Masuk Sini !! Cara Mudah Bayar Pajak Motor Secara Online Lengkap

Selamat datang di blog sederhana ini. Kali ini saya akan membahas artikel tentang Cara Mudah Bayar Pajak Motor Secara Online Lengkap. Dulu masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor setiap tahunnya akan direpotkan dengan pengurusan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan mendatangi kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Namun kini pengurusan perpanjangan STNK tidak lagi merepotkan, karena pelayanan pembayaran pajak STNK dapat dilakukan melalui transaksi elektronik. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengorbankan waktu untuk mendatangi kantor Samsat, mengantri berjam-jam, serta dapat menghindari calo yang menawarkan pengurusan STNK dengan meminta bayaran tinggi.


Bahkan pemerintah terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasi baru dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), yang menerima pembayaran STNK secara online melalui ATM, namun program ini masih terbatas pada beberapa provinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Nangroe Aceh Darusalam.

Samsat online sebenarnya merupakan proyek development (inovasi) sistem samsat yang sejak dahulu diterapkan sehingga lebih mudah cepat. Para pengguna bisa akses Data kendaraan pada Kantor Samsat atau UPT PPD Kabupaten tempat tinggal, kemudian samsat online mengolah / proses data kendaraan untuk semua kabupaten guna disimpan pada Dipenda Provinsi atau database pusat.

Dengan adanya pengumpulan data kendaraan secara terpusat maka Anda bisa memperoleh data lengkap tentang data kendaraan di seluruh kabupaten semisal Kabupaten Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Solo dan lainnya guna kecepatan dan kemudahan dalam mengerjakan cara bayar pajak sepeda motor di samsat.

Berikut ini Kegunaan Samsat Online Bagi Samsat dan Masyarakat :
  • pihak Samsat akan lebih mudah mengetahui dan memproses data kendaraan lewat Samsat Online karena data yang dilihat di layar lebih terupdate secara rutin, dengan itu petugas samsat bisa merealisasi dan menerima permohonan perpajangan pajak sepeda motor udntuk setiap UPT PPD ataupun semuanya.
  • Bagi masyarakat yang terkategori wajib Pajak semakin mudah melakukan cara bayar pajak sepeda motor online karena dapat dikerjakan di kantor bersama samsat di setiap kabupaten dengan syarat masih berada dalam satu provinsi semisal Jawa Timur akan meliputi Sidoarjo, Pasuruan, Bojonegoro, Madiun dan lainnya.
Berikut ini Jenis Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Samsat Online :
  • Kendaraan bermotor keadaan pengesahaan STNK 1 Tahun
  • Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK
  • Kendaraan bermotor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  • Kendaraan bermotor keadaan tak terlambat lebih dari 1 Tahun
  • Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal
Berikut tata cara Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online (PKB) e-Samsat dengan mengunjungi URL resmi e-Samsat Masing-masing :
Tips membayar pajak sepeda motor online e-Samsat :
  • Memilih kota lokasi kendaraan yang terdaftar
  • Memilih Samsat Awal kendaraan yang terdaftar
  • Memasukkan Nomor Polisi kendaraan yang bakal dibayar
  • Memasukkan kode acak yang di layar supaya aman dari ancaman hacker
  • Sesudah proses data diverifikasi selanjutnya bakal muncul maklumat berapakah nilai pembayaran PKB yang Anda bayar dengan rincian Pokok, denda, bunga dan progresif , SWDKLLJ yang meliputi pokok dan denda serta tertera juga Parkir berlangganan.
  • Sesudah Anda membayar pajak sepeda motor online maka situs resmi e-Samsat bakal menayangkan identifikasi kepemilikan yang harus diisi meliputi : Nomor Rangka dan Nomor BPKB harus coco datanya, memilih Samsat untuk pengesahan STNK sepeda motor Anda, dan memilih Bank untuk membayar pajak sepeda motor.
  • Apabila data verifikasi kepemilikan sepeda motor telah sesuai maka situs resmi e-Samsat akan memberikan pilihan lokasi kota dan Samsat untuk pembayaran dan sebagai tempat pengambilan Notice pajak kendaraan.
  • Cara membayar pajak sepeda motor online adalah memilih berberapa bank yang ditayangkan di layar untuk proses pembayaran PKB dengan beberapa jalan yaitu : Teller, SMS Baking, PPOB, ATM, Internet Banking dan lainnya.
  • Anda akan memperoleh kode booking pembayaran pajak kendaraan bermotor online yang disebut denga istilah Kode Bayar.
  • Anda memakai Kode Bayar dari situs resmi e-Samsat Jatim untuk akses sekaligus bayar Pajak Kendaraan Bermotor pada ATM atau di Teller Bank yang dipilih semisal Bank Jatim.
  • Sesudah transaksi pajak sepeda motor online telah rampung Anda bayar selanjutnya channel Bank bakal menampilkan kode bukti pelunasan transaksi PKB yang diistilahkan sebagai Bukti Bayar, print halaman ini sebagai alat untuk pengesahan STNK 1 (satu) tahunan.
  • Cara bayar pajak sepeda motor online terakhir adalah Anda lakukan pencetakan Notice PKB di lokasi Samsat dengan kelengkapan KTP Asli, BPKB da STNK dengan batasan maksimum seminggu 7 hari sesudah Anda bayar pajak kendaraan tadi.
Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Bayar Pajak Motor Online Lengkap. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dan terima kasih


Tags : cara bayar pajak motor online jawa barat, e samsat, cara bayar pajak motor yang masih kredit, bayar pajak motor online jawa timur, bayar pajak motor online jawa barat, bayar pajak motor online jakarta, bayar pajak motor online jawa tengah, bayar pajak motor online tangerang

Subscribe to receive free email updates: