Servis atau Merawat sendiri Satria Fu Agar Tetap Awet
1. Mengganti Oli dan Filter Oli
Oli mesin dianjurkan diganti setiap pemakaian 2000 – 2500km. Begitu pula dengan filter oli yang terletak di bak mesin kanan, disarankan diganti per 8.000 km berbarengan saat ganti oli mesin. Kalo buat ganti oli sih pasti tau kan sob. Caranya tinggal buka baut pembuangan oli yang ada di kolong mesin, bagusnya pake konci ring 17. Siapin mangkok atau plastik buat nampung oli bekas. Kalau baut buangan oli udah dibuka, biarkan oli mengucur keluar sampe habis tetesan terakhir, trus tutup lagi deh kencengin bautnya. Gak perlu lagi disemprot pake kompresor sob.
Setelah itu buka tutup bak oli atas yang di deket selahan kaki. Pake tang kalo susah bukanya. Udah deh lo tinggal tuangin oli baru nya kebak oli, pake corong biar gak belepotan sob.
Nah kalo buat buka cover filter oli udah dijelasin di artikel INI sob. Cuma perlu kunci 8 mm buat buka cover filter oli, lalu tarik filter oli yang lama keluar. Sebelum, saringan baru dipasang, bersihkan dulu endapan kotoran yang kemungkinan menempel di rumah filter pakai kain bersih.
2. Membersihkan Karburator dan Filter Udara
Membersihkan karburator itu sebenernya gampang. Hanya cukup bermodal obeng min plus, sikat atau kuas halus, dan bensin. Lepaskan baut mangkok karburator dengan obeng plus, lalu gunakan obeng min untuk membuka pilot jet dan main jet. Bersihkan dengan kuas dan bensin. Untuk bagian atas yang ada vakumnya memang harus agak hati hati pada saat membuka supaya karet vakum tidak sobek.
Kalau mau lebih gampang lagi sobat bisa beli Carburator cleaner yang banyak dijual di toko spare part motor. Harganya paling 20 – 25rb doang. Caranya pakenya gampang, cukup buka klem pengikat karet box filter di moncong karbu. Hidupkan mesin lalu semprotkan carburaor cleaner di moncong karbu sambil mainin gas. Ntar kotoran di karburator rontok sendiri sob.
Sekalian bersihin juga filter udara yang terbuat dari busa. Caranya cukup direndam bensin atau air sabun, lalu peras pakai satu tangan dan kemudian keringkan.
3. Memeriksa Ketegangan Rantai Roda
Membersihkan karburator itu sebenernya gampang. Hanya cukup bermodal obeng min plus, sikat atau kuas halus, dan bensin. Lepaskan baut mangkok karburator dengan obeng plus, lalu gunakan obeng min untuk membuka pilot jet dan main jet. Bersihkan dengan kuas dan bensin. Untuk bagian atas yang ada vakumnya memang harus agak hati hati pada saat membuka supaya karet vakum tidak sobek.
Kalau mau lebih gampang lagi sobat bisa beli Carburator cleaner yang banyak dijual di toko spare part motor. Harganya paling 20 – 25rb doang. Caranya pakenya gampang, cukup buka klem pengikat karet box filter di moncong karbu. Hidupkan mesin lalu semprotkan carburaor cleaner di moncong karbu sambil mainin gas. Ntar kotoran di karburator rontok sendiri sob.
Sekalian bersihin juga filter udara yang terbuat dari busa. Caranya cukup direndam bensin atau air sabun, lalu peras pakai satu tangan dan kemudian keringkan.
4. Membersihkan Busi
Busi kalo udah lama dipake perlu dibersihin karena pasti ada sisa sisa pembakaran yang nempel di busi. Buka dan keluarkan busi pake konci busi standar yang dikasih suzuki. Lo juga perlu sikat kawat buat bersihin / nyikat kepala busi. Tapi kalo jarak tempuh udah 8.000 km, busi wajib diganti sob supaya performa dapur pacu tetap fit. Cukup busi standar aja sob, murah meriah cuman 15rb.
5. Melumasi dan Menyetel Kabel Kopling
Kopling yang seret bisa bikin berkendara jadi gak nyaman. Gampang pegel. Makanya mesti rutin dilumasin dan disetel jarak maennya. Buka dari bawah di tuas pengungkit kopling di deket selahan biar gampang buka kabelnya. Trus buat ngelumasin kabel koplingnya bisa pake oli bersih atau minyak singer. Kalau mau tuntas bersihinnya, tambahin pake WD40. Jangan lupa setel jarak maen kopling, caranya tinggal atur dari pangkal tuas kopling depan, tinggal diputer aja pake tangan atau pake tang kalau susah.
Nah itulah 5 cara servis rutin dirumah, jika anda melakukannya secara rutin dan konsisten dijamin satria fu anda akan awet dan selalu dalam performa yang terbaik.
Demikianlah artikel 5 Cara Servis atau Merawat sendiri Satria Fu Agar Tetap Awet. semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini
Sekian dan terimakasih
Tags : servis besar satria fu, cara servis satria fu, biaya servis besar satria fu, cara servis karbu satria fu, harga servis besar satria fu, service satria fu, service satria fu 150, cara merawat satria fu agar tetap awet
Oke Langsung saja inilah 5 Cara Servis atau Merawat sendiri Satria Fu Agar Tetap Awet
1. Mengganti Oli dan Filter Oli
Oli mesin dianjurkan diganti setiap pemakaian 2000 – 2500km. Begitu pula dengan filter oli yang terletak di bak mesin kanan, disarankan diganti per 8.000 km berbarengan saat ganti oli mesin. Kalo buat ganti oli sih pasti tau kan sob. Caranya tinggal buka baut pembuangan oli yang ada di kolong mesin, bagusnya pake konci ring 17. Siapin mangkok atau plastik buat nampung oli bekas. Kalau baut buangan oli udah dibuka, biarkan oli mengucur keluar sampe habis tetesan terakhir, trus tutup lagi deh kencengin bautnya. Gak perlu lagi disemprot pake kompresor sob.
Setelah itu buka tutup bak oli atas yang di deket selahan kaki. Pake tang kalo susah bukanya. Udah deh lo tinggal tuangin oli baru nya kebak oli, pake corong biar gak belepotan sob.
Nah kalo buat buka cover filter oli udah dijelasin di artikel INI sob. Cuma perlu kunci 8 mm buat buka cover filter oli, lalu tarik filter oli yang lama keluar. Sebelum, saringan baru dipasang, bersihkan dulu endapan kotoran yang kemungkinan menempel di rumah filter pakai kain bersih.
2. Membersihkan Karburator dan Filter Udara
Membersihkan karburator itu sebenernya gampang. Hanya cukup bermodal obeng min plus, sikat atau kuas halus, dan bensin. Lepaskan baut mangkok karburator dengan obeng plus, lalu gunakan obeng min untuk membuka pilot jet dan main jet. Bersihkan dengan kuas dan bensin. Untuk bagian atas yang ada vakumnya memang harus agak hati hati pada saat membuka supaya karet vakum tidak sobek.
Kalau mau lebih gampang lagi sobat bisa beli Carburator cleaner yang banyak dijual di toko spare part motor. Harganya paling 20 – 25rb doang. Caranya pakenya gampang, cukup buka klem pengikat karet box filter di moncong karbu. Hidupkan mesin lalu semprotkan carburaor cleaner di moncong karbu sambil mainin gas. Ntar kotoran di karburator rontok sendiri sob.
Sekalian bersihin juga filter udara yang terbuat dari busa. Caranya cukup direndam bensin atau air sabun, lalu peras pakai satu tangan dan kemudian keringkan.
3. Memeriksa Ketegangan Rantai Roda
Membersihkan karburator itu sebenernya gampang. Hanya cukup bermodal obeng min plus, sikat atau kuas halus, dan bensin. Lepaskan baut mangkok karburator dengan obeng plus, lalu gunakan obeng min untuk membuka pilot jet dan main jet. Bersihkan dengan kuas dan bensin. Untuk bagian atas yang ada vakumnya memang harus agak hati hati pada saat membuka supaya karet vakum tidak sobek.
Kalau mau lebih gampang lagi sobat bisa beli Carburator cleaner yang banyak dijual di toko spare part motor. Harganya paling 20 – 25rb doang. Caranya pakenya gampang, cukup buka klem pengikat karet box filter di moncong karbu. Hidupkan mesin lalu semprotkan carburaor cleaner di moncong karbu sambil mainin gas. Ntar kotoran di karburator rontok sendiri sob.
Sekalian bersihin juga filter udara yang terbuat dari busa. Caranya cukup direndam bensin atau air sabun, lalu peras pakai satu tangan dan kemudian keringkan.
4. Membersihkan Busi
Busi kalo udah lama dipake perlu dibersihin karena pasti ada sisa sisa pembakaran yang nempel di busi. Buka dan keluarkan busi pake konci busi standar yang dikasih suzuki. Lo juga perlu sikat kawat buat bersihin / nyikat kepala busi. Tapi kalo jarak tempuh udah 8.000 km, busi wajib diganti sob supaya performa dapur pacu tetap fit. Cukup busi standar aja sob, murah meriah cuman 15rb.
5. Melumasi dan Menyetel Kabel Kopling
Kopling yang seret bisa bikin berkendara jadi gak nyaman. Gampang pegel. Makanya mesti rutin dilumasin dan disetel jarak maennya. Buka dari bawah di tuas pengungkit kopling di deket selahan biar gampang buka kabelnya. Trus buat ngelumasin kabel koplingnya bisa pake oli bersih atau minyak singer. Kalau mau tuntas bersihinnya, tambahin pake WD40. Jangan lupa setel jarak maen kopling, caranya tinggal atur dari pangkal tuas kopling depan, tinggal diputer aja pake tangan atau pake tang kalau susah.
Nah itulah 5 cara servis rutin dirumah, jika anda melakukannya secara rutin dan konsisten dijamin satria fu anda akan awet dan selalu dalam performa yang terbaik.
Demikianlah artikel 5 Cara Servis atau Merawat sendiri Satria Fu Agar Tetap Awet. semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini
Sekian dan terimakasih
Tags : servis besar satria fu, cara servis satria fu, biaya servis besar satria fu, cara servis karbu satria fu, harga servis besar satria fu, service satria fu, service satria fu 150, cara merawat satria fu agar tetap awet