Tata Cara Menyetel Klep Satria Fu 150 Yang Tepat
Tata Cara Menyetel Klep Satria Fu 150 Yang Tepat |
Sebagian besar konstruksi katup pada sepeda motor menggunakan rocker arm sehingga penyetelanya dengan mengendurkan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Namun ada juga yang menggunakan shim untuk melakukan penyetelah celah katup salah satunya pada Satria F 150. Nah shim tersebut mempunyai ketebalan yang berbeda-beda tinggal disesuaikan pada kebutuhan. Misalnya jika digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring mungkin lebih baik menggunakan celah yang lebih renggang karena tarikanya akan lebih enteng. Untuk menentukan ukuran shim yang akan digunakan bisa melihat pada table berikut ini:
Tata Cara Menyetel Klep Satria Fu 150 Yang Tepat |
- Lepaskan tutup kepala silinder dengan melepas baut berjumlah 4
- Posisikan piston pada TMA (titik mati atas) dan dalam kondisi kompresi yang ditengarai dengan kedua katup dalam kondisi bebas. Pastikan juga lubang blok magnet tepat pada tanda T.
- Siapkan feeler gauge dan ukur celahnya dengan menyisipkanya dibawah noken as.
- Pada celah katup Satria F 150 standar adalah 0,1-0,2 mm untuk katup in dan 0,2-0,3 untuk katup ex (mesin dalam keadaan dingin)
- Jika didapatkan celah yang tidak sesuai lepaskan rumah shim dan noken asnya. Perhatikan angka yang tertera pada shim kemudian gantilah dengan yang sesuai.
- Sebagai contoh misalnya celah terukur 0,05 sedangkan standarnya adalah 0,1 dan shim yang digunakan berukuran 1.80, maka agar celah menjadi 0,1 shim diganti dengan ukuran 1.75.
Sekian dari saya terima kasih.
Tags : harga klep satria fu, setting satria fu, harga shim satria fu, harga shim klep satria fu ori, klep satria fu berisik, klep satria fu bermasalah, ukuran klep satria fu, klep satria fu bengkok