Penyebab dan Cara Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus

Selamat datang di blog sederhana ini. Kali ini saya akan membahas artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus. Lampu Motor Memang sangat penting, terlebih peraturan lalu lintas sekarang yang mengharuskan lampu menyala di siang dan malam, hal ini tentunya akan memperpendek usia dari lampu tersebut. Nah, apa yang akan terjadi jika lampu rem motor sampai mati. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya. Bisa-bisa malah menjadi penyebab kecelakaan dan akan lebih menjengkelkan lagi lampu ini putus disaat kita sedang perjalanan pada malam hari. Untuk itu, maka sangat penting sekali selalu dan selalu mengecek lampu rem motor Anda. Apakah ia dapat berfungsi normal.


Masalah yang tidak jarang dan banak dialami oleh para rider adalah seringnya lampu motor mereka putus, Padahal Mereka kerap mengganti bohlam, tapi putus lagi. Ganti lagi dan tidak berapa lama putus lagi. Lalu apa yang menjadi penyebabnya, Langsung saja kita simak Penyebab Bohlam Lampu Motor Sering Putus :
  • Kiprok yang sudah rusak. Saat kiprok rusak, maka hal ini mengakibatkan arus listrik yang menuju ke lampu menjadi berlebihan. Hal ini menyebabkan lampu menjadi panas dan putus. Untuk mengatasinya, segera ganti dengan kiprok baru.
  • Spull penerangan sudah error. Spull penerangan dalam hal ini sudah tidak bekerja normal. Hal ini mengakibatkan arus yang masuk menuju kiprok tidak sesuai standar. Untuk mengatasinya, silakan gulung ulang spull. Atau jika tidak mau repot, ganti saja dengan yang baru.
  • Dudukan lampu belakang yang kendor. Dudukan lampu belakang yang kendor mengakibatkan adanya getaran yang berlebihan pada lampu belakang. Ini menyebabkan lampu menjadi cepat putus.
Nah Mungkin itulah yang menjadi penyebab dari seringnya lampu motor mati atau putus, selanjutnya kita simak Cara Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus :

Biasanya mekanik kalau bohlamnya putus disarankan mengganti tanpa melakukan pemeriksaan yang lainnya kalau kerusakan ini dibiarkan ada kemungkinan putus kembali dan aki motorpun bisa rusak. Untuk sumber arus listrik motor terdapat lilitan spul arus AC dan besar yang tegangannya berubah-ubah sesuai dengan putaran mesin maka itu diperlukan alat converter ( kiprok ) dari arus AC menjadi DC selanjunya arus DC digunakan untuk charging aki motor dan untuk menghidupkan kelistrikan motor. Pada dasarnya utama kiprok adalah bridge dioda yaitu untuk menyearahkan listrik AC untuk mengatasi perubahan putaran mesin kiprok dilengkapi dengan limiter tegangan yaitu penstabil tegangan, penstabil ini menggunakan IC yang tertanam di dalam kiprok. Apabila motor yang putus ketika putaran mesin tinggi dan kiprok panas ini ciri-ciri kerusakan limiter yang menyebabkan lampu motor cepat mati.

Untuk mengatasi bohlam yang selalu putus disaat diputaran tinggi ada baiknya segera menggati komponen tersebut kalau ada gejala kerusakan kiprok sebaiknya segera periksa atau ganti yang baru saja. Setelah diperiksa oleh alihnya yang lebih mengerti yaitu mekanik ternyata yang rusak cuma dibohlamnya saja yang putus sampean tinggal beli boklam motor yang baru sesuaikan dengan spesifikasi dengan motor anda agar tidak membebani kinerja sistem kelistrikan motor anda

Demikianlah artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus. semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dan terimakasih

Tags : cara agar lampu motor tidak mudah putus, mengatasi lampu motor sering putus, penyebab bohlam motor sering putus, penyebab lampu motor putus terus, penyebab lampu motor mati total, lampu rx king sering putus, harga kiprok motor

Subscribe to receive free email updates: